PENGARUH KECERDASAN NUMERIK DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

amelia ulfah(1*), mamik suendarti(2), soeparlan kasyadi(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh kecerdasan numerik dan kedisiplinan belajar secara bersama-sama terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, 2) Pengaruh kecerdasan numerik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, 3) Pengaruh kedisiplinan  terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 90 siswa, dengan analisis statistik  regresi linier berganda. Berdasarkan hasil hipotesis dan analisis data menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan numerik dan kedisiplinan belajar secara bersama terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMA Negeri di Kabupaten Pandeglang. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai Sig. sebesar 0,000 < 0,05 dan Fh = 91,924. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan numerik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMA Negeri di Kabupaten Pandeglang. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai Sig sebesar 0,000 < 0,05 dan th = 7,328. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan kedisiplinan belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMA Negeri di Kabupaten Pandeglang. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai Sig. sebesar 0,000 < 0,05 dan th = 4,885. Implikasi dalam penelitian ini, yaitu: besarnya kontribusi kecerdasan numerikdan kedisiplinan belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika adalah sebesar 67,9%, sisanya sebesar 32,1% dipengaruhi oleh faktor lain.

Kata Kunci : Kecerdasan Numerik, Kedisiplinan belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah.

Full Text:

PDF

References


Armstrong,T. (2002). Seven Kinds of Smart: Menemukan dan Meningkatkan Kecerdasan Anda Berdasarkan Teori Multiple Intelligence. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Armstrong, T. (2004). Awakening Your Child’s Natural Genius: Membangkitkan Bakat Alam Kejeniusan Anak Anda,terj. Margaritifera R.L. nugroho. Interaksara.

Ashori, J. (2018). Pengaruh kemandirian belajar dan kemampuan interaksi sosial terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa SMP di Kecamatan Tangerang. Tesis. Universitas Indraprasta PGRI Jakarta.

Aqila, S. (2012). HYPNOPARENTING: Cara Cepat Mencerdaskan Anak Anda. Jogjakarta: STARBOOKS

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka CIpta.

Asteria, P.V. (2014). Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak Melalui Pebelajaran Membaca Sastra. Malang : UB Press.

Basuki, W. (2013). Statistika Parametrik dan Nonparametrik untuk penelitian. Tangerang: Pustaka Mandiri.

Carson, J. (2007). A Problem With Problem Solving: Teaching Thingking Without Teaching Knowledge. The Mathematics Educator Journal, 17 (2), 7-14.

Chairani, Z. (2016). Metakognisi Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jogjakarta: Deepublish.

Daryanto. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter. Jakarta: Grasindo.

Dhimni, A.F. (2018). Pengaruh Kecerdasan Numerik, Linguistik-Verbal Dan Efikasi Diri Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika SMP swasta di Jakarta Selatan. Tesis. Universitas Indraprasta PGRI Jakarta.

Djamarah, S.B. (2002). Rahasia Sukses Belajar. Jakarta :Rineka Cipta.

Dwi Ismoro. (2014). Hubungan Antara Kreativitas Siswa dan Kemampuan Numerik dengan Kemampuan Kognitif Fisika Siswa SMP Kelas VIII (Jurnal Pendidikan Fisika Vol.2 No.2, Juni 2014), hlm. 36 dalam portalgaruda.org diakses pada 26 Oktber 2019.

Garlans, P. (2015). The Inspiration of Learning. Jakarta: Guepedia.

Garmo, J. (2013). Pengembangan Karakter Untuk Anak:panduan pendidik. Jakarta : Kesaint Blanc.

Hadrliansah, D.H. (2019). DEGUNG KAWIH WANDA ANYAR:alternatif model dan materi pembelajaran seni tradisional sunda. Jawa barat: Edu Publisher.

Hamzah B. Uno., Kuadrat, M., (2009). Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran: sebuah pembelajaran berbasis kecerdasan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamzah B. U & Mohamad, N. (2012). Belajar dengan pendekatan PAILKEM: Pembelajarn Aktif, Inoovatif, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayat, A. (2018). Pengaruh kecerdasan numerik dan visual-Spasial terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika di SMA swasta di Kabupaten Tangerang. Tesis. Universitas Indraprasta PGRI Jakarta.

Irawan, A & Gita Kencana. (2016). Peranan Kemampuan Verbal dan Kemampuan Numerik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. (Aksioma Vol.5, No.2, 2016) hlm.111 dalam ummetro.ac.id diakses pada 30 November 2016

Kasyadi, S. Achdiat, M & Barata, S. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran. Tangerang :PT Pustaka Mandiri.

Kemdiknas, “Kamus Besar Bakasa Indonesia” dalam http://pusatbahasa.kemdiknas.go.id/kbbi/index.php , diakses 14 oktober 2019

Maryam Sajadi, Parvaneh Amiripour, Mohsen Rostamy Malkhalifeh. (2013). The Examining Mathematical Word Problems Solving Ability Under Efficient Representation Aspect. International Scientific Publications and Consulting Services. Journal of Mathematics.

Musfah, J. (2015). Teori Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia.

Noor, J. (2011). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi & Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana.

Prasetyo, D.S. (2014). 100% Jitu Jawab Tes Gambar dan Angka. Jakarta:Saufa.

Prawira, A.P. (2012). Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. ArRuz Media: Jogjakarta. (hlm. 151)

Rois, D. (2007). Pengajaran Matematika sesuai Cara Kerja Otak. Jakarta:Corwin Press. hal. 48

Sani, F. (2018). Metodologi Penelitian Farmasi Komunitas dan Eksperimental. Yogyakarta: Deepublish (CV.BUDI UTAMA)

Safaria, T. (2005). Interpersonal Intelligence: Metode Pengembangan Kecerdasan Interpersonal Anak. Yogyakarta: Amara Books.

Santrock, J.W. (2009). Perkembangan Anak. Edisi 11. Jakarta : Erlangga.

Slameto. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Suryadi. (2006). Kiat Jitu Dalam mendidik anak: Berbagai Masalah Pendidikan dan Psikologi Anak Usia Dini. Jakarta: Edsa Mahkota.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Supardi. (2019). Monograf (Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Komunikasi Matematika dengan Model Pembelajaran Kooperatif “STAD” dan “TPS”. Jakarta : PGRI Press.

Susanti,dkk. (2009). Mencetak anak juara: Belajar dari Pengalaman 50 anak juara. Jogjakarta: Katahati.

Susanto, H.A. (2015). Pemahaman Pemecahan Masalah berdasar Gaya Kognitif. Jogjakarta: Deepublish.

Suwignyo, H. (2015). Pengaruh layanan bimbingan kelompok konseling terhadap kedisiplinan belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 41 Gunung Pati Semarang tahun ajaran 2014/2015. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Didownload 23 Desember 2019 dari https://id.123dok.com/document/7q04m63z-pengaruh-layanan-bimbingan-kelompok-terhadap-kedisiplinan-belajar-pada-siswa-kelas-viii-d-smp-negeri-41-gunungpati-semarang-tahun-ajaran-20142015.html

Syafitri & Zen, Z. (2017). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Depok: Kencana.

Tu’u, T. (2004). Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.

Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Zikriah. Pengaruh Kecerdasan Numerik dan Konsep Diri terhadap Motivasi Berprestasi Matematika. e-jurnal SAP Vol. 3 No. 1 Agustus 2018, Program Studi Pendidikan Mateamtika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Indraprasta PGRI. 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre Scholar Academic Search PKP Index ROAD ISSN

Pasca Sarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


Creative Commons License
Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.