Modul Keanekaragaman Hayati dengan Pendekatan Kearifan Lokal dan Budaya di Kabupaten Purworejo
(1) Universitas Kristen Indonesia
(2) Universitas Kristen Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
D. Hidayati. “Memudarnya Nilai Kearifan Lokal Masyarakat dalam Pengelolaan Sumber Daya Air”. J. Kependud. Indones., vol. 11, no. 1, p. 39, 2017, doi: 10.14203/jki.v11i1.36.
K. Abdallah dan P. Paraba. “Studi Kasus Tradisi Pernikahan Adat Jawa Ala Kadipaten Pakualaman - Yogyakarta”. Etnogr. - J. Fak. Ilmu Sos. dan Polit., vol. XVI, no. 1, pp. 51–58, 2016.
A. Rahmi, Y. Yusrizal, dan I. Maulana. “Pengembangan Bahan Ajar Modul pada Materi Hidrokarbon Di SMA Negeri 11 Banda Aceh,” J. Pendidik. Sains Indones., vol. 2, no. 1, pp. 12–26, 2014.
Hanafi. “Konsep Penelitian R & D dalam Bidang Pendidikan”. Saintifika Islam. J. Kaji. Keislam., vol. 4, no. 2, pp. 129–150, 2017.
S. Alimah dan M. Aditya. Jelajah Alam Sekitar: Pendekatan, Strategi, Model, dan Metode Pembelajaran Biologi Berkarakter untuk Konservasi, no. October. Semarang: Pendidikan Biologi UNNES, 2006.
N. N. Padur. “Kearifan Lokal Budaya Farkawawin Suku Biak di Desa Syabes Kecamatsn Yendidori Kabupatrn Biak Numfor”. e-journal “Acta Diurna”, vol. VI. no. 2., pp. 1–13, 2017.
J. Iskandar. “Etnobiologi dan Keragaman Budaya di Indonesia”. Indones. J. Anthropol., vol. 1, no. 1, pp. 27–42, 2017, doi: 10.24198/umbara.v1i1.9602.
I. S. Kurniawan dan R. Survani. “Integrasi Etnopedagogi dalam Mengembangkan Model Pembelajaran Biologi”. J. Konseling dan Pendidik., vol. 6, no. 1, p. 15, 2018, doi: 10.29210/119200.
F. ADINUGRAHA. “Tari Dolalak Sebagai Bentuk Pendekatan Kearifan Lokal dan Budaya (Kalbu) pada Mata Pelajaran Biologi”. EDUKA J. Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis, vol. 3, no. 1, 2018, doi: 10.32493/eduka.v3i1.3803.
I. Ruslan. “Penguatan Ketahanan Budaya dalam Menghadapi Derasnya Arus Budaya Asing”. J. TAPIs, vol. 11, no. 1, pp. 1–19, 2015.
M. Iskarim. “Dekadensi Moral di Kalangan Pelajar (Revitalisasi Strategi PAI dalam Menumbuhkan Moralitas Generasi Bangsa)”. Edukasia Islam., vol. 1, no. 1, pp. 1–20, 2016.
F. Adinugraha. “Pendekatan Kearifan Lokal dan Budaya dalam Pembelajaran Biologi di Purworejo”. J. Pendidik., vol. 20, no. 1, pp. 1–17, 2019.
Depdiknas, Penulisan Modul, vol. 98, no. 1. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
H. A. G. Muhammad Wahyu Setiyadi, Ismail. “Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”. J. Educ. Sci. Technol., vol. 3, no. 2, p. 102, 2017.
E. Agustina. “Pengaruh Desain Sampul Buku terhadap Minat Baca Siswa di Perpustakaan MAN Yogyakarta III”. 2015.
KBBI, “No Title.” https://kbbi.web.id/ (accessed Jun. 05, 2020).
S. Sumawarti. “Pemakaian Bahasa Komunikatif untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Soal Cerita Matematika pada Siswa Kelas 5 SD Negeri 15 Surakarta.” https://lppm.uns.ac.id.
I. Ghozali. “Pendekatan Scientific Learning dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa”. J. Pedagog., vol. 04, no. 01, pp. 1–13, 2017.
P. D. Widiawati, A. S. Nurani, dan S. M. Kejuruan. “Penerapan Pendekatan Saintifik Learning pada Mata Pelajaran Pengolahan Makanan Kontinental di SMKN 2 Baleendah”. Media Pendidikan, Gizi, dan Kuliner, vol. 4, no. 2, pp. 39–48, 2017.
D. Najib. “Pengaruh Penerapan Pembelajaran Bermakna (Meaningfull Learning) pada Pembelajaran Tematik IPS Terpadu terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III di MI Ahliyah IV Palembang,” JIP J. Ilm. PGMI, vol. 2, no. 1, pp. 19–28, 2017.
R. Faslah. “Pemanfaatan Internet dalam Pengembangan Konsep IPS dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bermakna”. Econosains J. Online Ekon. dan Pendidik., vol. 9, no. 2, pp. 167–170, 2011, doi: 10.21009/econosains.0092.07.
W. Rachmantika, dan A.R., Wardono. “Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah”. Pros. Semin. Nas. Mat., vol. 2, pp. 439–443, 2019.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta. “Panduan Gerakan Literasi Nasional”, 2017.
Kemendikbud, “Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter,” Kemendikbud, p. 58, 2017, doi: 10.1046/j.1473-6861.2002.00012.x.
B. Maunah. “Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa”. J. Pendidik. Karakter, no. 1, pp. 90–101, 2016, doi: 10.21831/jpk.v0i1.8615.
TIM Direktorat Pembinaan SMK. “Peningkatan Proses Pembelajaran dan Penilaian Pembelajaran Abad 21 dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran SMK”. p. 114, 2018.
L. ASMAWATI. “Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Terpadu Berbasis Kecerdasan Jamak”. JPUD - J. Pendidik. Usia Dini, vol. 11, no. 1, pp. 145–164, 2017, doi: 10.21009/jpud.111.10.
R. R. Antika. “Proses Pembelajaran Berbasis Student Centered Learning”. BioKultur, vol. III, no. 1, pp. 251–263, 2014.
H. Trisdiono. “Pembelajaran Aktif dan Berpusat pada Siswa sebagai Jawaban Atas Perubahan Kurikulum dan Pelaksanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar”. Widyaiswara LPMP D.I. Yogyakarta, vol. 1, no. 1, pp. 1–13, 2015.
A. Cahyati. “Analisis Ilustrasi Gambar pada Buku Teks Fisika Kelas XI yang Banyak Digunakan di SMA Negeri Se-Kabupaten Demak”. UPEJ (Unnes Phys. Educ. Journal), vol. 4, no. 3, 2015, doi: 10.15294/upej.v4i3.8181.
J. Witabora. “Peran dan Perkembangan Ilustrasi”. Humaniora, vol. 3, no. 2, p. 659, 2012, doi: 10.21512/humaniora.v3i2.3410.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sap.v5i1.6534
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Fajar Adinugraha, Adisti Ratnapuri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
SAP (Susunan Artikel Pendidikan) indexed by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Statis