Pengaruh Kreativitas Belajar dan Berpikir Kritis terhadap Pemahaman Konsep Fisika (Survei pada SMA Negeri di Kabupaten Bogor)
(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
The research aims to analyze and test the influence of creative learning and critical thinking on understanding physics concepts, the influence of creative learning on understanding physics concepts, and the influence of critical thinking on understanding physics concepts for high school students in Bogor Regency. The research was method using a survey method, a regression study approach. The population was class in research instrument used was a physics learning outcomes test in the form of multiple choices with the option of 20 questions that had been tested. Data analysis used Multiple Regression, analysis of variance (ANOVA). The results of testing show that: 1) There is a significant influence of creativity learning and critical thinking together on students' understanding of physics concepts. This is proven by Sig. 0.012 < 0.05 and Fcount 4.484. 2) There is a significant influence of creativity learning on understanding physics concepts. This is proven by Sig. 0.045 < 0.05 tcount 2.016. 3) There is an influence of critical thinking on understanding physics concepts. This is proven by Sig. 0.036 < 0.05 tcount 2.103. It can be concluded that the influence of the three variables, namely creativity learning, critical thinking, and understanding of physics concepts is significant.
Penelitian bertujuan untuk menganalisis dan menguji mengenai pengaruh kreativitas belajar dan berpikir kritis secara bersama-sama terhadap pemahaman konsep fisika, pengaruh kreativitas belajar terhadap pemahaman konsep fisika, dan pengaruh berpikir kritis terhadap pemahaman konsep fisika siswa SMA Negeri di Kabupaten Bogor. Penelitian dilakukan dengan metode survei pendekatan studi regresi. Populasi adalah siswa kelas X SMA Negeri di Kabupaten Bogor dengan besar sampe sebanyak 262 siswa, dengan Teknik sampling yang digunakan yaitu Rumus Slovin. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes hasil belajar Fisika bentuk pilihan ganda dengan option sebanyak 20 soal yang telah diuji. Analisis data menggunakan Regresi Ganda, analysis of varians (ANOVA). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan hasilnya yaitu: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan kreativitas belajar dan berpikir kritis secara bersama-sama terhadap pemahaman konsep fisika siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan Sig. 0,012 < 0,05 dan Fhitung 4,484. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan kreativitas beljar terhadap pemahaman konsep fisika. Hal tersebut dibuktikan dengan Sig. 0,045 < 0,05 thitung 2,016. 3) Terdapat pengaruh berpikir kritis terhadap pemahaman konsep fisika. Hal tersebut dibuktikan dengan Sig. 0,036 < 0,05 thitung 2,103. Dapat disimpulkan bahwa pengaruh dari ketiga variable yaitu kreativitas belajar, berpikir kritis, dan pemahaman konsep fisika signifikan.
References
Fasko. (2011). Education and Creativity. Jurnal penelitian kreativitas. Lawrence erbium associates.
Gojkov, G. (2015). “Critical Thinking of Students- Indicator of Quality In Higher Education.” Procedia Social and Behavioral Sciences.
Hepi, H, Karyanto, P. & Sukarmin. (2020). Hubungan antara kemampuan pemahaman konsep materi gerak dan gaya dengan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP Kelas VIII SMP Negeri 1 Kebakkramat. Surakarta. Universitas Sebelas Maret Surakarta. INKUIRI : Jurnal Pendidikan IPA Vol. 11, No. 1, 2022 (hal 22-28).
Istiqamah, I., Sugiarti, S. & Wijaya, M. (2019). Perbandingan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning dan Direct Instruction. Makassar : Pendidikan Kimia Universitas Negeri Makassar. Chemistry Education Review. Pendidikan Kimia PPs UNM, 2019 Vol. 3, No. 1 (17-30).
Komala, Ratih. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry dan Kreativitas Belajar Siswa terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMA (Eksperimen pada Sekolah Menengah At
Refbacks
- There are currently no refbacks.




Pasca Sarjana Universitas Indraprasta PGRI Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
![]() Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. |