Pengaruh Rasa Percaya Diri Dan Disiplin Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Sma Swasta Kabupaten Bogor Tahun Pelajaran 2017/2018
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Rasa Percaya Diri dan Disiplin Belajar secara bersama-sama terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA Swasta di Kabupaten Bogor tahun pelajaran 2017/2018. 2) Pengaruh Rasa Percaya Diri terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA Swasta di Kabupaten Bogor tahun pelajaran 2017/2018. 3) Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA Swasta di Kabupaten Bogor tahun pelajaran 2017/2018. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan menggunakan teknik korelasi dan regresi linier berganda. Hasil pengujian hipotesis dan analisa data dapat disimpulkan sebagai berikut : 1) Terdapat pengaruh yang signifikan Rasa Percaya Diri dan Disiplin Belajar secara bersama – sama terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA Swasta di Kabupaten Bogor, hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig. = 0,000 <0,05 dan Fhitung = 46,775. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan Rasa Percaya Diri terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA Swasta di Kabupaten Bogor, hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig. = 0,000 <0,05 dan thitung = 5,633.3) Terdapat pengaruh yang signifikan Disiplin Belajar terhadap Pemahaman Konsep MatematikaSiswaSMA Swasta di Kabupaten Bogor, hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig. = 0,000 <0,05 dan thitung = 5,071.
Kata Kunci: rasa percaya diri, disiplin belajar, pemahaman konsep matematika
Kata Kunci: rasa percaya diri, disiplin belajar, pemahaman konsep matematika
Full Text:
PDF (Indonesian)Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pasca Sarjana Universitas Indraprasta PGRI Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. |