PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN KEDISIPLINAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP KIMIA
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Pengaruh Media Pembelajaran dan Kedisiplinan terhadap Pemahaman Konsep Kimia (Eksperimen pada SMA Negeri di Kota Bekasi); Tesis. Jakarta; Fakultas Pascasarjana PMIPA; Universitas Indraprasta PGRI. Tujuan penelitian ini untuk: mengetahui pengaruh Media Pembelajaran dan Kedisiplinan terhadap Pemahaman Konsep Kimia. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Sampel diambil sebanyak 40 siswa dengan anlisis studi anova dua arah factorial 2x2. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan Media pembelajaran terhadap Pemahaman konsep kimia Siswa SMA Negeri di Kota Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig = 0,001 < 0,05 dan Fhitung = 13,008. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan Kedisiplinan terhadap Pemahaman konsep kimia Siswa SMA Negeri di Kota Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig = 0,024 < 0,05 dan Fhitung = 5,584. (3) Terdapat pengaruh interaktif yang tidak signifikan Media pembelajaran dan Kedisiplinan terhadap Pemahaman konsep kimia Siswa SMA Negeri di Kota Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig = 0,245>0,05 dan Fhitung = 1,396. Untuk meningkatkan Pemahaman Konsep Kimia maka diperlukan upaya perubahan dalam penerapan pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik siswa yang salah satunya adalah mengimplementasikan Media Pembelajaran, Kedisiplinan.
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Arikunto, S. 2005, Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta
Arikunto, S. 2009, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta : Bumi Aksara
Azwar, S. 2010, Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Dimyati dan Mudjiono, 2006, Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta
Hamalik. 2003. Media Pendidikan. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Hasan, I. 2009, Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta : Bumi Aksara
Herdian. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Hidayat, 2010, Menyusun Skripsidan Tesis. Bandung : Infotmatika
Indrawan, 1999, Kamus Ilmiah Populer. Jombang : Lintas Media
Leonard dan Supardi. 2010. “Pengaruh Konsep Diri, Sikap Siswa pada Matematika, dan Kecemasan Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika”. Cakrawala Pendidikan, XXIX (3) : 341 – 352.
Majid. 2008. Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar. Kompetensi Guru. Jakarta: PT. Rosda Karya.
Mulyasa. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
MS, Sukardi, 2009, Evaluasi Pendidikan Prinsip & Operasionalnya. Jakarta : Bumi Aksara
Nuryani. 2008. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: IKIP Malang Press.
Nuryani R. (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: Universitas Negeri Malang.
Noer, M. Dahlan, 2004, Pendidikan Bermutu. Lombok : Nusa Tenggara Pratama Press
Purwanto, N. 2002. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remadja Karya.
Ramdhani, N. 2010, Sikap Dan Beberapa Defenisi Untuk Memahaminya, Artikel. Yogyakarta.
Riduwan, 2005, Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung : Alfa Beta
Riduwan dan Kuncoro, Engkos Achmad, 2008, Cara Menggunakan Dan Memakai Analisis Jalur (Path Analisis). Bandung : Alfa Beta
Ruseffendi, ET, Pengajaran Matematika Modern, Bandung: Tarsito
Santrock, J.W. 2010. Remaja (Edisi Kesebelas). Jakarta: Erlangga
Suherman, E. 1993, Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Matematika, Modul. Jakarta : Universitas Terbuka-Depdikbud
Sedarmayanti dan Hidayat, S. 2002, Metodologi Penelitian. Bandung : Mandar Maju
Santosa, P.B. dan Ashari, 2005, Analisis Statistik Dengan Microsoft Exel & SPSS.Yogyakarta :Andi
Sarwono, J. 2006, Analisis Data Penelitian Menggunakan SPSS 13.Yogyakarta :Andi
Sugiyono, 2008, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta
Sugiyono, 2013, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : Alfabeta
Sudjana, N. 2009, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung :Remaja Rosdakarya
Supardi, 2013, Aplikasi statistika Dalam Penelitian , Jakarta : Unindra
Tilaar,H.A.R, 2000, Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta : Rineka Cipta
Winkel. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.
Yulaelawati Ella. (2007). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Pakar Raya.
Zulaiha, R. 2006. Analisis Soal Secara Manual. Puspendik Balitbang Depdiknas.
Zulkardi (2003). Pendidikan Matematika di Indonesia: Beberapa Permasalahan dan Upaya Penyelesaiannya. Palembang: Unsri.
Jurnal
Ernawati. 2003. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMU Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. (Skripsi). Bandung: FMIPA UPI.
Rohana. 2011. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Pemahaman Konsep Mahasiswa FKIP Universitas PGRI. Palembang :Prosiding PGRI.
Virlianti, Y. 2002. Analisis Pemahaman Konsep Siswa dalam Memecahkan Masalah kontekstual pada Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Realistik. (Skripsi). Bandung: FMIPA UPI..
Refbacks
- There are currently no refbacks.
![Googlre Scholar](https://i.imgur.com/9MeH07E.png)
![Academic Search](https://i.imgur.com/Btk6jDo.jpg)
![PKP Index](https://i.imgur.com/EtDpoDM.jpg)
![ROAD ISSN](https://i.imgur.com/At9YNHg.png)
Pasca Sarjana Universitas Indraprasta PGRI Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
![]() Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. |