Eksplorasi Kegiatan Praktikum IPA PGMI Selama Pandemi Covid-19
(1) PGMI IAIN Surakarta
(2) IAIN Surakarta
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 4 Tahun 2020. “Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19)”. Surat Edaran dari Kementrian RI, 2020, [Online]. Tersedia: https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/ [Diakses Tanggal 31 Mei 2021]
M. Rohman, D. A. Sudjimat, R. M. Sugandi, and D. Nurhadi, “Online Learning in Higher Education During Covid-19 Pandemic: Students’ Perceptions,” Talent Dev. Excell., vol. 12, no. 2s, pp. 3644–3651, 2020.
D. Hariyanti, A. H. Mun’im, dan N. Hidayat, “Identifikasi Hambatan Mahasiswa dalam Pelaksanaan Pembelajaran Biologi secara Daring Selama Pandemi Covid-19 di Kabupaten Jember,” ALVEOLI J. Pendidik. Biol., vol. 1, no. 1, pp. 11–21, 2020.
A. Permanasari, “Kurikulum 2013: Implikasi dalam Pembelajaran di Sekolah, Pendidikan Profesi dan Pendidikan Tinggi,” in Prosiding Seminar Nasional, vol. 01, no. 1, pp. 6–16, 2014.
E. Buah and A. F. Akuffo, “The Science Topics Perceived Difficult by Junior High School Students at Techiman North District: Effects on the Teaching and Learning of Science,” Imp. J. Interdiscip. Res., vol. 3, no. 1, pp. 503–509, 2017.
Y. Suryaningsih, “Pembelajaran Berbasis Praktikum sebagai Sarana Siswa untuk Berlatih Menerapkan Keterampilan Proses Sains dalam Materi Biologi,” Bio Educ., vol. 2, no. 2, pp. 49–57, 2017.
D. Daniah, “Pentingnya Inkuiri Iilmiah pada Praktikum dalam Pembelajaran IPA untuk Peningkatan Literasi Sains Mahasiswa,” PIONIR J. Pendidik., vol. 9, no. 1, pp. 114–153, 2020.
I. C. Gilang, Mujasam, W. Sri rahayu, dan Yusuf, “Efektivitas Pemanfaatan Laboratorium IPA dalam Pembelajaran Fisika di SMA Yapis Manokwari,” in In Prosiding Universitas Cokroaminoto Palopo, 2018, vol. 03, no. 1, pp. 166–176.
T. Sholikah, et al., “Studi Eksplorasi Kegiatan Praktikum Sains saat Pandemi Covid-19,” Indones. J. Sci. Learn., vol. 1, no. 2, pp. 67–75, 2020.
D. P. Anggrella, S. E. Indriwati, dan S. R. Lestari, “Analisis Kebutuhan Sumber Belajar Matakuliah Anatomi Fisiologi Manusia Berdasarkan Model Pengembangan Analyze Design Develop Implement Evaluation,” J. Pendidik. Teor. Penelitian, dan Pengemb., vol. 5, no. 8, pp. 1066–1071, 2020.
T. Winarti dan S. Nurhayati, “Pembelajaran Praktikum Berorientasi Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Pemahaman Konsep,” J. Inov. Pendidik. Kim., vol. 8, no. 2, pp. 1409–1419, 2015.
M. S. Hayat, S. Anggraeni, dan S. Redjeki, “Pembelajaran Berbasis Praktikum pada Konsep Invertebrata untuk Pengembangan Sikap Ilmiah Siswa,” Bioma, vol. 1, no. 2, pp. 141–152, 2011.
F. Rizkiana, I. W. Dasna, dan S. Marfu’ah, “Pengaruh Praktikum dan Demonstrasi dalam Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Motivasi Belajar Siswa Materi Asam Basa Ditinjau dari Kemampuan Awal,” J. Pendidik. Teor. Penelitian, dan Pengemb., vol. 1, no. 3, pp. 354–362, 2016.
S. Prajoko, M. Amin, F. Rohman, and M. Gipayana, “The Usage of Recycle Materials for Science Practicum: Is There Any Effect on Science Process Skills?,” Int. J. Eval. Res. Educ., vol. 6, no. 1, pp. 1–8, 2017.
D. Hariyanti, A. Haq, dan N. Hidayat, “Identifikasi Hambatan Mahasiswa dalam Pelaksanaan Pembelajaran Biologi secara Daring Selama Pandemi Covid-19 di Kabupaten Jember,” ALVEOLI J. Pendidik. Biol., vol. 1, no. 1, pp. 11–21, 2020.
N. N. A. Udayana, I. M. A. Wirawan, dan D. G. H. Divayana, “Pemrograman Berorientasi Objek dengan Model Pembelajaran Project Based Learning Kelas XII Rekayasa Perangkat Lunak,” J. Nas. Pendidik. Tek. Inform., vol. 6, no. 2, pp. 128–139, 2017.
Syahrial, Asrial, D. A. Kurniawan, dan S. O. Piyana, “E-Modul Etnokontruktivisme: Implementasi pada Kelas V Sekolah Dasar Ditinjau dari Persepsi, Minat dan Motivasi,” JTP - J. Teknol. Pendidik., vol. 21, no. 1, pp. 165–177, 2019.
A. Permanasari, “STEM Education: Inovasi dalam Pembelajaran Sains,” in In Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains), pp. 23–34, 2016.
M. Stohlmann, T. Moore, and G. Roehrig, “Considerations for Teaching Integrated STEM Education,” J. Pre-College Eng. Educ. Res., vol. 2, no. 1, pp. 28–34, 2012.
G. Yakman and H. Lee, “Exploring the Exemplary STEAM Education in the U.S. as a Practical Educational Framework for Korea,” J Korea Assoc. Sci. Edu, vol. 32, no. 6, pp. 1072–1086, 2012.
A. R. Setiawan, “Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Biologi sebagai Upaya Melatih Literasi Saintifik Siswa Sekolah Menengah,” in Prosiding Seminar Nasional Biologi “Inovasi Penelitian dan Pendidikan Biologi III (IP2B III) 2019”, no. Ip2b Iii, pp. 140–145, 2019.
P. Soraya, C. E. Putri, P. A. Lestari, dan A. Walid, “Profil Penilaian Hasil Belajar IPA Melalui Media Daring dan Luring pada Mid Semester di MTS Negeri 4 Mukomuko Provinsi Bengkulu,” J. Sikola J. Kaji. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 2, no. 2, pp. 107–115, 2020.
R. Astuti, G. M. Setianingsih, dan S. Rahayu, “Efektivitas Praktikum Biokimia secara Luring dan Daring Guna Meningkatkan Pemahaman Materi Protein pada Mahasiswa,” J. Inov. dan Sains, vol. 2, no. 1, pp. 13–18, 2021.
I. Puspita, “PhET Aplication Program: Strategi Penguatan Pemahaman Pembelajaran Jarak Jauh pada Materi Radiasi Benda Hitam melalui Percobaan Berbantu Lab Virtual dan Media Sosial,” J. Pendidik. Madrasah, vol. 5, no. 1, pp. 57–68, 2020.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sap.v6i1.9612
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Dita Purwinda Anggrella, Amining Rahmasiwi, Dwi Purbowati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
SAP (Susunan Artikel Pendidikan) indexed by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Statis