Penggunaan Software Optimasi Pencahayaan Sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Fisika Bangunan

Erna Kusuma Wati(1*)

(1) Program Studi Teknik Fisika, Universitas Nasional
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggunakan media pembelajaran pada Mata Kuliah Fisika Bangunan dengan software DIALux guna membantu mahasiswa memahami konsep intensitas pencahayaan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan bentuk pembelajaran SCL dan based on problem. Mahasiswa melakukan pengukuran iluminasi cahaya dengan menggunakan luxmeter di Laboratorium Mikrobiologi dan Genetika Universitas Nasional, berdasarkan hasil pengukuran nilai iluminasi tidak sesuai dengan standard. Masing-masing kelompok mahasiswa bertugas untuk melakukan optimasi pencahayaan ruangan laboratorium tersebut dengan menggunakan software DIALux agar sesuai standard SNI yaitu 500lux. Optimasi terhadap pencahayaan dengan menggunakan software DIALux yang dilakukan oleh masing-masing kelompok mahasiswa mampu mencapai nilai standard. Pembelajaran dengan menggunakan media software DIALux pada mata kuliah Fisika Bangunan dapat membantu mahasiswa lebih aktif karena terlibat secara langsung dalam problem solving, sehingga mampu menambah pemahaman konsep terhadap pencahayaan.

Keywords


Media Pembelajaran; Optimasi Pencahayaan, SCL

Full Text:

PDF

References


R. R. Antika. “Proses Pembelajaran Berbasis Student Centered Learning (Studi Deskriptif di Sekolah Menengah Pertama Islam Baitul ‘Izzah, Nganjuk)”. Jurnal BioKultur, Vol. III, No. 1, pp. 251, 2014.

A. Ardian dan S. Munadi. “Pengaruh Strategi Pembelajaran Student-Centered Learning dan Kemampuan Spasial terhadap Kreativitas Mahasiswa”. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Vol. 22, No. 4, pp. 454, 2015.

A. Suhandi, P. Sinaga, I. Kaniawati, E. Suhendi. “Efektivitas Penggunaan Media Simulasi Virtual pada Pendekatan Pembelajaran Konseptual Interaktif dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Meminimalkan Miskonsepsi”. Jurnal Pengajaran MIPA, Vol. 7, No. 13, pp 35-48, 2009

T. Handayani. “Efisiensi Energi dalam Rancangan Bangunan”. Jurnal spectrum sipil, Vol. 1, No. 2, pp. 102 - 108, 2014.

N. Madarina dan W. A. Asmoro, “Perancangan Pencahayaan GOR Target Menerapkan Konsep Green Building”. Jurnal Teknik Pomits. Vol 2, No. 2, 2013.

M. Hesson and K. F. Shad. A Student Centered Learning Model. American Journal of Applied Sciences, Vol. 4, No.9, pp. 628-636, 2007.

Badan Standarisasi Nasional. SNI 03-6575-2001 tentang Tata Cara Perancangan Sistem Pencahayaan Buatan. Bandung: Badan Standarisasi Nasional, 2001.

Badan Standarisasi Nasional. SNI 03- 2396-2001 tentang Tata Cara Perancangan Sistem Pencahayaan Alami. Bandung: Badan Standarisasi Nasional, 2001.

Badan Standarisasi Nasional. SNI 16-7062-2004 tentang Pengukuran Intensitas Penerangan di Tempat Kerja. Bandung: Badan Standarisasi Nasional, 2004.

K. J. Holyoak & R. G. Morrison. The Cambridge Handbook of Thinking and Reasoning. New York: Cambridge University Press, 2005.

R. Hadi. “Perubahan Metode Pembelajaran di Perguruan Tinggi”. Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan INSANIA, Vol. 12, No. 3, 408-419. 2007.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sap.v4i3.6281

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Erna Kusuma Wati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

SAP (Susunan Artikel Pendidikan) indexed by:




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.


View My Statis


Flag Counter