Pengaruh Kemandirian Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Pemecahan Matematika
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
References
DAFTAR PUSTAKA
Buku:
Akbar, M.I. & Nadun. 2015. Peran Kemampuan Berpikir Positif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Dalam Leonard (editor). EduResearch, 1, 361-380. Jakarta: Unindra Press.
Amaliah, D. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Unindra Press.
Arikunto, S. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Aslamiyah, T. A., Setyosari, P., & Praherdhiono, H. 2019. Blended Learning dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Teknologi Pendidikan. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 2(2): 109-114.
Duli, N. 2019. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish.
Desmita. 2010. Perkembangan Psikologi Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Liberna, H & Wiratomo, Y. 2014. Metode Pembelajaran Matematika. Jakarta: Mitra Abadi.
Mulyadi. 2016. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Mutakin, T. Z., Hasbullah & Suryana, A. 2019. Tuntutan Praktis Pengolahan Data Penelitian Dengan Bantuan Program. Tangerang: Pustaka Mandiri.
Riduan. 2010. Dasar-Dasar Statistik. Bandung: Alfabeta.
Setiawan, M. A. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.
Slameto. 2010. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudjana, N. 2008. Penilaian Proses Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhardi, M. 2015. Belajar Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Supardi. 2013. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Jakarta: Change Publication.
Wahyudi & Inawati. 2012. Pemecahan Masalah Matematika. Salatiga: Widya Sari Press.
Susanto, A. 2018. Bimbingan dan Konseling di Sekolah Konsep, Teori, dan Aplikasinya. Jakarta: Prenada Media Group.
Sutopo, Y & Slamet, A. 2017. Statistika Inferensial. Yogyakarta: Andi.
Thobroni, M. 2015. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Book Section:
Hidayat, R. W & Mutakin, T. Z. 2015. Pengaruh Efikasi Diri (Self Efficacy) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Dalam Leonard (editor). EduResearch, 1, 409-428. Jakarta: Unindra Press.
Karomah, A. & Lestari, I. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran Metakognitif terhadap Hasil Belajar Matematika. Dalam Leonard (editor). EduResearch, 1, 51-78. Jakarta: Unindra Press.
Rianita, T., Hidayati, N., Rosidi, I. & Muharami, L. K. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Murder dengan Teori Pembiasaan Perilaku B.F Skinner Terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Journal of Natural Science Education Research, 1(1): 40-48.
Artikel dalam Jurnal:
Darsono. 2019. Pengaruh Kemandirian Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Mahasiswa Pendidikan Sejarah FKIP UPY Karmawibangga. Historical Studies Journal, 1(1): 1-9 ISSN: E-ISSN: htpps://journal.upy.ac.id/index.php/karmawibangga
Herlina, D., Nelson, Z. & Irma, A. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) Terhadap Kemampuan Pemecahan
Masalah Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2): 54 – 60
Indriyani, N., Santoso, S & Sangka, K. B. 2019. Pengaruh Efikasi Diri Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Spreadsheet Siswa Kelas X Akuntansi di SMK. Jurnal “Tata Arta” UNS, 5(3): 67-82.
Jatisunda, M. G. 2017. Hubungan Self-Efficacy Siswa SMP dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics) 1(2): 24-30.
Kurnia, R. D. M. 2018. Hubungan Antara Kemandirian Belajar Dan Self Efficacy Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMK. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1): 59-64.
Mawaddah, S & Hana, A. 2015. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 166-175.
Sundayana, R. 2016. Kaitan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut http://e-mosharafa.org/Jurnal “Mosharafa”, 5(2): 75-84.
Utami, E. B. 2015. Pengaruh VCT (Value Clarification Technique) Terhadap Peningkatan Kemampuan Gerak Tari Siswa Kelas VIII-5 SMP Negeri 3 Bandung. http://repository.upi.edu/17815/6/S_PST_1103890_Chapter1.pdf diakses 12 Mei 2020 pada pukul 10.08 WIB
Widodo, S & Kartikasari. 2017. Pembelajaran Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar dengan Model Creative Problem Solving (CPS). Jurnal Prisma Universitas Suryakancana, 1(1): 57-65.
Prosiding Seminar:
Hendikawati, P., Zahid, M.Z. & Arifudin, R. 2019. Keefektifitas Media Pembelajaran Berbasis Android terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 2, 917-927.
Yulianto & Sutiarso, S. 2017. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Matematika Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UIN Raden Intan Lampung, 289-295.
Refbacks
- There are currently no refbacks.




Pasca Sarjana Universitas Indraprasta PGRI Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
![]() Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. |