Pengaruh Persepsi Atas Media Pembelajaran Visual Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Ilmu Pengetahuan Alam
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(3) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik analisis korelasional untuk mengkaji hubungan antara minat belajar dan persepsi terhadap media pembelajaran visual dengan pemahaman konsep IPA. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII di Kecamatan Setia Budi, Jakarta Selatan, dengan sampel sebanyak 60 siswa yang diambil secara proporsional random dari total populasi 596 siswa menggunakan tabel Krecjie dengan tingkat kesalahan 5% dan tingkat kepercayaan 95%. Data dikumpulkan melalui tes pemahaman konsep IPA dan dua angket: minat belajar dan persepsi terhadap media pembelajaran visual. Instrumen minat belajar dan persepsi atas media pembelajaran visual diuji validitas dan reliabilitasnya menggunakan rumus korelasi dan Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh langsung yang signifikan antara persepsi atas media pembelajaran visual dan minat belajar terhadap pemahaman konsep IPA siswa SMP Negeri di Setia Budi, Jakarta Selatan, dengan nilai Sig = 0,001 < 0,05 dan t_hitung = 8,4211. Selain itu, terdapat pengaruh langsung yang signifikan antara persepsi atas media pembelajaran visual terhadap pemahaman konsep IPA siswa SMP Negeri di Jakarta Selatan, dengan nilai Sig = 0,007 < 0,05 dan t_hitung = 2,818. Terakhir, terdapat pengaruh langsung yang signifikan antara minat belajar terhadap pemahaman konsep IPA, dengan nilai Sig = 0,009 dan t_hitung = 2,715.
Kata Kunci: Media Visual, Minat Belajar, Pemahaman Konsep IPA
References
Arikunto, S. (2001). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Baharuddin & Wahyuni, E.N. (2017). Teori belajar dan pembelajaran,
Yogyakarta: Ar-Ruz Media.
Buchori.(2001).Psikologi pendidikan. Jakarta. PT. Aksara Baru.
Budiraharjo, P. (2017). Mengenal teori kepribadian mutakhir. Yogyakarta : Kanisius.
Crow, A & Crow, L. (2008). Psikologi belajar. Surabaya: Bina Ilmu.
Dakir. (2008). Dasar-dasar psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Dalyono, M. (2009). Psikologi pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta
Fajar, A. (2007). Kendala dan potensi pembelajaran IPA terpadu. Bandung : UPI
Fathurrohman, P. (2009). Strategi belajar mengajar melalui penanaman konsep umum dan konsep Islam. Bandung: ; Refika Aditama.
Hall & Lindzey.(2003). Psikologi kepribadian. Penterjemah Yustinus. Yogyakarta: Kanisius
Langelveld (2001). Pedagogik teoritis dan sistematis. Bandung : Jemmar
Mappiare, A. (2006). Kamus istilah konseling dan terapi, (Jakarta: PT Raja. Grafindo
Mulyasa, E. (2009). Menjadi guru profesional menciptakan pembelajaran Kreatif dan menyenangkan. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Pudjijogyanti, C. R. (2008). Konsep diri dalam pendidikan. Jakarta : Arcan
Rais. (2003). Konsep diri: bentuk dan fungsinya. Yogyakarta :
Rakhmat, J. (2004). Persepsi dalam proses belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Pers
Ritandiyono & Retnaningsih. (2006). Aktualisasi diri. Jakarta : Gunadarma.
Sabri. (2010). Strategi belajar mengajar micro teaching. Jakarta: PT Ciputat. Press
Sukardi. (2014). Metodologi penelitian pendidikan, kompetensi dan praktiknya. Jakarta : PT. Bumi Aksara
Sarwono, S.W. (2009). Psikologi sosial. Jakarta : Salemba Humanika
Safari, A.M. (2004). Penulisan butir soal berdasarkan penilaian berbasis kompetensi, Jakarta : Depdiknas
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudarsono, Fx. (2001). Aplikasi tindakan kelas. Jakarta: DIKTI.
Sudjana, (2006). Metode statistik, Bandung : Tarsito
Sudjana, N.(2005),Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru
Sukmadinata, N.S. (2014). Landasan psikologi proses pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sumantri, N. (2001). Pembaharuan pendidikan IPS. Bandung : Rosda Karya
Solihatin, E. (2012). Strategi pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.
Sumanto, W.(2004). Perhatian dan peserta didik. PT.Rajagrafindo Persada
Suryosubroto. (2008). Manajemen pendidikan di sekolah. Jakarta:Rineka Cipta
Suryabrata, S. (2012). Metodologi penelitian. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Sugiyono. (2015). Metode penelitian kualitatif, Bandung: Alfabeta.
Syah, M. (2015). Psikologi belajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Tirtarahardja. (2005). Pengantar pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
Wahid, A (2008). Menumbuhkan bakat dan Minat anak. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Refbacks
- There are currently no refbacks.




Pasca Sarjana Universitas Indraprasta PGRI Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
![]() Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. |