Hubungan pemahaman Konsep Ikatan Kimia dengan Hasil Belajar Kimia Siswa pada Materi Larutan Elektrolit
(1) Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Universitas Mulawarman
(2) Program Studi Magister Manajemen Pendidikan, Universitas Mulawarman
(3) Program Studi Magister Pendidikan Kimia, Universitas Mulawarman
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur hubungan signifikan antara pemahaman konsep ikatan kimia dengan hasil belajar kimia siswa pada materi larutan elektrolit. Penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAS Nabil Husein Samarinda tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 60 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa, yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes, yaitu tes pemahaman konsep siswa dan tes evaluasi hasil belajar. Data dianalisis menggunakan uji linier regresi, uji korelasi product moment pearson dan uji hipotesis berupa uji t. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil bahwa ada hubungan signifikan antara pemahaman konsep ikatan kimia siswa dengan hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan larutan elektrolit, yang ditunjukkan dengan nilai korelasi sebesar 0,410 dengan interpretasi koefisien korelasi sedang dan nilai signifikansi uji t (0,009 < 0,05).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Trianto. Model Pembelajaran Terpadu. Surabaya: Bumi Aksara, 2010.
N. Fadliawati. “Perkembangan Konsep Pembelajaran tentang Struktur Atom dari SMA Hingga Perguruan Tinggi”. Universitas Pendidikan Indonesia, 2011.
Kemendikbud. Silabus Mata Pelajaran Kimia Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA). Jakarta: Kemendikbud, 2016.
R. F. Herawati, S. Mulyani, dan T. Redjeki. “Pembelajaran Kimia Berbasis Multiple Representasi Ditinjau dari Kemampuan Awal terhadap Prestasi Belajar Laju Reaksi Siswa SMP N 1 Karanganyar tahun 2011/2012”. Jurnal Pendidikan Kimia, vol. 2, no. 2, pp. 38-43, 2013.
S. S. Arif. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2012.
S. M. Masyhud. Metode Penelitian Pendidikan. Jember: Lembaga Pengembangan Manajemen dan Profesi Pendidikan, 2013.
L. N. K. Siregar. “Korelasi Pemahaman Konsep Aljabar dengan Hasil Belajar Matematika”. NIZHAMIYAH, vol. VII, no.1, pp. 22-33, 2017.
S. Rozikin, H. Amir, dan S. Rohiat. “Hubungan Minat Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kimia di SMA Negeri 1 Tebat Karai dan SMA Negeri 1 Kabupaten Kepahiang”. ALOTROP, vol. 2, no. 1, pp. 78–81, 2018.
E. Istikomah. “The relationship between conceptual understanding and student learning outcomes through the use of geometers Sketchpad software”. IOP Conf. Ser. 1157, 2019, doi: 10.1088/1742-6596/1157/4/042070.
S. Fadillah dan D. Salirawati, “Analysis of Misconceptions of Chemical Bonding Among Tenth Grade Senior High School Students Using a Two-Tier Test”. AIP Conf. Proc. 2021, 080002-1–080002-7, 2018, doi: 10.1063/1.5062821.
J. R. B. Pérez, M. E. B. Pérez, M. L. Calatayud, R. Garcia-Lopera, J. V. S. Montesions, and E. T. Gil., “Student’s Misconceptions on Chemical Bonding: A Comparative Study between High School and First Year University Students”. Asian Journal of Education and e-Learning, vol. 05, issue. 01, pp. 1-15, 2017.
A. M. Oginni, V. Y. Awobodu, M. O. Alaka, and S. O. Saibu. “School Factors as Correlates of Students’ Achievement in Chemistry”. International Journal for Cross-Disciplinary Subject Education (IJCDSE), vol. 3, issue 3, pp. 1516-1523, 2013.
D. Cheung. “Student Attitudes toward Chemistry Lessons to Enhance Teaching in the Secondary School”. Educ. quím, vol. 22, no. 2, pp. 117–122, 2011.
K. Osman and N. S. Sukor, “Conceptual Understanding in Secondary School Chemistry: A Discussion of the Difficulties Experienced by Students”. Am. J. Appl. Sci., vol. 10, no. 5, pp. 433–441, 2013.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sap.v4i3.6285
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Nadila Islamika, Nurlaili Nurlaili, Pintaka Kusumaningtyas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
SAP (Susunan Artikel Pendidikan) indexed by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Statis