Perbandingan Perkembangan Usia SD Lulusan PAUD Formal dan PAUD Informal

resti resmiati(1*)

(1) pendidikan MIPA pasca sarjana Unindra
(*) Corresponding Author

Abstract


Pentingnya pendidikan anak usia dini berkaitan dengan proses tumbuh kembang anak yang berlanjut sesuai tuga perkembangannnya. Pada sisi lain, pendidikan anak usia dini juga menjadi program pemerintah yang tercantum dalam undang- undang yang betujuan agar anak memeiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan yang lebih lanjut serta membantu pertumbuhan dan perkembangan anak baik jasmani atau rohani agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Bentuk pendidikan anak usia dini ada yang berupa PAUD Formal (TK atau RA dan sederajat), PAUD Non Formal (KB atau TPA dan sederajat) dan PAUD Informal (keluarga atau lingkungan).

            Dilakukan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan perkembangan anak di SDN V Ciawi antara lulusan PAUD formal dengan PAUD Informal. Landasan tersebut memunculkan hipotesis nl sebagai berikut : Tidak terdapat perbedaan perkembangan anak usia SD lulusan PAUD formal dengan PAUD Informal: atau terdapat  persamaan perkembangan anak usia SD lulusan PAUD formal dengan PAUD Informal.

            Metode penelitian yang digunakan adalah metode komparatif dengan pendekatan kuantitatif yang memanfaatkan teknik pengumpulan data berupa angket dan wawancara.

            Kata kunci : perkembangan, usia anak SD, PAUD Formal, PAUD Informal


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


B. Hurlock Elizabeth, Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, Jakarta: Erlangga

Darmadi, Hamid. (2011), Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : Alfabeta

Hadi, sutrisno. (2004), Metodologi Research. Yogyakarta : Andi Offset

Hariwijaya, (2009), PAUD Melejitkan Potensi Anak Dengan Pendidikan Sejak Dini, Yogyakarta : Mahadika Publishing.

Herman, Ruswandi, Dkk. (2007), Metode Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, Bandung: Upi Press

Jauhari, Heri. (2010), Panduan Penulisan Skripsi Teori dan Aplikasi, Bandung: CV Pustaka Setia.

Juanda, Ayi. (2013), Metodologi Penelitian Pendidikan, Diktat kuliah Semester IV, Suryalaya: IAILM

Nasution, Sosiologi Pendidikan, 1995. Jakarta: Bumi Aksara

Nurhayati,(2006), Pendidikan Anak Usia Dini (Sudy Perbandingan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS dan Sistem Pendidikan Islam), Tesis magister (tidak dipublikasikan), Yogyakarta : UII.

Rupiah Nurhayati, Tika, (2011), Studi Komparatif Prestasi belajar Peserta didik Lulusan SMP dan MTs pada Mata Pelajaran PAI di SMK Plus YSB Suryalaya Tasikmalaya, Skripsi sarjana (tidak dipublikasikan), Tasikmalaya: IAILM

S. Nana Syaodih, (2008), Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Saleh Abdurrahman. 2007. Teori-teori Pendidikan Berdasarkan Al-Qur’an. Jakarta : Rineka Cipta

Sudarto, 1996. Metodologi Penelitian Filsafat. Jakarta: Raja Grafindo.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan kombinasi (mixed methods). Bandung : Alfabeta

Suyadi dan MAudliya Ulfah, (2013), Konsep dasar PAUD, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sumantri, Mulyani dan Nana Syaodih, (2013), Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Universitas Terbuka

Surya, Moh, (1990), Psikologi Perkembangan Bandung: CV Idola Of Indonesia

Syaifudin Bahri Djamarah.2008. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta

Tafsir, Ahmad, (2012), Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Googlre Scholar Academic Search PKP Index ROAD ISSN

Pasca Sarjana
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


Creative Commons License
Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.