Pengaruh Kecerdasan Numerik Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Soal Rekreasi Matematika

Saiful Akbar(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan numerik dan kemampuan pemecahan masalah terhadap kemampuan pemecahan soal rekreasi matematika MTs swasta. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan  teknik penelitian survey korelasional. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah Path Analysis (analisis jalur). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Swasta di Kebayoran Lama. Sampel dalam penelitian adalah sebanyak 84 siswa. Hasil penelitian membuktikan, bahwa: (1) terdapat pengaruh langsung yang signifikan kecerdasan numerik terhadap kemampuan pemecahan soal rekreasi matematika siswa MTs Swasta di Kebayoran Lama. (2) terdapat pengaruh langsung yang signifikan kemampuan pemecahan masalah terhadap kemampuan pemecahan soal rekreasi matematika siswa. (3) terdapat pengaruh langsung yang signifikan kecerdasan numerik  terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. (4) terdapat pengaruh tidak langsung yang tidak signifikan kecerdasan numerik terhadap kemampuan pemecahan soal rekreasi matematika melalui kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini dapat memberikan masukan kepada guru tingkat MTs khususnya kepada guru Matematika untuk meningkatkan kecerdasan numerik siswa dan dapat menumbuhkan  kemampuan pemecahan masalah pada diri siswa sehingga dapat mengoptimalkan kemampuan pemecahan soal rekreasi matematika siswa.

Full Text:

PDF

References


Armstrong,Thomas, 2002, Seven Kinds of Smart: Menemukan dan Meningkatkan Kecerdasan Anda Berdasarkan Teori Multiple Intelligence, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama Crow D.L., Crow, A. 2005. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Nur Cahaya. Erman Suherman, dkk., 2003, Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: JICA-UPI Fadjar Shadiq, 2014, Pembelajaran Matematika Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa, Yogyakarta: Graha Ilmu Hanafi. 2010. Mengembangkan Kecerdasan Anak. Yogyakarta: Tugu Publisher Ibrahim dan Suparni. 2012. Pembelajaran Matematika Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta : Suka-Press Irawan, Ari. 2014. Pengaruh Kecerdasan Numerik Dan Konsep Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritik Matematika. Jurnal Formatif, Moch. Masykur Ag & Abdul Halim Fathani. 2008. Mathematical Intelligence: Cara Cerdas Melatih Otak dan Menanggulangi Kesulitan Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Nahrowi A dan Maulana, 2006, Pemecahan masalah Matematika, Bandung: UPI Press Prasetyo, Dwi Sunar, 2014, 100% Jitu Jawab Tes Gambar dan Angka, Jakarta: Saufa, Sri Wardani, 2010, Pembelajaran Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di SMP,Yogyakarta : PPPPTK Matematika Suwaji, Untung Trisna dan Agus Dwi Wibawa. 2011. Modul Matematika SMP Program BERMUTU Pemanfaatan Matematika Rekreasi dalam Pembelajaran Matematika di SMP. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika Sumilih, Guntur .2007. Matematika Re-Kreasi. Denpasar: Galang Sarana Pustaka Supardi,U.S. 2013. Aplikasi Statistika Dalam Penelitian Edisi Revisi. Jakarta: Change Publication


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre Scholar Academic Search PKP Index ROAD ISSN

Pasca Sarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


Creative Commons License
Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.