Pengaruh Persepsi Atas Media Pembelajaran Visual Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Ilmu Pengetahuan Alam

hilda Octaviani(1*), Virgana Virgana(2), Irwan Agus(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(3) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik analisis korelasional untuk mengkaji hubungan antara minat belajar dan persepsi terhadap media pembelajaran visual dengan pemahaman konsep IPA. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII di Kecamatan Setia Budi, Jakarta Selatan, dengan sampel sebanyak 60 siswa yang diambil secara proporsional random dari total populasi 596 siswa menggunakan tabel Krecjie dengan tingkat kesalahan 5% dan tingkat kepercayaan 95%. Data dikumpulkan melalui tes pemahaman konsep IPA dan dua angket: minat belajar dan persepsi terhadap media pembelajaran visual. Instrumen minat belajar dan persepsi atas media pembelajaran visual diuji validitas dan reliabilitasnya menggunakan rumus korelasi dan Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh langsung yang signifikan antara persepsi atas media pembelajaran visual dan minat belajar terhadap pemahaman konsep IPA siswa SMP Negeri di Setia Budi, Jakarta Selatan, dengan nilai Sig = 0,001 < 0,05 dan t_hitung = 8,4211. Selain itu, terdapat pengaruh langsung yang signifikan antara persepsi atas media pembelajaran visual terhadap pemahaman konsep IPA siswa SMP Negeri di Jakarta Selatan, dengan nilai Sig = 0,007 < 0,05 dan t_hitung = 2,818. Terakhir, terdapat pengaruh langsung yang signifikan antara minat belajar terhadap pemahaman konsep IPA, dengan nilai Sig = 0,009 dan t_hitung = 2,715.

Kata Kunci: Media Visual, Minat Belajar, Pemahaman Konsep IPA


References


Arikunto, S. (2001). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Baharuddin & Wahyuni, E.N. (2017). Teori belajar dan pembelajaran,

Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Buchori.(2001).Psikologi pendidikan. Jakarta. PT. Aksara Baru.

Budiraharjo, P. (2017). Mengenal teori kepribadian mutakhir. Yogyakarta : Kanisius.

Crow, A & Crow, L. (2008). Psikologi belajar. Surabaya: Bina Ilmu.

Dakir. (2008). Dasar-dasar psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Dalyono, M. (2009). Psikologi pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta

Fajar, A. (2007). Kendala dan potensi pembelajaran IPA terpadu. Bandung : UPI

Fathurrohman, P. (2009). Strategi belajar mengajar melalui penanaman konsep umum dan konsep Islam. Bandung: ; Refika Aditama.

Hall & Lindzey.(2003). Psikologi kepribadian. Penterjemah Yustinus. Yogyakarta: Kanisius

Langelveld (2001). Pedagogik teoritis dan sistematis. Bandung : Jemmar

Mappiare, A. (2006). Kamus istilah konseling dan terapi, (Jakarta: PT Raja. Grafindo

Mulyasa, E. (2009). Menjadi guru profesional menciptakan pembelajaran Kreatif dan menyenangkan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Pudjijogyanti, C. R. (2008). Konsep diri dalam pendidikan. Jakarta : Arcan

Rais. (2003). Konsep diri: bentuk dan fungsinya. Yogyakarta :

Rakhmat, J. (2004). Persepsi dalam proses belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Ritandiyono & Retnaningsih. (2006). Aktualisasi diri. Jakarta : Gunadarma.

Sabri. (2010). Strategi belajar mengajar micro teaching. Jakarta: PT Ciputat. Press

Sukardi. (2014). Metodologi penelitian pendidikan, kompetensi dan praktiknya. Jakarta : PT. Bumi Aksara

Sarwono, S.W. (2009). Psikologi sosial. Jakarta : Salemba Humanika

Safari, A.M. (2004). Penulisan butir soal berdasarkan penilaian berbasis kompetensi, Jakarta : Depdiknas

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudarsono, Fx. (2001). Aplikasi tindakan kelas. Jakarta: DIKTI.

Sudjana, (2006). Metode statistik, Bandung : Tarsito

Sudjana, N.(2005),Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru

Sukmadinata, N.S. (2014). Landasan psikologi proses pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sumantri, N. (2001). Pembaharuan pendidikan IPS. Bandung : Rosda Karya

Solihatin, E. (2012). Strategi pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.

Sumanto, W.(2004). Perhatian dan peserta didik. PT.Rajagrafindo Persada

Suryosubroto. (2008). Manajemen pendidikan di sekolah. Jakarta:Rineka Cipta

Suryabrata, S. (2012). Metodologi penelitian. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kualitatif, Bandung: Alfabeta.

Syah, M. (2015). Psikologi belajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Tirtarahardja. (2005). Pengantar pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Wahid, A (2008). Menumbuhkan bakat dan Minat anak. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre Scholar Academic Search PKP Index ROAD ISSN

Pasca Sarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


Creative Commons License
Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.