PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA (Survei pada SMP Negeri di Kab.Bekasi)

Siti Siti mariyam(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian bertujuan menganalisis dan menguji kebenaran hipotesis mengenai pengaruh Perhatian Orang tua dan Motivasi Belajar terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Hipotesis penelitian yang diuji mliputi: 1) Pengaruh Perhatian Orang tua dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap pemahaman konsep matematika. 2) Pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap pemahaman konsep matematika. 3) Pengaruh motivasi belajar terhadap pemahaman konsep matematika.. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri di kecamatan cikarang selatan dengan besar sampel sebanyak 80 siswa, dengan teknik sampling yang digunakan yaitu sampel random sampling. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan dengan teknik statistika analisis regresi ganda. Hasil penelitian menyimpulkan : 1) Terdapat pengaruh yang signifiikan perhatian orang tua dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMP Negeri di Cikarang Selatan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 113,09. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan perhatian orang tua terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMP Negeri di Kecamatan Cikarang Selatan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,005 < 0,05 dan thitung = 2,905. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMP Negeri di Kecamatan Cikarang selatan . Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan thitung = 4,898.

 


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahmadi.Abu & Supriyono Widodo. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ali.Mohamad & Ansori. (2012). Psikologi Remaja : Perkembangan Peserta Didik. Jakarta Bumi Aksara.

Arifin, Jos. 2001. Metode vs Konsep. Diakses 15 Oktober 2019 dari http://www.bpkpenabur.or.id/kps/jkt/benta/200-107/konsep.pdf

Arikunto, S. 2002. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Arikunto.Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Baharuddin. (2009). Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: ArRuzz Media

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Djaali dan Muljono. Muljono, 2008. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan, (Jakarta: Grasindo)

Djamarah & Zain. (2006). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamzah.Uno, Koni, Satria. 2013. Assessment Pembelajaran. Jakarta Bumi Aksara

Hudojo, Herman, Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika, (Malang: Universitas Negeri Malang Press, 2005).

Hudojo. Herman Strategi Mengajar Belajar Matematika, (Malang: IKIP Malang)

Idris.Harta. ( 2006). Matematika Bermakna. Surakarta: Mediatama

Moh.Uzer Usman dan Lilis Setiawati. 1993. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhammad.Fathurrohman (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-ruzz Media

Muhibbin Syah.2011.Psikologi Pendidikan dengan pendekatan baru.Bandung:PT Remaja Rosdakarya

Nyoman Kutha.Ratna. (2011). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra dari Strkturalisme Hingga Postrukturalisme Perspektif Wacana Naratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Oemar.Hamalik. (2009). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta : Bumi Aksara

Oemar.Hamalik.(2005). Pengembangan Sumber Daya Manusia (Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan ) Pendekatan Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Reys, ( 1984.) Dasar-Dasar Matematika. Jakarta: Bumi Aksara

Riduwan. 2010. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta

Riduwan.Akdon (2007). Rumusdan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta

Runtukahu, Tombokan dan Selpius Kandou. (2014). Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Safari, MA, 2005, Teknik Analisis Butir soal instrumen tes dan non tes Jakarta: APSI

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sardiman. A.M (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press

Sardiman.A.M (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Sasmoko (2004). Metode Penelitian. Jakarta: UKI Press

Sudijono. Anas(2007). Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: Grafindo Persada Raju

Sudjana.2005. Metode Statistika Edisi ke-6. Bandung : Tarsito

Suhana, Cucu. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran (Edisi Revisi). Bandung: Refika Aditama.

Suhana, Cucu. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran (Edisi Revisi). Bandung: Refika Aditama.

Suharsimi. Arikunto1988. Pengelolan Kelas dan Siswa.CV Rajawali.Jakarta

Suharsimi.Arikunto. 2002. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Suherman, Erman, dkk.(2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-UPI.

Sujono. Agus; (2001), Pengembangan Tehnik Terapi Nyeri Dengan Modalitas Thermal, Pelatihan Penatalaksanaan Fisioterapi Komprehensif pada Nyeri, Surakarta

Sukardi.2008.Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Sukmadinata.Syaodih.Nana (2004). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT remaja Rosdakarya.

Suryabrata.Sumadi (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Uno.B.Hamzah (2013). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara

Uno.B.Hamzah (2013).Teori Motivasi & Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara. Halaman 62

Zainal.Aqid (2010). Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendikia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre Scholar Academic Search PKP Index ROAD ISSN

Pasca Sarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


Creative Commons License
Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.