Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kreativitas Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Biologi (Survei pada SMA Negeri di Kabupaten Bogor)

sanji rafhallasha(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh langsung kecerdasan emosional terhadap pemahaman konsep biologi siswa SMA Negeri di Kabupaten Bogor. (2) Pengaruh langsung kreativitas belajar terhadap pemahaman konsep biologi pada Siswa SMA Negeri di Kabupaten Bogor. (3) Pengaruh langsung kecerdasan emosional terhadap kreativitas belajar pada siswa SMA Negeri di Kabupaten Bogor (4) Pengaruh tidak langsung kecerdasan emosional melalui kreativitas belajar terhadap pemahaman konsep biologi pada siswa SMA Negeri di Kabupaten Bogor. Sampel penelitian berjumlah 63 siswa SMA Negeri di Kabupaten Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan desain penelitian analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan kecerdasan emosional terhadap Pemahaman Konsep Biologi siswa SMA Negeri di Kabupaten Bogor, hal ini dibuktikan dengan nilai sig 0,022 < 0,05 dan thitung 2.348. (2) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan kreativitas belajar terhadap pemahaman konsep biologi siswa SMA Negeri di Kabupaten Bogor, hal ini dibuktikan dengan nilai sig 0,020 < 0,05 dan thitung 2.396 (3) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan kecerdasan emosional terhadap kreativitas belajar siswa SMA Negeri di Kabupaten Bogor, hal ini buktikan dengan nilai sig 0,000 < 0,05 dan thitung 8.080 (4) Terdapat pengaruh tidak langsung yang tidak signifikan kecerdasan emosional melalui kreativitas belajar terhadap pemahaman konsep biologi siswa SMA Negeri di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai thitung < ttabel 2,000

Kata kunci:  kecerdasan emosional, kreativitas belajar, dan pemahaman konsep biologi


Full Text:

PDF

References


Abdillah, (2002). Pengertian belajar dari berbagai sumber (belajar dan pembelajaran. Bandung:Alfabeta.

Agustian, A.G. (2012). ESQ – emotional spiritual quotient. Jakarta: Arga Wijaya Perkasa.

Akbar, H. (2001). Psikologi perkembangan anak. Jakarta: Grasindo

Anas, S, (2007). Pengantar statistika pendidikan. Jakarta: Grafindo Persada Raju.

Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2012). Dasar – dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2016). Aplikasi statistika dalam penelitian. Change: Publication Jakarta.

Aunurrahman. (2010). Aplikasi statistik dalam penelitian. Jakarta : Smart.

Bloom, B.S. (1971). Taxonomy of education objectivies the classification of educational gools. Handbook I: Cognitive Domain. New York: Longman Inc.

Campbell, Reece, dkk. (2010). Biologi edisi 8 jilid 3. Jakarta: Erlangga.

Djemari, M. (2008). Teknik penyusunan instrumen tes dan non tes. Yogyakarta: Mitra Cendekia.

Esti, S. (2006). Psikologi pendidikan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Fatimah, E. (2008). Psikologi perkembangan. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS. Edisi 7. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.

Goleman, D. (2000). Emotional intelligence (terjemahan). Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Goleman, D. (2002). Working with Emotional Intelligence (terjemahan). Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Hamalik, O. (2001). Proses belajar mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Hamalik, O. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika.

Hanafiah, N. (2009). Konsep strategi pembelajaran. Bandung: Refika Aditama

Karnadi. (2011). Pengantar pendidikan. Bandung: CV. Wacana Prima.

Ma’mur, J.A. (2010). 7 tips aplikasi pakem. Jogjakarta: Diva Press.

Meyer, H. (2007). Manajemen dengan kecerdasan emosional. Bandung: Nuansa.

Mubarok. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Program Studi Pendidikan 6 (5)

Mudzakir, A. (2007). Psikologi pendidikan. Bandung: Pustaka Setia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre Scholar Academic Search PKP Index ROAD ISSN

Pasca Sarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


Creative Commons License
Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.