Pengaruh Model Pembelajaran Dan Prokrastinasi Akademik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika (Eksperimen Pada SMA Swasta di Jakarta Utara)
(1) Fakultas Pascasarjana, Universitas Indraprasta PGRI Bina Bangsa School Pantai Indah Kapuk
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk: (1) mengetahui pengaruh model
pembelajaran, (2) mengetahui pengaruh prokrastinasi akademik, dan (3) mengetahui pengaruh interaktif model pembelajaran PBL dan prokrastinasi akademik terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa. Penulis menggunakan metode penelitian eksperimen dan analisis inferensial dengan statistik Anova 2 arah. Hasil penelitian menyimpulkan : (1) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran PBL terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa dengan nilai sig. sebesar 0.000 (< 0.05) dan Fhitung= 22,129 > Ftabel = 4,07. Ini memberikan perbedaan yang signifikan pada rata-rata kemampuan berpikir kritis matematika siswa antar kelompok model pembelajaran. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan prokrastinasi akademik terhadap kemampuan berpikir kritis matematika. Pengujian menunjukkan nilai p-value untuk prokrastinasi akademik (B) adalah sig. = 0.000 ( < 0.05 ) dan Fhitung= 18,007 > Ftabel = 4,07. (3) Terdapat pengaruh interaktif dari model pembelajaran dan prokrastinasi akademik terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa. Pengujian menunjukkan nilai p-value 0,046 ( < 0,05) dan Fhitung= 4,240 > Ftabel = 4,07. Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematika siswa, mewajibkan guru menerapkan model pembelajaran PBL dalam pelajaran matematika, guna memberi dorongan kepada siswa untuk melatih kemampuan memecahkan masalah dan berdiskusi mencari solusi. Pelatihan rutin dalam menerapkan model pembelajaran PBL dan diskusi dengan metode kooperatif adalah keharusan, karena model ini cocok untuk diterapkan pada pelajaran matematika dan memberikan hasil yang memuaskan.
pembelajaran, (2) mengetahui pengaruh prokrastinasi akademik, dan (3) mengetahui pengaruh interaktif model pembelajaran PBL dan prokrastinasi akademik terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa. Penulis menggunakan metode penelitian eksperimen dan analisis inferensial dengan statistik Anova 2 arah. Hasil penelitian menyimpulkan : (1) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran PBL terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa dengan nilai sig. sebesar 0.000 (< 0.05) dan Fhitung= 22,129 > Ftabel = 4,07. Ini memberikan perbedaan yang signifikan pada rata-rata kemampuan berpikir kritis matematika siswa antar kelompok model pembelajaran. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan prokrastinasi akademik terhadap kemampuan berpikir kritis matematika. Pengujian menunjukkan nilai p-value untuk prokrastinasi akademik (B) adalah sig. = 0.000 ( < 0.05 ) dan Fhitung= 18,007 > Ftabel = 4,07. (3) Terdapat pengaruh interaktif dari model pembelajaran dan prokrastinasi akademik terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa. Pengujian menunjukkan nilai p-value 0,046 ( < 0,05) dan Fhitung= 4,240 > Ftabel = 4,07. Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematika siswa, mewajibkan guru menerapkan model pembelajaran PBL dalam pelajaran matematika, guna memberi dorongan kepada siswa untuk melatih kemampuan memecahkan masalah dan berdiskusi mencari solusi. Pelatihan rutin dalam menerapkan model pembelajaran PBL dan diskusi dengan metode kooperatif adalah keharusan, karena model ini cocok untuk diterapkan pada pelajaran matematika dan memberikan hasil yang memuaskan.
Full Text:
PDF (Indonesian)Refbacks
- There are currently no refbacks.
Pasca Sarjana Universitas Indraprasta PGRI Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. |