PENGARUH KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN KONSEP DIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA

Ahsanudin Ahsan(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak. Kemampuan Berpikir Kritis Matematika, Komunikasi Interpersonal, Konsep Diri. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kemampuan komunikasi interpersonal dan konsep diri secara bersama-sama terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa MA di Kabupaten Pandeglang. Metode penelitian yang digunakan adalah survei, dengan uji hipotesis menggunakan regresi linier berganda. Sampel berukuran 95 siswa, teknik sampling yang digunakan yaitu proposional sample random sampling. Hasil penelitian menyimpulkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan komunikasi interpersonal dan konsep diri secara bersama-sama terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa MA Swasta di Kabupaten Pandeglang. Dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 16,240. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan komunikasi interpersonal terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa MA Swasta di Kabupaten Pandeglang. Dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan thitung = 4,361. 3) Terdapat pengaruh yang tidak signifikan konsep diri terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa MA Swasta di Kabupaten Pandeglang. Dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,747 > 0,05 dan thitung = 0,324.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arikunto, S. 2009. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bailey, K D. 2007. Methods of Social Research. New York: the Free Press.

Djaali. 2009. Pikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Desmita. 2016. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Rosda.

Devito, J.A, 2007. Komunikasi Antar Manusia. Jakarta: Profesional Books.

Sutrisno, H. 2003. Metode Reseach 1. Yogyakarta: Ando Offset.

Hardjana, A, M. 2013. Komunikasi Intrapersonal & Interpersonal. Yogyakarta: Kanisius.

Hurlock, E. B. 2012. Psikologi Perkembangan, Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (terjemahan). Jakarta: Erlangga.

Johnson, E. B. 2007. Contextual Teaching & Learning : Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Penerbit MLC.

Mappiare, A. 2006. Psikologi Remaja. Surabaya: Usaha Nasional.

Margono. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Maulana. 2017. Konsep Dasar Matematika dan Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis-Kreatif. Sumedang: UPI Sumedang Press.

Nawawi, H. 2013. Penelitian Terapan.Yogyakarta:Gajah Mada University.

Puspasari, A. 2007. Mengukur Konsep Diri Anak. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Riduwan. 2003. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Ruseffendi, E.T. 2007. Pengajaran matematika modern dan masa kini. Bandung: Tarsito.

Rusyan, T, dkk. 2004. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Karya.

Siswanto. 2005. Matematika Inovatif 2. Solo: Tiga Serangkai.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, E. R. 2005. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Soetriono & Rita Hanafie. 2007. Filsafat ilmu Dan Metodologi Penelitian. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Subana, 2005. Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

, 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sulipan. 2010. Teknik Mudah Menyusun Karya Tulis Ilmiah. Cimahi: CV Tantia Rama.

Sukmadinata, N. S. 2004. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.

Surakhmad, W. 2014. Pengantar Penelitian Ilmiah . Bandung : Tarsito.

Sriyanto, H.J. 2017. Mengobarkan Api Matematika : Membelajarkan Matematika yang Kreatif dan Mencerdaskan. Sukabumi: CV Jejak.

Sudjana, N. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Suherman, E, d.k.k. 2003. Strategi pembelajaran matematika kontamporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sumarmo, U. 2017. Proses Berpikir Matematik. Cimahi: STKIP Siliwangi.

Supardi. 2016. Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Jakarta: Change Publication.

Syaefullah, A. 2015. Prinsip Dasar Penyusunan dan Penulisan Karya Tulis Ilmiah (The Fundamental of Scientific Writing). Jakarta: PT Gramedia.

Triningtyas, D. A. 2016. Komunikasi Antar Pribadi. Magetan: CV. AE Media Grafika.

Widodo. 2018. Metodologi Penelitian Populer & Praktis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre Scholar Academic Search PKP Index ROAD ISSN

Pasca Sarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


Creative Commons License
Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.