Pengaruh Gaya Belajar dan Kecerdasan Logis Matematis terhadap Pemahaman Konsep IPA
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh gaya belajar terhadap pemahaman konsep IPA, 2) pengaruh kecerdasan logis matematis tehadap pemahaman konsep IPA, dan 3) pengaruh interaktif gaya belajar dan kecerdasan logis matematis terhadap pemahaman konsep IPA. Populasi penelitian ini adalah siswa SMPN 11 Kota Tangerang Selatan dan SMPN 18 Kota Tangerang Selatan, berjumlah 550 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 213 siswa yang dipilih dengan teknik proportionate stratified random sampling. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode expost facto. Analisis data dengan two way Analysis of Variance (ANOVA). Hasil penelitian menunjukkan: 1) terdapat pengaruh yang signifikan gaya belajar terhadap pemahaman konsep IPA, hal tersebut dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0.049 < 0.05 dan Fhitung = 3.060. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan logis matematis terhadap pemahaman konsep IPA, hal tersebut dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0.037 < 0.05 dan Fhitung = 3.354. 3) Terdapat pengaruh interaktif yang signifikan gaya belajar dan kecerdasan logis matematis terhadap pemahaman konsep IPA, hal tersebut dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0.044 < 0.05 dan Fhitung = 3.207.
Refbacks
- There are currently no refbacks.




Pasca Sarjana Universitas Indraprasta PGRI Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
![]() Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. |