PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN KEDISIPLINAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP KIMIA

wahyu handayani(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengaruh Media Pembelajaran dan Kedisiplinan terhadap Pemahaman Konsep Kimia (Eksperimen pada SMA Negeri di Kota Bekasi); Tesis. Jakarta; Fakultas Pascasarjana PMIPA; Universitas Indraprasta PGRI. Tujuan penelitian ini untuk: mengetahui pengaruh Media Pembelajaran dan Kedisiplinan terhadap Pemahaman Konsep Kimia. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Sampel diambil sebanyak 40 siswa dengan anlisis studi anova dua arah factorial 2x2. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan Media pembelajaran terhadap Pemahaman konsep kimia Siswa SMA Negeri di Kota Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig = 0,001 < 0,05 dan Fhitung = 13,008. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan Kedisiplinan terhadap Pemahaman konsep kimia Siswa SMA Negeri di Kota Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig = 0,024 < 0,05 dan Fhitung = 5,584. (3) Terdapat pengaruh interaktif yang tidak signifikan Media pembelajaran dan Kedisiplinan terhadap Pemahaman konsep kimia Siswa SMA Negeri di Kota Bekasi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig = 0,245>0,05 dan Fhitung = 1,396. Untuk meningkatkan Pemahaman Konsep Kimia maka diperlukan upaya perubahan dalam penerapan pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik siswa yang salah satunya adalah mengimplementasikan Media Pembelajaran, Kedisiplinan.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arikunto, S. 2005, Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta

Arikunto, S. 2009, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta : Bumi Aksara

Azwar, S. 2010, Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Dimyati dan Mudjiono, 2006, Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta

Hamalik. 2003. Media Pendidikan. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Hasan, I. 2009, Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta : Bumi Aksara

Herdian. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hidayat, 2010, Menyusun Skripsidan Tesis. Bandung : Infotmatika

Indrawan, 1999, Kamus Ilmiah Populer. Jombang : Lintas Media

Leonard dan Supardi. 2010. “Pengaruh Konsep Diri, Sikap Siswa pada Matematika, dan Kecemasan Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika”. Cakrawala Pendidikan, XXIX (3) : 341 – 352.

Majid. 2008. Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar. Kompetensi Guru. Jakarta: PT. Rosda Karya.

Mulyasa. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

MS, Sukardi, 2009, Evaluasi Pendidikan Prinsip & Operasionalnya. Jakarta : Bumi Aksara

Nuryani. 2008. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: IKIP Malang Press.

Nuryani R. (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Noer, M. Dahlan, 2004, Pendidikan Bermutu. Lombok : Nusa Tenggara Pratama Press

Purwanto, N. 2002. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remadja Karya.

Ramdhani, N. 2010, Sikap Dan Beberapa Defenisi Untuk Memahaminya, Artikel. Yogyakarta.

Riduwan, 2005, Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung : Alfa Beta

Riduwan dan Kuncoro, Engkos Achmad, 2008, Cara Menggunakan Dan Memakai Analisis Jalur (Path Analisis). Bandung : Alfa Beta

Ruseffendi, ET, Pengajaran Matematika Modern, Bandung: Tarsito

Santrock, J.W. 2010. Remaja (Edisi Kesebelas). Jakarta: Erlangga

Suherman, E. 1993, Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Matematika, Modul. Jakarta : Universitas Terbuka-Depdikbud

Sedarmayanti dan Hidayat, S. 2002, Metodologi Penelitian. Bandung : Mandar Maju

Santosa, P.B. dan Ashari, 2005, Analisis Statistik Dengan Microsoft Exel & SPSS.Yogyakarta :Andi

Sarwono, J. 2006, Analisis Data Penelitian Menggunakan SPSS 13.Yogyakarta :Andi

Sugiyono, 2008, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Sugiyono, 2013, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : Alfabeta

Sudjana, N. 2009, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung :Remaja Rosdakarya

Supardi, 2013, Aplikasi statistika Dalam Penelitian , Jakarta : Unindra

Tilaar,H.A.R, 2000, Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta : Rineka Cipta

Winkel. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.

Yulaelawati Ella. (2007). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Pakar Raya.

Zulaiha, R. 2006. Analisis Soal Secara Manual. Puspendik Balitbang Depdiknas.

Zulkardi (2003). Pendidikan Matematika di Indonesia: Beberapa Permasalahan dan Upaya Penyelesaiannya. Palembang: Unsri.

Jurnal

Ernawati. 2003. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMU Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. (Skripsi). Bandung: FMIPA UPI.

Rohana. 2011. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Pemahaman Konsep Mahasiswa FKIP Universitas PGRI. Palembang :Prosiding PGRI.

Virlianti, Y. 2002. Analisis Pemahaman Konsep Siswa dalam Memecahkan Masalah kontekstual pada Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Realistik. (Skripsi). Bandung: FMIPA UPI..


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre Scholar Academic Search PKP Index ROAD ISSN

Pasca Sarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


Creative Commons License
Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.