Pengaruh Kecerdasan Spiritual dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika
(1) Universitas Indraprasta
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
The purpose of this research is to find out: (1) the influence of spiritual intelligence and the interest of learning together on learning achievement of mathematics (2) the impact of spiritual intelligence on learning performance of Mathematics (3) the effect of learning interest on mathematical learning performance. The method in this research uses a quantitative approach with correlational surveys (regresi). The population in this study is a private MA student in Bogor district of 504 students. Random sampling from a population without determining the characteristics to be used as a sample or 84 students. The research method used is a survey method with regression analysis techniques. Research results show that: (1) there is a significant influence of spiritual intelligence and joint learning interests on mathematical learning achievements. This is demonstrated by the value of Sig. = 0,000 < 0,05 and Fcal = 51,565; whereas the magnitude of the influence of spiritual intelligence and interest in learning together on the learning achievement of Mathematics is shown by a determination coefficient of 56%. (2) there is a significant influence on the achievements of the learning of mathematics with Sig.= 0.000 < 0.05 and tcal = 6,200 (3) there is an important influence the interest of learning on mathematical learning achieving. The results showed that there was an influence of spiritual intelligence and interest in learning on the achievement of mathematics in high school in Bogor District.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (1) pengaruh kecerdasan spiritual dan minat belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Matematika (2) pengaruh kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar Matematika (3) pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika. Metode pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan survey korelasional (regresi). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MA Swasta di Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor berjumlah 504 siswa. Pengambilan sampel secara acak dari populasi tanpa menentukan karakteristik yang akan dijadikan sampel atau 84 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan teknik analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan spiritual dan minat belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan F?????? = 51,565; sedangkan besarnya pengaruh kecerdasan spiritual dan minat belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Matematika ditunjukkan oleh koefisien determinasi yaitu sebesar 56%. (2) terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar Matematika dengan nilai Sig.= 0.000 < 0.05 dan thitung = 6,200 (3) terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar Matematika. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. = 0.000 < 0.05 dan thitung = 5,369. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kecerdasan spiritual dan minat belajar terhadap prestasi belajar Matematika pada sekolah menengah atas di Kabupaten Bogor.
References
Agustian, A.G. (2001). Emotional Spiritual Quotient The ESQ Ways Jilid I. Jakarta: Arga.
Agustian, A.G. (2010). Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi Dan Spiritual ESQ. Jakarta: Agra.
Arianti, V. dan Sesmiwati. (2019). Studi Tentang Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Mahasiswa Pada Matakuliah Estimasi 1 Program Studi Teknik Ekonomi Konstruksi. Educational Building: Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan dan Sipil, 5(2) hlm. 73-81
Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.
Jakarta: PT. Rineka Cipta
Ashshidieqy, H. (2018). Hubungan Kecerdasan Spiritual Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian dan Pengukurn Psikologi, 7 (2) hlm 70-76
Asroi & Hidayat, S. (2016). Memahami Variabel dan Instrumen Penelitian. Tangerang: Pustaka Mandiri
Basuki, K.H. (2015). Pengaruh Kecerdasan Spiritual dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 5(2) hlm. 120-133
Djaali. (2021). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Djamarah, S.B. (2017). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional
Hery, M.T. (2015). Upaya Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Penerapan Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Jurnal Ilmiah Edukasi Matematika, 1(1). hlm. 1-16
Ismail. (2008). Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM. Semarang: Rasail Media Group
Kadir.2005. Pengaruh pendekatan problem posing. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, hal 223.
Machali,Imam. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Panduan Praktis Merencanakan, Melaksanakandan Analisisdalam Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: MPI
Mahmud. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia
Mulyadi, M. (2013). Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya [Quantitative and Qualitative Research and Basic Rationale to Combine Them]. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 15(1). hlm 128
Narbuko, C. dkk. (1997). Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara
Nasution, S. (1996). Metode Research. Jakarta: Bumi Aksara
Ormrod, J.E. (2009). Psikologi Pendidikan Jilid 2. Jakarta: Erlangga
Rosyid, M.Z. dkk. (2019). Prestasi Belajar. Batu: Literasi Nusantara
Rusmiati. (2017). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Ekonomi Siswa Ma Al Fattah Sumbermulyo. Utility: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi, 1 (1) hlm. 21-36
Sabri, M.A. (2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.
Simbolon, F.J. dkk. (2020). Pengaruh Pendekatan Resource Based Leaarning (RBL) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2). hlm. 77-88
Sirait, E.D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 6 (1) hlm. 35-43
Sholihah, D.A. dkk. (2015). Keefektifan Experiential Learning Pembelajaran Matematika MTs Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2) hlm. 175-185
Slameto, 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukmadinata, N.S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Supardi. (2019). Statistik Penelitian Pendidikan. Depok: PT. Raja Grafindo Persada
Suprasaputra, U. (2013). Menjadi Guru Berkarakter. Bandung: PT. Refika Aditama
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Suwarkono, dkk. 2006. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Melalui Pemantapan Awal di Kelas X SMAN 7 Jakarta. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan. No. 1. Vol. 1 Tahun 2008.
Syah, M. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Tika, M.P. (2015). Metode Penelitian Geografi. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Triayuningtiyas, A. (2021). Ilmu Matematika sebagai Dasar Perkembangan Teknologi. [Online]. Diakses dari http://immjpmipa.fkip.uad.ac.id/2021/06/11/ilmu Matematika-sebagai-dasar-perkembangan-teknologi/
Tu’u, T. (2004). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo
Wardianah, U. (2004). Psikologi Umum. Jakarta: Bina Ilmu
Winarsunu, T. (2006). Statistika dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang
Zohar, D. & Marshall, I. (2001). SQ: Memanfaatkan Kecerdasan Spiritual Dalam Berpikir Integralistik dan Holistik untuk Memaknai Kehidupan. Bandung: Mizan
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pasca Sarjana Universitas Indraprasta PGRI Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. |