Perancangan Aplikasi Perhitungan Bangun Datar dan Bangun Ruang Berbasis Android

Hayyillah Al Marzuki(1*), Wahyu Nur Cholifah(2), Mukhamad Candra Irawan(3)

(1) Indraprasta PGRI University
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah membuat aplikasi android yang membantu pelajar untuk menghitung dan belajar tentang bangun datar dan bangun ruang. Aplikasi ini merupakan aplikasi untuk menghitung luas, keliling, dan volume suatu bangun datar ataupun bangun ruang dengan berbasiskan OS Android yang didalamnya juga terdapat gambar, rumus, serta materi yang menyangkut tentang penghitungan geometri tersebut. Pengguna memilih bangun apa yang akan dihitung, kemudian memasukkan input yang diminta dalam melakukan penghitungan. Dalam perancangan dan pembuatan aplikasi ini diperlukan software yaitu Java, Android ADT, dan Photoshop.

Keywords


Android; Bangun Datar; Bangun Ruang; Penghitung;

Full Text:

PDF

References


Desmira, Aribowo, D., & Oktavia, P. (2014). Perancangan Aplikasi Pembelajaran Bangun Datar Dan Ruang Untuk Sekolah Dasar Menggunakan Android. Prosisko, 1(September), 48–54.

Firmansyah, Y., & Udi, U. (2017). Penerapan Metode SDLC Waterfall Dalam Pembuatan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Studi Kasus Pondok Pesantren Al-Habib Sholeh Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Informatika, 4(1).

Fitriyah, S., Utami, D. T., & Kusnawi, K. (2015). Perancangan Aplikasi Matematika Kontekstual Pada Materi Geometri 3 Dimensi Berbasis Java Untuk Smp Islam Al Azhar 26 Yogyakarta. Data Manajemen Dan Teknologi Informasi (DASI), 16(1), 55.

Marlina, E., & Fatmasari. (2016). Perancangan Aplikasi Pembelajaran Matematika Dengan Rumus Bangun Datar Dan Ruang Untuk Siswa SMP Frater Makassar. Semnasteknomedia Online, 4(1), 19–24.

Mulyadi, M. (2013). Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 15(1), 128.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/string.v4i2.4870

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Hayyillah Al Marzuki, Wahyu Nur Cholifah, Mukhamad Candra Irawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

STRING (Satuan Tulisan Riset dan Inovasi Teknologi) indexed by:



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats

Flag Counter