Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Penguasaan Konsep IPA Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah IPA (Survey Pada Siswa Kelas VIII MTs Se KKM 23 Jakarta Selatan)

Erni Jusnita(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Penguasaan Konsep IPA terhadap Jakarta Selatan)Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui  pengaruh  langsung  kecerdasan  emosional terhadap kemampuan pemecahan masalah IPA, pengaruh Kemampuan Pemecahan Masalah IPA (Survey pada siswa kelas VIII MTs seKKM 23 langsung penguasaan konsep IPA terhadap kemampuan  pemecahan  masalah  IPA,  pengaruh  langsung  kecerdasan terhadap penguasaan konsep IPA, dan pengaruh tidak langsung kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemecahan masalah IPA melalui penguasaan konsep IPA. Metode penelitian  yang  digunakan  adalah  survey. Sampel  berukuran  84  siswa Hasil penelitian  menunjukkan  (1)  Terdapat  pengaruh  langsung  yang  signifikan Kecerdasan  emosional  terhadap  kemampuan  pemecahan  masalah  IPA.  Variabel kecerdasan emosional memberikan kontribusi  sebesar  31,81 %  dalam  meningkatkan kemampuan pemecahan masalah IPA. (2) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan penguasaan konsep IPA  terhadap  kemampuan  pemecahan  masalah  IPA. Variabel penguasaan konsep memberikan  kontribusi  sebesar 18,84 %  dalam  meningkatkan kemampuan pemecahan masalah IPA. (3) Terdapat pengaruh langsung dan signifikan kecerdasan emosional terhadap penguasaan konsep IPA. Variabel kecerdasan emosional memberikan kontribusi sebesar 15,52 % terhadap penguasaan konsep IPA.(4) Terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan kecerdasan emosional dan penguasaan konsep IPA secara  bersama-sama  terhadap  kemampuan  pemecahan  masalah  IPA. Secara bersama-sama variabel kecerdasan emosional dan penguasaan konsep IPA memberikan kontribusi sebesar 17,10 % terhadap variabel kemampuan pemecahan masalah IPA. Implikasi penelitian : 1) Upaya meningkatkan penguasaan konsep IPA melalui kecerdasan emosional, guru perlu mengetahui kestabilan emosional siswa dalam mnghadapi mata pelajaran IPA. 2) Upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dan prestasi belajar IPA siswa khususnya kemampuan pemecahan masalah IPA bagi para guru yang kapasitasnya sebagai pengajar, harus mampu mendesain rancangan  kegiatan pembelajaran yang menarik dan dapat mengembangkan kemampuan pemecahan masalah sesuai dengan kebutuhan materi pelajaran IPA. 3)  Upaya mengembangkan kecerdasan emosional dan   penguasaan konsep IPA siswa dalam hal ini berpengaruh secara signifikan pada kemampuan pemecahan masalah IPA. Secara spesifik guru juga perlu mempersiapkan alat dan sarana penunjang dalam menerapkan model pembelajaran yang akan dipilihnya, seperti rencana program pembelajaran (RPP), lembar kerja siswa (LKS) dan alatalat praktikum jika dibutuhkan.

Full Text:

PDF

References


Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan Model pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya Goleman, Daniel. 2002. Kecerdasan Emosional. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama Gottman, John. 2001. Kiat - kiat membesarkan anak yang memiliki Kecerdasan Emosional Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama Surya. 2010. Psikologi Konseling. Bandung: Pustaka Setia Shapiro. 1998. Mengajarkan Emotional Intelligenci. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre Scholar Academic Search PKP Index ROAD ISSN

Pasca Sarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


Creative Commons License
Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.