Pengaruh Gaya Kognitif Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa

Dennie Saputri(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kognitif dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini menggunakan metode suvei, dengan jumlah responden 84 siswa dari seluruh siswa kelas X SMK Cipta Insani School, SMK Harapan Jaya 2 Tangerang dan SMK Voctech 2 Tangerang. Hasil menunjukan bahwa:1) Terdapat pengaruh yang signifikan gaya kognitif dan motivasi belajar secara bersama- sama terhadap prestasi belajar matematika siswa SMK Swasta di kota Tangerang. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 60,972. 2)Terdapat pengaruh yang signifikan gaya kognitif terhadap prestasi belajar matematika siswa SMK Swasta di kota Tangerang, hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan nilai thitung = 4,607. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa SMK Swasta di kota Tangerang, hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,001 < 0,05 dan thitung = 7,681. Implikasi penelitian:1) Upaya meningkatkan prestasi belajar matematika melalui kemampuan gaya kognitif dan motivasi belajar, guru perlu mengetahui gaya kognitif dan motivasi belajar siswa dalam menghadapi pelajaran matematika. 2) Upaya meningkatkan prestasi belajar matematika melalui gaya kognitif, guru perlu mengetahui seberapa tinggi gaya kognitif terhadap pelajaran matematika. 3) Upaya meningkatkan prestasi belajar matematika melalui motivasi belajar, guru perlu mengetahui seberapa besar motivasi belajar terhadap pelajaran matematika. Keywords: Gaya Kognitif, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Bahri, D. S. (1994). Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta . (2011). Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta Hamzah. (2013). Orientasi baru dalam psikologi pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta Winkel, W. S. (2004). Psikologi pendidikan dan evaluasi belajar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. . Undang-undang republik indonesia no. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre Scholar Academic Search PKP Index ROAD ISSN

Pasca Sarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


Creative Commons License
Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.