Model Evaluasi Kinerja Karyawan dengan Metode Fuzzy Sugeno pada Resto ABTL

Fanisya Alva Mustika(1*), Sutrisno Sutrisno(2)

(1) 
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Kualitas sumber daya manusia merupakan salah satu faktor dalam meningkatkan produktivitas kinerja suatu instansi. Oleh karena itu, diperlukan sumber daya manusia yang mempunyai kompetensi tinggi karena keahlian atau kompetensi akan dapat mendukung peningkatan prestasi kerja karyawan. Penilaian kinerja harus dilakukan untuk mengetahui prestasi yang dicapai setiap karyawan dengan baik, cukup baik atau kurang bisa diketahui. Permasalahan yang terjadi pada Resto ABTL adalah belum adanya format yang baku mengenai evaluasi penilaian karyawan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dibutuhkan sistem pendukung keputusan yang dapat membantu manajer dalam menentukan karyawan dengan kinerja terbaik (Employee of The Month), serta memberikan saran membangun karyawan berdasarkan nilai yang diperoleh. Model evaluasi kinerja karyawan adalah sistem evaluasi yang dirancang untuk mengidentifikasi kinerja karyawan dalam melaksanakan tugasnya. Model tersebut menggunakan logika fuzzy sugeno dengan beberapa kriteria, yaitu: kehadiran, pelayanan, penampilan, kerjasama dan tanggung jawab. Kriteria dibagi dalam himpunan fuzzy Buruk, Cukup, dan Baik. Dari kriteria tersebut dibuat model penilaian kinerja dalam evaluasi kinerja karyawan. Hasil dari penelitian ini adalah model evaluasi kinerja karyawan dapat dibuat model sistem pendukung keputusan dengan pendekatan fuzzy.


Keywords


Karyawan, Fuzzy, Sugeno, Employee of The Month

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ganevi, Riesda.,& Purnama, B. E. (2014). Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMP N) 1 Pacitan.

Haryanto, T. (2012). Logika Fuzzy dan Sistem Pakar Berbasis Fuzzy, Materi Kuliah, Departemen Ilmu Komputer. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Kusumadewi, S. (2002). Analisis Desain Sistem Fuzzy menggunakan Tool Box Matlab ( Edisi ke-1). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kusumadewi, S., & Purnomo, H. (2010). Aplikasi Logika Fuzzy Untuk Pendukung Keputusan (Edisi ke-2). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Maman. (2006). Sistem Pendukung Keputusan: Model Penentuan Siswa Teladan pada SMK YP Karya 1Tangerang dengan pendekatan logika fuzzy.

Marimin. (2012). Penalaran Fuzzy. Materi Kuliah, Departemen Ilmu Komputer. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Marimin. (2005). Teori dan aplikasi sistem pakar dalam tehnologi manajerial. Bogor: IPB-Press.

Marimin., & Maghfiroh N. (2010). Aplikasi Pengambilan Keputusan dalam Manajemen Rantai Pasok. Cetakan ke-1. Bogor: IPB-Press.

Naba, A. (2009).Belajar Cepat Fuzzy Logic menggunakan Matlab. Yogyakarta: Andi Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/string.v1i1.973

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 STRING (Satuan Tulisan Riset dan Inovasi Teknologi)

 

STRING (Satuan Tulisan Riset dan Inovasi Teknologi) indexed by:



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats

Flag Counter