Abstract
Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Penguasaan Konsep IPA terhadap Jakarta Selatan)Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh langsung kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemecahan masalah IPA, pengaruh Kemampuan Pemecahan Masalah IPA (Survey pada siswa kelas VIII MTs seKKM 23 langsung penguasaan konsep IPA terhadap kemampuan pemecahan masalah IPA, pengaruh langsung kecerdasan terhadap penguasaan konsep IPA, dan pengaruh tidak langsung kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemecahan masalah IPA melalui penguasaan konsep IPA. Metode penelitian yang digunakan adalah survey. Sampel berukuran 84 siswa Hasil penelitian menunjukkan (1) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan Kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemecahan masalah IPA. Variabel kecerdasan emosional memberikan kontribusi sebesar 31,81 % dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah IPA. (2) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan penguasaan konsep IPA terhadap kemampuan pemecahan masalah IPA. Variabel penguasaan konsep memberikan kontribusi sebesar 18,84 % dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah IPA. (3) Terdapat pengaruh langsung dan signifikan kecerdasan emosional terhadap penguasaan konsep IPA. Variabel kecerdasan emosional memberikan kontribusi sebesar 15,52 % terhadap penguasaan konsep IPA.(4) Terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan kecerdasan emosional dan penguasaan konsep IPA secara bersama-sama terhadap kemampuan pemecahan masalah IPA. Secara bersama-sama variabel kecerdasan emosional dan penguasaan konsep IPA memberikan kontribusi sebesar 17,10 % terhadap variabel kemampuan pemecahan masalah IPA. Implikasi penelitian : 1) Upaya meningkatkan penguasaan konsep IPA melalui kecerdasan emosional, guru perlu mengetahui kestabilan emosional siswa dalam mnghadapi mata pelajaran IPA. 2) Upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dan prestasi belajar IPA siswa khususnya kemampuan pemecahan masalah IPA bagi para guru yang kapasitasnya sebagai pengajar, harus mampu mendesain rancangan kegiatan pembelajaran yang menarik dan dapat mengembangkan kemampuan pemecahan masalah sesuai dengan kebutuhan materi pelajaran IPA. 3) Upaya mengembangkan kecerdasan emosional dan penguasaan konsep IPA siswa dalam hal ini berpengaruh secara signifikan pada kemampuan pemecahan masalah IPA. Secara spesifik guru juga perlu mempersiapkan alat dan sarana penunjang dalam menerapkan model pembelajaran yang akan dipilihnya, seperti rencana program pembelajaran (RPP), lembar kerja siswa (LKS) dan alatalat praktikum jika dibutuhkan.
References
Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan Model pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya Goleman, Daniel. 2002. Kecerdasan Emosional. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama Gottman, John. 2001. Kiat - kiat membesarkan anak yang memiliki Kecerdasan Emosional Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama Surya. 2010. Psikologi Konseling. Bandung: Pustaka Setia Shapiro. 1998. Mengajarkan Emotional Intelligenci. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama