Eksperimentasi TAPPS dan GI terhadap Pengetahuan dan Sikap Sosial Ditinjau dari Gaya Belajar
(1) (Scopus ID: 57205056256); Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(4) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
I. P. A. A. Payadnya, I. B. K. Perdata, dan P. Y. Antara, “Perbedaan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) berbantuan media powerpoint,” AKSIOMA J. Mat. dan Pendidik. Mat., vol. 10, no. 2, pp. 285–293, 2019.
S. Hadi dan Novaliyosi, “TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study),” Pros. Semin. Nas. Call Pap. Progr. Stud. Magister Pendidik. Mat. Univ. Siliwangi, pp. 562–569, 2019.
I. A. D. Virani, P. N. Riastini, dan M. Suarjana, “Deskripsi Sikap Sosial pada Siswa Kelas IV SD Negeri 4 Penarukan Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng,” PGSD Univ. Pendidik. Ganesha, vol. 4, no. 1, p. 1, 2016.
U. N. Halimah, “Dampak Dopari terhadap Sikap Sosial Siswa SDN 02 Mojorejo-Taman-Kota Madiun,” Gulawentah: Jurnal Stud. Sos., vol. 2, no. 2, p. 130, 2017.
P. R. Diningrum, E. Azhar, dan A. Faradillah, “Hubungan Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII di SMP Negeri 24 Jakarta,” Pendidik. Mat., vol. 01, pp. 352–364, 2018.
P. D. Pratiwi, I. B. P. Mardana, dan I. N. P. Suwindra, “Model Pembelajaran Kooperatif-Jigsaw dalam Meningkatkan Pembelajaran Fisika terhadap Sikap Sosial, Sikap Spiritual, dan Prestasi Belajar Siswa,” Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, vol. 7, no. 2, pp. 74–84, 2017.
L. Armila, R. Asnawati, dan S. Sutiarso, “Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe TAPPS Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa,” Jurnal Pendidikan Matematika Unila, vol. 5, no. 8, pp. 902–913, 2017.
T. Suprianto, S. H. Noer, dan U. Rosidin, “Pengembangan Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Soal Open Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Relfektif Matematis,” AKSIOMA, vol. 9, no. 1, pp. 72-85, 2020.
R. Wulan, A. Sarwandianto, N. Alamsyah, and A. A. Rakhman Awaludin, “Android-Based Expert System Application to Determine Math Learning Styles of Elementary School Students in Surakarta,” SAR J. - Sci. Res., vol. 3, no. 2, pp. 65–70, 2020.
Y. Wahyuni, “Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta,” JPPM, vol. 10, no. 2, pp. 128–132, 2017.
E. A. R. Pinahayu, Mardiyana, dan I. Slamet, “Eksperimentasi Model Pembelajaran Discovery Learning, Problem Based Learning, dan Think Pair Share dengan Pendekatan Saintifik terhadap Kompetensi Pengetahuan dan Sikap Sosial Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa,” Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika vol. 3, no. 7, pp. 796–810, 2015.
N. Dwi dan P. Hendikawati, “The Mathematical Problem Solving Ability of Student on Learning with Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Model in Term of Student Learning Style,” Unnes J. Math. Educ., vol. 7, no. 1, pp. 1–7, 2018.
S. R. Wirdayat, M. Imamuddin, dan M. Kamal, “Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) pada Siswa Kelas VII SMP N 3 Tigo Nagari Tahun Pelajaran 2018/2019,” JURING, vol. 2, no. 2, p. 165, 2019.
M. S. Bialangi dan I. N. Kundera, “Pengembangan sikap sosial dalam pembelajaran biologi : kajian potensi pembelajaran kooperatif,” Proceeding Biol. Educ. Conf., vol. 15, no. 1, pp. 138–145, 2018.
E. Mahendrawan, “Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Based Instruction dan Reciprocal Teaching pada Materi Bangun Ruang Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri Se-Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2013/2014,” UNS, 2014.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sap.v6i1.9901
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Ek Ajeng Rahmi Pinahayu, Nur Alamsyah, Risma Nurul Auliya, Luh Putu Widya Adnyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
SAP (Susunan Artikel Pendidikan) indexed by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Statis