Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Jawa Berbasis Android

Gunawan Puspo Prajoko(1*), Intan Mutia(2)

(1) 
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Bahasa Jawa memiliki bermacam-macam kaidah yang terkadang menjadikan bahasa ini dipandang sebagai bahasa yang sulit untuk dipelajari, tidak praktis dan tidak sesuai dengan tuntunan zaman. Oleh karena itu, masyarakat enggan untuk mempelajarinya dan jarang menggunakannya dalam percakapan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang aplikasi media pembelajaran interaktif bahasa Jawa berbasis Android yang menarik dan tidak monoton sehingga dapat memudahkan masyarakat dalam mempelajari bahasa Jawa dimana dan kapan saja. Dalam membangun aplikasi ini digunakan alat bantu perancangan sistem yaitu flowchart, pseudocode, algoritma serta menggunakan bahasa pemrograman Java dan XML termasuk basis data SQLite untuk menyimpan data. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran yang menarik dengan cara menampilkan data berupa teks, gambar dan suara yang terdapat pada aplikasi ini sehingga dapat menumbuhkan minat masyarakat dalam mempelajari bahasa Jawa.


Keywords


Aplikasi;Media Pembelajaran Interaktif;Bahasa Jawa;Android

Full Text:

PDF

References


Andi Juansyah, “Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Assisted – Global Positioning System ( A-GPS ) Dengan Platform Android,” J. Ilm. Komput. dan Inform., vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2015.

A. Steffi and M. T. Syastra, “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X Sma Ananda Batam,” CBIS J., vol. 3 No 2, no. ISSN 2337-8794, pp. 78–90, 2015.

Nopriyanti and P. Sudira, “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Kompetensi Dasar Pemasangan Sistem Penerangan Dan Wiring Kelistrikan Di SMK,” J. Pendidik. Vokasi, vol. 5, no. 1, pp. 222–235, 2015.

J. Priyatno, R. Budiawan, and S. D. Budiwati, “Aplikasi Pembelajaran Bahasa Jawa Dan Aksara Jawa Berbasis Web,” e-Proceeding Appl. Sci., vol. 3, no. 1, pp. 40–47, 2017.

H. Kusniyati and N. S. P. Sitanggang, “Aplikasi Edukasi Budaya Toba Samosir Berbasis Android,” J. Tek. Inform., vol. 9, no. 1, pp. 9–18, 2016.

N. Prihatiningsih, A. Ruyani, and I. Ansyori, “Pengembangan LKS Melalui Kegiatan IOI Untuk Menilai Kognitif Dan Perilaku Konservasi Siswa SMA,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Biol., vol. 1, no. 1, pp. 64–71, 2017.

A. A. Sofyan, P. Puspitorini, and M. A. Yulianto, “Aplikasi Media Informasi Sekolah Berbasis SMS Gateway Dengan Metode SDLC ( System Development Life Cycle ),” J. Sisfotek Glob., vol. 6, no. 2, pp. 1–7, 2016.

Y. Firmansyah and U. Udi, “Penerapan Metode SDLC Waterfall Dalam Pembuatan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Studi Kasus Pondok Pesantren Al-Habib Sholeh Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat,” J. Teknol. dan Manaj. Inform., vol. 4, no. 1, 2017.

E. Iswandy, “Sistem Penunjang Keputusan Untuk Menentukan Penerimaan Dana Santunan Sosial Anak Nagari Dan Penyalurannya Bagi Mahasiswa Dan Pelajar Kurang Mampu Di Kenagarian Barung – Barung Balantai Timur,” J. TEKNOIF, vol. 3, no. 2, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/string.v4i2.4746

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Gunawan Puspo Prajoko

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

STRING (Satuan Tulisan Riset dan Inovasi Teknologi) indexed by:



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats

Flag Counter