PENGARUH KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DAN KECEMASAN MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(3) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
References
Beilock, S. L., & Maloney, E. A. (2015). Math Anxiety: A Factor in Math Achievement Not to Be Ignored. Policy Insights from the Behavioral and Brain Sciences. Sage journals. Https://doi.org/10.1177/237273221 5601438
Bernard, M., Nurmala, N., Mariam, S., & Rustyani, N. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP kelas IX pada materi bangun datar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(2), 77-83. https://doi.org/10.35706/sjme.v2i2.1317
Effendi, S. dan Tukiran. (2012). Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.
Hamzah, A. (2014). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali Press.
Hartanti, N. (2019). Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA. 2(3), 267-274.
Hidayat, W., & Ayudia, D. B. (2019). Kecemasan matematik dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 205-214. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol4no2.2019pp205-214
Liyana, D., & Ferdianto, F.(2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XII SMA materi program linear. Gammath: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 3(2), 82-87.
Marcelina, P. (2020). Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Jambi. Retrieved from http://repository.unbari.ac.id/857/
National Council of Teacher of Mathematics (NCTM). 2000. Principles and Standars for School Mathematics. Reston, VA: NCTM
Nisa, et. al. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa dalam soal SPLDV ditinjau dari motivasi belajar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 231-240. https://doi.org/10.31000/prima.v4i1.2079
Sukmadinata, N.S (2007). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sudjana, N. (2006). Metode Statistik. Jakarta: Rineka Cipta.
Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan kemampuan awal matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119-130. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.605
Utami, R.W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dan self-eficacy siswa SMP Negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4 (2), 166-175.
Zulfitri, H. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Setelah Pembelajaran dengan Pendekatan MEAs pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel. Jurnal Gantang, 4(1), 7–13. https://doi.org/10.31629/jg.v4i1.881.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pasca Sarjana Universitas Indraprasta PGRI Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. |