Pengaruh Model Pembelajaran dan Kreativitas Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam

Dadang Ganjar(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan kreativitas belajar siswa terhadap hasil belajar IPA. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Sampel penelitian adalah siswa SMP Negeri di Ciomas sebanyak 48 siswa. Instrumen penelitian adalah angket skala penilaian kreativitas belajar dengan 30 item yang telah diuji validitasnya dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,904; dan tes hasil belajar IPA bentuk pilihan ganda sebanyak 20 butir soal yang telah diuji validitasnya dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,861. Analisis data menggunakan Analysis of varians (ANOVA) dua arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing: 1) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran terhadap hasil belajar IPA siswa SMPN Kab. Serang (dibuktikan dengan sig = 0,000 < 0,050 dan Fhitung=56,095). 2) Terdapat pengaruh yang signifikan kreativitas belajar siswa terhadap hasil belajar IPA siswa SMPN Kab. Serang (dibuktikan dengan sig = 0,000 < 0,050 dan Fhitung = 91,042). 3) Terdapat pengaruh interaktif yang tidak signifikan model pembelajaran dan kreativitas belajar siswa terhadap hasil belajar IPA siswa SMPN Kabupaten Serang (dibuktikan dengan sig = 0,131 > 0,050 dan Fhitung = 2,368). Hal ini memberikan implikasi bahwa untuk meningkatkan hasil belajar IPA perlu diperhatikan kreativitas siswa karena terbukti dalam penelitian ini siswa dengan kreativitas tinggi mempunyai hasil belajar yang lebih baik. Kata kunci: Model Pembelajaran, Kreativitas Belajar, Hasil Belajar IPA.

Full Text:

PDF

References


Mulyasa, E. (2008). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Konsep; Karakteristik dan Implementasi. Bandung : Remaja Rosdakarya. Nazir, M. (2009). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre Scholar Academic Search PKP Index ROAD ISSN

Pasca Sarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


Creative Commons License
Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.