Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar (Tenses) Mahasiswa DKV Unindra

Fitria Iswari(1*), Puri Kurniasih(2)

(1) Program Studi Desain Komunikasi Visual, Universitas Indraprasta PGRI
(2) Program Studi Desain Komunikasi Visual, Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam keberhasilan proses belajar salah satunya dapat dilihat melalui hasil belajar yang diperoleh oleh peserta didik. Bahasa Inggris 1 menjadi mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa semester 1 prodi DKV Unindra . Sesuai kurikulum mahasiswa dituntut untuk mampu menguasai tense. Dalam keadaanya dosen menggunakan metode pembelajaran konvensional berupa ceramah, dan hasil belajar siswa sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan hasil belajar siswa dengan metode pembelajaran kooperatif Jigsaw. Penelitian ini berbentuk tindakan kelas dengan pendekatan deskripsi kualitatif. Pemerolehan data melalui test yang dilakukan sebelum dan sesudah tindakan kelas, dan observasi. Dari data yang di dapat sebesar 52,6% hasil belajar siswa meningkat untuuk kelas 3 eksperimen, dan 47,6% peningkatan hasil belajar yang didapat oleh kelas 4 eksperimen. Hal ini menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif Jigsaw mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

Keywords


Jigsaw; Tenses; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


D. G. Andriani, T. A. Kusmayadi, and M. Mardiyana, “Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II dan Think Pair Share Ditinjau dari Kecerdasan Emosional Siswa SMP Se-Kota Kediri Tahun Pelajaran 2012/2013,” J. Pembelajaran Mat., vol. 1, no. 7, 2013.

Y. Nurhaeni, “Meningkatkan pemahaman siswa pada konsep listrik melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas IX SMPN 43 Bandung,” J. Penelit. Pendidik., vol. 12, no. 1, pp. 77–89, 2011.

Y. Sulastri and D. Rochintaniawati, “Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Biologi di SMPN 2 Cimalaka,” J. pengajaran MIPA, vol. 13, no. 1, pp. 15–22, 2009.

Rokhis, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Denah Letak Benda Pada Siswa Kelas VI SDN 6 Besito,” Inopendas J. Ilm. Kependidikan, vol. 2, no. 1, pp. 18–29, 2019.

V. Rohaza, “Model Pembelajaran kooperatif Jigsaw Untuk Meningkatkan hasil Belajar Siswa Kelas IX-3 materi Membaca Teks Report Pelajaran Bahasa Inggris SMP Negeri 2 Dewantara Aceh Utara,” J. Media Inov. Edukasi, vol. 04, no. 13, pp. 213–219, 2018.

C. Lai and C. Wu, “Using handhelds in a Jigsaw cooperative learning environment,” J. Comput. Assist. Learn., vol. 22, no. 4, pp. 284–297, 2006.

G. Ghaith and M. A. El-Malak, “Effect of Jigsaw II on literal and higher order EFL reading comprehension,” Educ. Res. Eval., vol. 10, no. 2, pp. 105–115, 2004.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2014.

A. F. R. S. P. Ali, English Grammar Complite Edition. Yogyakarta: Pustaka Widyatama, 2010.

Aunurrahman, Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2010.

R. E. Slavin, Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media, 2011.

Trianto, Medisain Model Pembelajaran Inofatif- Progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTPS). Jakarta: Kencana, 2010.

Rusman, Manajemen Kurikulum Seri Manajmen Sekolah Bermutu. Bandung: UPI Press, 2008.

M. L. Silberman, Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani, 2007.

H. Susilo and Dkk, Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Bayumedia, 2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sap.v4i3.6286

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Fitria Iswari, Puri Kurniasih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

SAP (Susunan Artikel Pendidikan) indexed by:




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.


View My Statis


Flag Counter