Pengaruh Motivasi terhadap Hasil Belajar Siswa IPA di SMAN 6 Muaro Jambi

Wita Ardina Putri(1), Riska Fitriani(2), Endah Febri Setya Rini(3*), Febri Tia Aldila(4), Tri Ratnawati(5)

(1) 
(2) UNIVERSITAS JAMBI
(3) 
(4) UNIVERSITAS JAMBI
(5) UNIVERSITAS JAMBI
(*) Corresponding Author

Abstract


Motivation to learn is an encouragement given by someone to others in order to achieve their goals. Weak students’ motivation can reduce students’ learning outcomes. So it can be said that learning motivation is one of the factors that can affect student learning outcomes. Hence, the purpose of this study is to discover the effect of learning, motivation on student learning outcomes in physics subjects in straight motion material at SMA N 6 Muaro Jambi.This research utilized quantitative research methods with surveys. The subjects of this study were students of class X IPA school year 2019/2020 consisting of 50 people. The instrument used was a questionnaire about motivation and multiple choice questions about straight motion material. The result obtained from this study was the learning motivation of students was classified as high or good criteria. Student learning outcomes in the physics subject matter of straight motion were in the fairly good category. Based on the regression test which aimed at determining the effect of learning,  motivation on learning outcomes, it was discovered that there was a good and positive influence between motivation and student learning outcomes at SMAN 6 Muaro Jambi.


Keywords


learning motivation, learning outcomes, physics, SMA N 6 Muaro Jambi

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


A. Joneska, Astalini, dan N. Susanti. “Perbandingan Hasil Belajar Fisika Menggunakan Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle dan Index Card Match Pada Materi Cahaya Kelas VIII SMP Negeri 3 Batanghari”. J. EduFisika, vol. 01, no. 01, pp. 28–31, 2016.

D. A. Kurniawan, Astalini, dan N. Kurniawan. “Analisis Sikap Siswa SMP terhadap Mata Pelajaran IPA”. Lentera Pendidik. J. Ilmu Tarb. dan Kegur., vol. 22, no. 2, p. 323, 2019.

Astalini, D. A. Kurniawan dan A. D. P. Astalini. “Identifikasi Sikap Implikasi Sosial dari IPA, Ketertarikan Menambah Waktu Belajar IPA, dan Ketertarikan Berkarir di Bidang IPA Siswa SMP Sekabupaten Muaro Jambi”. J. Tarbiyah Jurnal Ilm. Kependidikan, vol. 7, no. 2, pp. 93–108, 2018.

E. Dwijayanti dan H. Pathoni. “Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Peer Lessons untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Suhu dan Kalor Kelas Xa di SMAN 8 Kota Jambi”. J. EduFisika, vol. 01, no. 01, pp. 18–21, 2018.

R. Maulana, Jufrida, dan H. Pathoni. “Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Menggunakan Discovery Based Learning dengan Bantuan LKS Digital Materi Fluida Dinamika Kelas XI SMAN 11 Kota Jambi”. Gravity Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Fis., vol. 4, no. 2, pp. 67–81, 2018.

D. A. Kurniawan, A. Astalini. N. Kurniawan, dan H. Pathoni. “Analisis Korelasi Sikap dan Disiplin Siswa terhadap IPA pada Siswa SMP di Provinsi Jambi”. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), vol. 5, no. 2, pp. 59-71, September 2019.

A. dan M. S. Barokah. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Fisika Berbasis Macromedia Flash pada Materi Termodinamika untuk SMA”. J. EduFisika, vol. 8, no. 2, pp. 26–32, 2019.

R. M. dan A. D. Astalini, D.A. Kurniawan. “Sikap terhadap Mata Pelajaran IPA di SMP Sekabupaten Muaro Jambi”. J. Lentera Pendidik., vol. 21, no. 2, pp. 214–227, 2018.

Z. P. Utama, Maison, dan A. Syarkowi. “Analisis Kemampuan Bernalar Siswa SMA Kota Jambi”. J. Penelit. Pembelajaran Fis., vol. 9, no. 1, pp. 1–5, 2018.

S. Barokah, Asrial, dan Maison. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Fisika Berbasis Macromedia Flash pada Materi Termodinamika untuk SMA”. J. EduSains, vol. 8, no. 2, pp. 11–17, 2019.

A. X. dan P. P. Jufrida, F. R. Basuki. “Pengembangan Buku IPA Berbasis Kearifan Lokal Jambi pada Materi Tekanan Serta Getaran dan Gelombang”. Indones. J. Sci. Math. Educ., vol. 02, no. 3, pp. 287–297, 2019.

D. A. Kurniawan, Astalini, dan L. Anggraini. “Evaluasi Sikap Siswa SMP terhadap IPA di Kabupaten Muaro Jambi”. J. Ilm. DIKDAKTIKA, vol. 19, no. 1, pp. 124–139, 2018.

W. R. Saputra, M. Hendri, dan T. Aminoto. “Korelasi Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII di SMP Negeri Se-kecamatan Jambi Selatan”. J. Pendidik. Fisika, vol. 4, no. 1, pp. 36–45, 2019.

D. A. Puspitasari, M. Hidayat, dan W. Kurniawan. “Pengembangan Modul Elektronik Fisika Berbasis Pendekatan Saintifik Materi Getaran Harmonis Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker”. J. EduFisika, vol. 4, no. 1, pp. 79–91, 2019.

N. Kurnia, M. Hendri, dan H. Pathoni. “Hubungan Persepsi dengan Hasil Belajar Fisika Kelas X MIA di SMA Negeri 4 Kota Jambi dan SMA Negeri 11 Kota Jambi”. J. EduFisika, vol. 01, no. 02, pp. 55–63, 2016.

F. H. Marbun, Nehru, dan A. Syarkowi. “Pengembangan Modul Praktikum Berbasis Inkuiri Terstruktur pada Mata Kuliah Elektronika Dasar 1 Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Jambi”. J. EduFisika, vol. 02, no. 02, pp. 18–33, 2017.

A. E. Purwanto, N. Susanti, dan M. Hendri. “Studi Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Phet Simulations dengan Alat Peraga pada Pokok Bahasa Listrik Magnet di Kelas X SmpN 12 Kabupaten Tebo”. J. EduFisika, vol. 01, no. 01, pp. 22–27, 2016.

M. O. Setia, N. Susanti dan W. Kurniawan. “Pengembangan Media Pembelajaran dengan Menggunakan Adobe Flash CS6 pada Materi Hukum Newton tentang Gerak dan Penerapannya”. J. EduFisika, vol. 02, no. 02, pp. 42–57, 2017.

D. C. Masyithah, Jufrida, dan H. Pathoni. “Pengembangan Multimedia Fisika Berbasis Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Menggunakan Adobe Flash CS6 pada Matei Fluida Dinamis untuk Siswa Kelas XI”. J. EduFisika, vol. 02, no. 01, pp. 51–60, 2017.

D. Oktaviana, Jufrida, dan Darmaji. “Penerapan RPP Berbasis Multiple Intelligences untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa pada Materi Kalor dan Perpindahan Kalor Kelas X MIA 4 SMA Negeri 3 Kota Jambi”. J. EduFisika, vol. 01, no. 01, pp. 7–12, 2016.

S. Astalini, D. A. Kurniawan. “Sikap Siswa terhadap Pelajaran Fisika di SMAN Kabupaten Batanghari”. J. Ilmu Pendidik. Fis., vol. 3, no. 2, pp. 59–64, 2018.

D. S. Pasaribu, M. Hendri, dan N. Susanti. “Upaya Meningkatkkan Minat dan Hasil Belajar Fisika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick pada Materi Listrik Dinamis di Kelas X SMAN 10 Muaro Jambi”. J. EduFisika, vol. 02, no. 01, pp. 61–69, 2017.

D. Astalini., Kurniawan. “Pengembangan Instrumen Sikap Siswa Sekolah Menengah Pertama terhadap Mata Pelajaran IPA”. J. Pendidik. Sains, vol. 07, no. 1, pp. 1–7, 2019.

A. dan N. K. D. A. Kurniawan, “Siswa terhadap Pelajaran IPA di SMP Kabupaten Muaro Jambi Provinsi Jambi”. Curricula J. Teach. Learn., vol. 4, no. 3, pp. 111–127, 2019.

R. Dani, N. A. Latifah, dan S. A. Putri. “Penerapan Pembelajaran Berbasis Discovery Learning Melalui Metode Talking Stick untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Gerak Lurus”. J. EduFisika, vol. 4, no. 2, pp. 24–30, 2019.

R. S. Sitompul, Astalini, dan Alrizal. “Deskripsi Motivasi Belajar Fisika Siswa Kelas X MIA di SMAN 9 Kota Jambi”. J. EduFisika, vol. 3, no. 2, pp. 22–31, 2018.

T. Aminoto, R. Dani dan E. Yusversa. “Pengembangan Termometer Gas sebagai Alat Peraga Pembelajaran Pokok Bahasan Skala Suhu Mutlak”. J. EduFisika, vol. 4, no. 2, pp. 48–55, 2019.

Jufrida, F. R. Basuki, M. D. Pangestu, dan N. A. D. Prasetya. “Analisis Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA dan Literasi Sains di SMP Negeri 1 Muaro Jambi”. J. EduFisika, vol. 4, no. 2, pp. 31–38, 2019.

C. Chotimah, M. Hendri, dan D. P. Rasmi. “Penerapan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Listrik terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX SMPN 22 Kota Jambi”. J. Penelit. Pembelajaran Fis., vol. 9, no. 1, pp. 36–39, 2018.

S. B. Djamarah, Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sap.v5i3.7760

Refbacks



Copyright (c) 2021 wita Ardina Putri, WITA ARDINA PUTRI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

SAP (Susunan Artikel Pendidikan) indexed by:




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.


View My Statis


Flag Counter