PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA

Diah Nur Laila(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan minat belajar secara bersama-sama terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Mengetahui pengaruh minat belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah survei, dengan jumlah sampel 60 dan populasi 975 siswa SMP Negeri di Kota Bekasi. Analisi data menggunakan Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional dan  minat  belajar secara bersama-sama terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika siswa SMP Negeri di Bekasi Barat. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,039 < 0,05 dan Fh = 3,441  2 ) Terdapat pengaruh yang  tidak signifikan kecerdasan emosional terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika siswa SMP Negeri di Bekasi Barat. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,302< 0,05 dan th =-1,042 3) Terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika siswa SMP Negeri di Bekasi Barat. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,017< 0,05 dan th =2,460. Implikasi penelitian upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika melalui kecerdasan emosional sehingga menimbulkan minat belajar yang tinggi, guru perlu mengetahui kesetabilan emosional siswa dalam menghadapi mata pelajaran matematika.

Full Text:

PDF (Indonesian)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre Scholar Academic Search PKP Index ROAD ISSN

Pasca Sarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


Creative Commons License
Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.