PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN PERSEPSI SISWA TENTANG PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LCD PROYEKTOR TERHADAP PRESTASI BELAJAR

Yanuar Kristiana A(1), Fitri Damayanti(2), Lambok Simamora(3*)

(1) UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstract. This study aims to find out: (1) The influence of student perception of teacher pedagogical competence (X1) and student perceptions of LCD projector use (X2) jointly on learning performance (Y). (2) The impact of students perception on teacher pedagogy (X1). (Y). The population in this study was obtained from two schools namely from SMKS Walang Jaya Jakarta North and SMKN 4 Jakarta North which totalled 594 students. The sample in this study was 60 students randomly selected. This research method uses a survey method with a quantitative approach. Study results showed: (1) There is a significant influence of Student Perception of Teacher Pedagogical Competence (X1) and Student perception of using LCD projectors (X2) in combination on Learning Performance (Y). This is demonstrated by the Sig value = 0,000 < 0,05 and the F calculation = 66,123. (2) There is significant impact of Student perception of teacher pedagogical competence (X1 ) on the bound variable of learning performance (Y). This is proved by Sig = 0.014 < 0.05 and thitung = 2,540. (3) There has been a significant effect of Students Perception about LCD projector use (X2 ) on learning achievement (Y), shown by the sig = 0,001 < 0,05, and thiting = 3,628. Meanwhile, the contribution of students' perceptions regarding teacher pedagogical competence (X1) and students' perceptions regarding the use of LCD projectors (X2) together to learning achievement (Y) is 0.699 or the remaining 70% (30%) is influenced by other factors not researched. in this research.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik Guru (X1) Dan Persepesi Siswa Tentang Penggunaan LCD Proyektor (X2) Secara   bersama-Sama Terhadap Prestasi Belajar (Y). (2) Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik Guru (X1) Terhadap Prestasi belajar (Y). (3) Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Penggunaan LCD Proyektor (X2) Terhadap Prestasi Belajar (Y). Populasi dalam penelitian ini didapat dari dua sekolah yaitu dari SMKS Walang Jaya Jakarta Utara dan SMKN 4 Jakarta Utara yang berjumlah 594 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 60 siswa yang dipilih secara acak. Metode penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik Guru (X1) dan Persepsi Siswa Tentang Penggunaan LCD Proyektor (X2) secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar (Y). Hal ini dibuktikan oleh nilai Sig = 0.000 < 0,05 dan Fhitung = 66,123. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik Guru (X1 ) terhadap variabel terikat Prestasi Belajar (Y) . Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0.014 < 0,05 dan thitung = 2,540. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan Persepsi Siswa Tentang Penggunaan LCD Proyektor (X2) terhadap Prestasi belajar (Y) dibuktikan dengan nilai Sig = 0,001 < 0,05 dan thitung = 3,628. Sedangkan besarnya kontribusi Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik Guru (X1) dan Persepesi Siswa Tentang Penggunaan LCD Proyektor (X2) Secara   bersama-Sama Terhadap Prestasi Belajar (Y) adalah sebesar 0,699 atau 70 % sisanya (30%) dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Keywords: Kompetensi Pedagogik, LCD Proyektor, Prestasi Belajar.


References


Rosyid Zaiful. 2020. Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara Abadi

Susanti Lidia. 2019. Prestasi Belajar Akademik dan Non Akademik.

Malang:Literasi Nusantara Abadi

Setiawan . 2017. belajar dan pembelajaran. Ponorogo : Uwais Inspirasi Indonesia

Djamaludin A, dan Wardana. 2019. Belajar dan Pembelajaran. Sulawesi Selatan: Kaafah Learning Center.

Tirtonegoro Sutratinah. 2001. Anak Super Normal dan Program Pendidikannya.

Jakarta: Bina Aksara.

Rosyid , Mustajab dan Abdullah. 2019. prestasi belajar. Malang : Literasi Nusantara.

Soif Muhammad. 2019. Kompetensi Pedagogik Guru. Palembang : Noer fikri offset.

Hatta. 2018. Empat Kompetensi Untuk Membangun Profesionalisme Guru. Sidoarjo : Nizamia Learning Center.

Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media

Yaumi, Muhammad. 2018. Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Ichsan R. Suraji P. Muslim R. “media audio visual dalam pembelajaran di

sekolah dasar”. Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian Ke-III (SNHRP-III 2021). 183 (2021).

Kurniasih Imas dan Sani Berlian. 2017. Kupas Tuntas Kompetensi Pedagogik.

Surabaya:Kata Pena

Ermi, Epida. “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA dengan pendekatan METAKOGNITIF”. Jurnal Indragiri. Volume 1. No 2. (2017)

Zenius.net. Rangking Pisa Indonesia. https://www.zenius.net/blog/pisa-2018-2019-standart-internasional

Kemendikbud. Pengertian PISA. https://bskap.kemdikbud.go.id/pisa


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre Scholar Academic Search PKP Index ROAD ISSN

Pasca Sarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


Creative Commons License
Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.