PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP ILMU PENGETAHUAN ALAM (Expose Facto Pada SMP Negeri di Kota Bekasi)
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian untuk: mengetahui pengaruh Pola Asuh Orang Tua demokratis,permisif dan otoriter dengan Disiplin Belajar tinggi dan rendah terhadap Pemahaman Konsep Ilmu Pengetahuan Alam. Metode penelitian yang digunakan adalah Expose Facto. Sampel berukuran 96 siswa, dengan teknik sampling yang digunakan yaitu cluster sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes preferensial Pola Asuh Orang Tua dan Disiplin Belajar sementara Pemahaman Konsep Ilmu Pengetahuan Alam yang berasal dari tes tertulis yang telah diuji validitasnya dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,7. Analisis data menggunakan ANOVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan Pola Asuh Orang Tuaterhadap Pemahaman Konsep Ilmu Pengetahuan Alam siswa SMP Negeri di Kota Bekasi. Hal ini dibuktikan oleh nilai Sig = 0,005< 0,05 dan Fhitung = 5,632. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan Disiplin Belajar terhadap Pemahaman Konsep Ilmu Pengetahuan Alamsiswa SMP Negeri di Kota Bekasi. Hal ini dibuktikan oleh Sig = 0,000< 0,05 dan Fhitung = 20,265,(3) Terdapat pengaruh interaktif yang signifikan Pola Asuh Orang Tua dan Disiplin Belajar terhadap Pemahaman Konsep Ilmu Pengetahuan Alam siswa SMP Negeri di Kota Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan Sig = 0,000< 0,05 dan Fhitung = 13,314. Untuk peningkatan Pemahaman Konsep IPA pada siswa dapat dilakukan dengan memahami Pola Asuh Orang Tuadan meningkatkan Disiplin Belajar Siswa.
Full Text:
PDF (Indonesian)Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pasca Sarjana Universitas Indraprasta PGRI Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. |