Deteksi Cacat Ubin Keramik Menggunakan Teknik Pengolahan Citra dan Adaptive Neural Fuzzy Inference System (ANFIS)

Andri Andri(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Pada produksi massal, sistem inspeksi visual telah digunakan untuk meningkatakan produk yang berkualitas tinggi. Hal ini didorong oleh fakta bahwa industri manufaktur sangat termotivasi untuk menggunakan sistem pemeriksaan yang membutuhkan keakuratan tinggi dengan instalasi dan biaya pemeliharaan yang rendah. Penelitian ini untuk meningkatkan klasifikasi produk pabrik keramik yang berhubungan dengan pendeteksian cacat dengan mengacu pada model sistem inspeksi, menggunakan ubin keramik. Banyak penelitian tentang pengujian ubin keramik yang sudah dilakukan, tetapi masih banyak yang belum memberikan hasil yang optimal dan masih ditemukan beberapa permasalahan dalam kenyataanya. Permasalahan yang timbul adalah waktu akses yang masih lambat, keakuratan data yang rendah dan tingkat kesalahan yang tinggi. Penelitian ini menggabungkan teknik pengolahan citra dan model Adaptive Neural Fuzzy Inference System (ANFIS). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pengujian ubin keramik yang lebih akurat dibandingkan dengan penelitian sejenis yang pernah dilakukan. Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian yang dilakukan, model ANFIS sangat layak dijadikan sebagai model inferensi kecerdasan buatan dalam sistem yang berbasis inspeksi otomatis khususnya dalam menemukan cacat pada ubin keramik. Hybrid trapesium mf yang digunakan pada model ANFIS memiliki kesalahan 0,172737 dan akurasi pengujian data adalah 99%.

Kata kunci: Sistem Inspeksi Visual, pendeteksian cacat, pengolahan citra, Adaptive Neuro Fuzzy Inference dan Fuzzy Logic


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


A. Fanni, M.Lera, et.al. (2010). Neuro Network Diagnosis for Visual Inspection in Printed Circuit Boards. DIEE Dipartimento di Ingegneria Elettrica ed Elettronica, Universita' di Cagliari Piazza d'armi 09123 Cagliari, Italy.

Fernando de Aguiar Faria, et.al. (2009). Machine Vision And Artificial Neuro Networks For Seam Tracking And Weld Inspection. ABCM Symposium Series in Mechatronics, Vol. 4. 768-775.

G.Acciani, G. Brunetti, et.al. (2006). Multiple Neuro Network System to Classify Solder Joints on Integrated Circuits. International Journal of Computational Intelligence Research, Vol.2 No.4 Tahun 2006. 337-348. ISSN 0973-1873.

Kusuma Dewi. (2008). Artificial Intelligence. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ms. Anuja Bujurge, et.al. (2011). ANFIS Based Color Image Segmentation for Extraction of Salient Features: A Design Approach. Int. J. on Recent Trends in Engineering & Technology, Vol. 05 No. 01 Tahun 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/string.v1i2.1041

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 STRING (Satuan Tulisan Riset dan Inovasi Teknologi)

 

STRING (Satuan Tulisan Riset dan Inovasi Teknologi) indexed by:



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Stats

Flag Counter