Pengembangan Bahan Ajar Matematika Diskrit Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak

Dwi Oktaviana(1*), Utin Desy Susiaty(2)

(1) Program Studi Pendidikan Matematika, IKIP PGRI Pontianak
(2) Program Studi Pendidikan Matematika, IKIP PGRI Pontianak
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian dalam penelitian adalah untuk mengetahui proses pengembangan bahan ajar mata kuliah matematika diskrit dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa IKIP PGRI Pontianak. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan Metode Research and Development (R&D). Berdasarkan hasil pengembangan, penelitian, dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa buku ajar matematika diskrit dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa IKIP PGRI Pontianak adalah layak, menarik dan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa.


Keywords


bahan ajar; matematika diskrit; kemampuan pemecahan masalah

Full Text:

PDF

References


Sudradjat, “Peranan Matematika Dalam Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi”, in Prosiding Seminar HIMATIKA-UNISBA, pp. 1-12, 2008.

NCTM, Principles and Standards for School Mathematics. United States of America: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc, 2000.

Solso, L. R., Maclin, H. O., and Maclin, K. M. Psikologi Kognitif. Jakarta: Erlangga, 2008.

Ambarwati, M, “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Strategi Think Talk Write (TTW)”. Jurnal Pedagogia, vol. 5, no. 2, pp. 239-245, 2016.

Sari, M, dkk., “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Vektor yang Direpresentasikan dalam Konteks yang Berbeda pada Mahasiswa Calon Guru Fisika”. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako, vol. 3, no. 2, pp. 17-25, 2015.

Praswoto, A., Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Pusat Diva Press, 2011.

Oktaviana, D., “Analisis Tipe Kesalahan Berdasarkan Teori Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata Kuliah Matematika Diskrit”, Jurnal EduSains, vol. 5, no. 2, pp. 22-32, 2017.

Pratiwi, D., “Pengembangan Bahan Ajar Biologi Berbasis Pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) Pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Kelas XI SMA dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Development of Teaching Materials of Biology Base”, Jurnal Edukasi UNEJ, vol. 1, no. 2, pp. 5-9, 2014.

Amri, S., and Ahmadi, I. K. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher, 2010.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2018.

Asyhari, A. and Silvia, H., “Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Buku Saku untuk Pembelajaran IPA Terpadu”, Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, vol. 5, no. 1, pp. 1-13, 2016.

Lindawati, “Pengembangan Bahan Ajar IPS Berbasis Kecakapan Hidup (Life Skill) untuk Siswa Kelas V SD Tahun 2016”, Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Humaniora, vol. 18, no. 1, 2016




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sap.v4i3.6280

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Dwi Oktaviana, Utin Desy Susiaty

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

SAP (Susunan Artikel Pendidikan) indexed by:




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.


View My Statis


Flag Counter