Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Pokok Bahasan Kinematika

Nanda Mas’ula(1*), Tria Ainur Rokhis(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini merupakan jenis penelitian & pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes kemampuan berpikir kritis. Model penelitian yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu penganalisisan, perencanaan, pengembangan, pengimplementasian, dan pengevaluasian, namun penelitian ini dibatasi sampai tahap pengimplementasian. Instrumen tes yang dikembangkan berupa soal uraian berjumlah lima butir soal kemudian divalidasi sebanyak dua kali, yaitu validasi isi dan validasi empiris. Pada validasi isi diperoleh rata-rata nilai butir soal tes sebesar 3,30, sedangkan pada validasi empiris menunjukkan kelima butir soal dikategorikan valid dengan nilai koefisien Cronbach Alpha sebesar 0,67. Hasil implementasi tes menunjukkan bahwa rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis mahasiswa sebesar 9,71 dari 20,00 ( ) dengan nilai tertinggi 20,00 dan nilai terendah 1,00. Hasil ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis mahasiswa masih tergolong rendah

Keywords


Kemampuan berpikir kritis; instrumen; kinematika

Full Text:

PDF

References


M. Mujib, “Penjenjangan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Berdasarkan Teori Bloom Ditinjau Dari Kecerdasan Multiple Intelligences,” Desimal J. Mat., vol. 2, no. 1, pp. 87–103, 2019.

D. A. I. Wijayanti, K. Pudjawan, and I. G. Margunayasa, “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran IPA Di SD No. 1, 2, dan 3 Kaliuntu Gugus X Kecamatan Buleleng,” Mimb. PGSD Undiksha, vol. 3, no. 1, 2015.

D. Hidayanti, A. R. As’ari, and C. Daniel, “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Kesebangunan,” 2016.

I. H. Abdullah, “Berpikir kritis Matematik,” Delta-Pi J. Mat. Dan Pendidik. Mat., vol. 2, no. 1, 2016.

“Arti kata kritis-2 - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online.” [Online]. Available: https://kbbi.web.id/kritis-2. [Accessed: 23-Nov-2019].

N. Fatimah, G. Gunawan, and W. Wahyudi, “Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Strategi Konflik Kognitif Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Siswa Kelas XI SMKN 1 Lingsar Tahun Pelajaran 2015/2016,” J. Pendidik. Fis. Dan Teknol., vol. 2, no. 4, pp. 183–190, 2017.

I. D. Kurniawati and M. Diantoro, “Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Integrasi Peer Instruction Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa,” J. Pendidik. Fis. Indones., vol. 10, no. 1, 2014.

S. K. J. A. Rudnick, “The New Sourcebook For Teaching Reasoning and Problem Solving in Junior and Senior High School,” 1996.

W. Pertiwi, “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik SMK Pada Materi Matriks,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 2, no. 4, pp. 821–831, 2018.

L. Anggraeni, “Penerapan Metode Studi Kasus Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Hubungan Internasional,” Media Komun. FIS, vol. 11, no. 3, 2012.

A. L. Costa, Developing Minds: A Resource Book For Teaching Thinking. ERIC, 1985.

A. W. Kurniasih, “Penjenjangan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FMIPA UNNES dalam Menyelesaikan Masalah Matematika,” in Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Prodi Pendidikan Matematika FMIPA UNY, Yogyakarta, 2010.

S. D. S. Pradana, P. Parno, and S. K. Handayanto, “Pengembangan Tes Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Optik Geometri Untuk Mahasiswa Fisika,” J. Penelit. Dan Eval. Pendidik., vol. 21, no. 1, pp. 51–64, 2017.

“Ennis, R. H. (1993). Critical Thinking Assessment.... - Google Cendekia." Diakses melalui https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Ennis%2C+R.+H.+%281993%29.+Critical+thinking+assessment.+Theory+Into+Practice%2C+Vol.+32%2C+No.+3%2C+pp.+179-186.&btnG= : tanggal 25 November 2019.

N. F. Amalia and E. Susilaningsih, “Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Materi Asam Basa,” J. Inov. Pendidik. Kim., vol. 8, no. 2, 2014.

H. Hartini and S. Sukardjo, “Pengembangan Higher Order Thinking Multiple Choice Test Untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kritis IPA Kelas VII SMP/MTs,” J. Inov. Pendidik. IPA, vol. 1, no. 1, pp. 86–101, 2015.

“Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE... - Google Cendekia.” Diakses melalui https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Branch%2C+R.+M.+%282009%29.+Instructional+Design%3A+The+ADDIE+Approach.+New+York%3A+Springer+New+York.&btnG= : tanggal 25 November 2019.

S. Sofiyah and S. S. Susanto, “Pengembangan Paket Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Matematika Berdasarkan Revisi Taksonomi Bloom Pada Siswa Kelas V SD,” Program Studi Pendidik. Mat. Jur. P MIPA FKIP Univ. Jember, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sap.v4i3.6279

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nanda Mas’ula, Tria Ainur Rokhis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

SAP (Susunan Artikel Pendidikan) indexed by:




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.


View My Statis


Flag Counter