Total Quality Management: Konsep Peningkatan Mutu Pendidikan
(1) STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
H. Hasnadi, “Perencanaan Sumber Daya Manusia Pendidikan,” Bidayah Stud. Ilmu-Ilmu Keislam., vol. 10, no. 2, pp. 141–148, 2019.
P. Y. A. Dewi dan K. H. Primayana, “Peranan Total Quality Management (TQM) di Sekolah Dasar,” J. Penjaminan Mutu, vol. 5, no. 2, pp. 226–236, 2019.
S. Suryana, “Permasalahan Mutu Pendidikan dalam Perspektif Pembangunan Pendidikan,” Edukasi, vol. 14, no. 1, pp. 1–12, 2020.
B. Tarman, “Innovation and Education,” Res. Soc. Sci. Technol., vol. 1, no. 1, pp. 76–97, 2016.
T. Budiharso dan B. Tarman, “Improving Quality Education through Better Working Conditions of Academic Institutes,” J. Ethn. Cult. Stud., vol. 7, no. 1, pp. 99–115, 2020.
H. Kanematsu and D. M. Barry, STEM and ICT education in intelligent environments. Springer, 2016.
M. Murdiono, S. Suyato, dan I. Arpannudin, “Strategi Penguatan Nasionalisme Perbatasan Indonesia,” JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan), vol. 5, no. 2, pp. 34–43, 2020.
Y. A. Priambodo dan S. Y. J. Prasetyo, “Pemetaan Penyebaran Guru di Provinsi Banten dengan Menggunakan Metode Spatial Clustering K-Means (Studi kasus: Wilayah Provinsi Banten),” Indones. J. Comput. Model., vol. 1, no. 1, pp. 18–27, 2018.
S. Subardi, “Jaminan Mutu Pendidikan Guru,” Sustain. J. Kaji. Mutu Pendidik., vol. 2, no. 2, pp. 198–211, 2019.
R. Pahlevi, A. Imron, dan D. E. Kusumaningrum, “Manajemen Saranan dan Prasarana untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran,” Manaj. Pendidik., vol. 25, no. 1, pp. 88–94, 2016.
I. N. Wijana dan M. Suhardi, “Pemerataan Akses Pendidikan Bagi Anak Putus Sekolah di Provinsi Nusa Tenggara Barat,” Alignment J. Adm. Educ. Manag., vol. 1, no. 1, pp. 11–23, 2018.
Y. Istislami, “Permasalahan Mutu Pendidikan Indonesia,” J. Lentera (Jurnal Pendidik. dan Pengajaran Bhs. Indones., vol. 3, no. 2, pp. 276–283, 2020.
H. Hasnadi, “Membangun Budaya Literasi Informasi pada Perguruan Tinggi,” in Prosiding SEMDI-UNAYA (Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu UNAYA), 2019, vol. 3, no. 1, pp. 610–620.
A. Rachman, “Implementasi Kebijakan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru,” JM-TBI J. Manaj. dan Tarbiyatul Islam, vol. 1, no. 1, pp. 94–99, 2020.
F. A. Awwaliyah dan I. M. Arcana, “Pembentukan Indeks Mutu Pendidikan (IMP) di Indonesia Tahun 2018 dan Faktor yang Memengaruhinya,” in Seminar Nasional Official Statistics, 2020, vol. 2020, no. 1, pp. 385–396.
M. Hayudiyani, B. R. Saputra, M. A. Adha, dan N. S. Ariyanti, “Strategi Kepala Sekolah Meningkatkan Mutu Pendidikan melalui Program Unggulan Sekolah,” J. Akuntabilitas Manaj. Pendidik., vol. 8, no. 1, pp. 89–95, 2020.
N. Indana, “Implementasi Total Quality Management (TQM) dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan: (Studi Kasus di MTs Salafiyah Syafi’iyah Tebuireng),” Al-Idaroh J. Stud. Manaj. Pendidik. Islam, vol. 1, no. 1, pp. 62–86, 2017.
M. H. Nasution, “Manajemen Mutu Terpadu (MMT) dalam Pendidikan Islam,” Al-Muaddib J. Ilmu-Ilmu Sos. Dan Keislam., vol. 4, no. 2, pp. 228–248, 2019.
S. Minarti, Manajemen Sekolah. Jogjakarta: Ar-Russ Media, 2011.
F. Ismail, “Implementasi Total Quality Management (TQM) di Lembaga Pendidikan,” J. Ilm. Iqra’, vol. 10, no. 2, 2018.
F. A. Siregar, “Produktivitas Penerapan Total Quality Management,” Idarah (Jurnal Pendidik. dan Kependidikan), vol. 2, no. 2, pp. 74–91, 2018.
J. W. Creswell, “Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed,” Yogyakarta: pustaka pelajar, 2010.
S. Suhermanto dan A. Anshari, “Implementasi TQM terhadap Mutu Institusi dalam Lembaga Pendidikan,” Al-Tanzim J. Manaj. Pendidik. Islam, vol. 2, no. 1, pp. 107–113, 2018.
D. L. Goetsch dan S. B. Davis, “Introduction to Total Quality,” Qual. Funct. Deploy., pp. 245–279, 1997.
M. Fadhli, “Sistem Penjaminan Mutu Internal dan Ekstenal pada Lembaga Pendidikan Tinggi,” AL-TANZIM J. Manaj. Pendidik. Islam, vol. 4, no. 2, pp. 53–65, 2020.
R. Indriyati, “Pengaruh Kepemimpinan, Budaya Organisasi dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Manajemen Mutu (Studi pada AKPELNI Semarang),” Media Ekon. dan Manaj., vol. 33, no. 1, 2018.
T. A. O’Neill and E. Salas, “Creating High Performance Teamwork in Organizations,” Hum. Resour. Manag. Rev., vol. 28, no. 4, pp. 325–331, 2018.
D. Perawironegoro, H. Widodo, S. Suluri, dan Z. M. R. Harahap, “Penyusunan Program Kerja untuk Perbaikan Berkelanjutan Organisasi Santri Darul Arqam Patean Kendal Jawa Tengah,” in Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2019, pp. 117–126.
H. Hasnadi, “The Importance of Supervision Implementation in Educational Institution,” J. Dedik. Pendidik., vol. 5, no. 1, pp. 1–10, 2021.
I. Fathurrochman, “Pengembangan Kompetensi Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Curup melalui Metode Pendidikan dan Pelatihan,” Manajer Pendidik., vol. 11, no. 2, 2017.
S. E. Farmen Rizal, “Peranan Kepemimpinan dan Keterlibatan Karyawan terhadap Pengambilan Keputusan dan Dampaknya terhadap Produktivitas PT. Sumber Kreasi Fumiko,” Maj. Manaj. dan Bisnis Ganesha, vol. 1, no. 2, pp. 59–80, 2017.
U. D. A. Wibowo, “Peran Persepsi tentang Lingkungan Kerja Psikososial terhadap Komitmen Organisasional pada Lembaga Pendidikan Islam,” UNISIA, vol. 37, no. 82, pp. 81–87, 2018.
H. Susyanto, “Pengaruh Kepemimpinan, Keterlibatan Karyawan dan Kepuasan Kerja terhadap Kesiapan untuk Berubah dalam Menghadapi Perubahan Organisasi,” J. Ekon. Bisnis, dan Akunt., vol. 21, no. 1, 2019.
K. Kusnandi, “Konsep Dasar dan Strategi Penjaminan Mutu Pendidikan: Sebagai Review Kebijakan Mutu Pendidikan,” Indones. J. Educ. Manag. Adm. Rev., vol. 1, no. 2, pp. 107–118, 2018.
A. A. R. Awaludin, “Akreditasi Sekolah sebagai Suatu Upaya Penjaminan Mutu Pendidikan di Indonesia,” SAP (Susunan Artik. Pendidikan), vol. 2, no. 1, 2017.
I. N. T. Astawa, “Memahami Peran Masyarakat dan Pemerintah dalam Kemajuan Mutu Pendidikan di Indonesia,” J. Penjaminan Mutu, vol. 3, no. 2, pp. 197–205, 2017.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sap.v6i2.9331
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Hasnadi Hasnadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
SAP (Susunan Artikel Pendidikan) indexed by:





Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Statis