Pengaruh Gaya Kognitif Dan Resiliensi Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika (Studi Ex Post Facto Pada Siswa SMK Swasta Di Kabupaten Bekasi)
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian (1) pengaruh gaya kognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, (2) pengaruh resiliensi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, (3) pengaruh interaksi gaya kognitif dan resiliensi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah studi expost facto. Sampel berukuran 88 siswa kelas 12 di Kabupaten Bekasi yang terdiri dari 43 siswa SMK Segara Wiyata dan 44 siswa SMK Bina Nusantara, teknik sampling yang digunakan yaitu teknik purposive sampling (judgment sampling). Pengumpulan data dilaksanakan dengan pemberian tes kemampuan pemecahan masalah matematika dan penyebaran skala gaya kognitif dan resiliensi matematis. Pengujian hipotesis dengan uji ANOVA 2 Jalur, menunjukkan : (1) terdapat pengaruh yang signifikan gaya kognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dibuktikan dengan nilai Sig 0,00 < 0,05 dan Fhitung 13,189 (2) terdapat pengaruh yang signifikan resiliensi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, dibuktikan dengan nilai Sig 0,003 < 0,05 dan Fhitung 3,241 (3) terdapat pengaruh interaksi yang signifikan terhadap gaya kognitif dan resiliensi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dibuktikan dengan nilai Sig 0,043 < 0,05 dan Fhitung 3,297. Upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui interaksi gaya kognitif dan resiliensi matematika.
Kata kunci : Gaya Kognitif, Resiliensi Matematis, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
Full Text:
PDFReferences
Coyle, J.(2011). Resilient Families Help Make Resilient Children. Journal of Family Strenghts VOL.11: No.5.
Depdiknas.(2002). Teori-Teori Perkembangan Kognitif dan Proses Pembelajaran yang Relevan untuk Pembelajaran Matematika. Pelatihan Terintegrasi berbasis kompetensi.
Desmita.(2010). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hidayat, S.(2014). Perkembangan Peserta Didik. Tangerang: Pustaka Mandiri.
Jacob. (2010). Matematika Sebagai Pemecahan Masalah. Bandung: Setia Budi.
Jackson, R.(2004). The Resilience Inventory: seven essential skills for overcoming life’s obstacles and determining happiness. Journal of S election and Development Review. Vol 20: No. 6, Desember 2014.
Johnston-Wilder,S.&Lee,C.(2010a). “Mathematical Resilience”. Mathematics Teaching, 218, 38-41.
Susanto, H. A. (2015). Pemahaman Pemecahan Masalah Berdasar Gaya Kognitif. Cetakan 1. Yogyakarta: Depublish Publisher.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
![Googlre Scholar](https://i.imgur.com/9MeH07E.png)
![Academic Search](https://i.imgur.com/Btk6jDo.jpg)
![PKP Index](https://i.imgur.com/EtDpoDM.jpg)
![ROAD ISSN](https://i.imgur.com/At9YNHg.png)
Pasca Sarjana Universitas Indraprasta PGRI Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
![]() Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. |