Pengaruh Model Pembelajaran Multiliterasi Dan Kemampuan Berorganisasi Terhadap Kemampuan Analisis Kimia Peserta Didik (Eksperimen Pada Peserta Didik Sma Negeri Di Kecamatan Cilodong Kota Depok)
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran multiliterasi dan kemampuan berorganisasi terhadap kemampuan analisis kimia peserta didik SMA Negeri se-kecamatan Cilodong Kota Depok. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Sampel penelitian berjumlah 101 orang siswa. Hasil penelitian menunjukan: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran terhadap kemampuan analisis siswa pada Mata Pelajaran Kimia di SMA Negeri Depok. Hal ini dibuktikan dengan perolehan Sig. = 0,000 < 0,05 dan Fh = 23,792. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan berorganisasi terhadap kemampuan analisis siswa pada Mata Pelajaran Kimia di SMA Negeri Depok. Hal ini dibuktikan dengan perolehan Sig. = 0,000 < 0,05 dan Fh = 66,696. (3) Terdapat pengaruh interaksi yang signifikan model pembelajaran dan jenis kemampuan berorganisasi terhadap kemampuan analisis siswa pada Mata Pelajaran Kimia di SMA Negeri Depok. Hal ini dibuktikan dengan perolehan Sig. = 0,000 < 0,05 dan Fh = 14,582. Penelitian ini mengandung implikasi, bahwa besar kecilnya pengaruh model pembelajaran multiliterasi dan kemampuan berorganisasi dapat meningkatkan kemampuan analisis kimia peserta didik.
Kata kunci: Model Pembelajaran Multiliterasi, Kemampuan Berorganisasi, Kemampuan Analisis Kimia
Kata kunci: Model Pembelajaran Multiliterasi, Kemampuan Berorganisasi, Kemampuan Analisis Kimia
Full Text:
PDF (Indonesian)Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pasca Sarjana Universitas Indraprasta PGRI Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. |