Hubungan Persepsi Mahasiswa pada E-Module Materi Cermin Cekung dengan Keterampilan Proses Sains Dasar
(1) Universitas Jambi
(2) Program Studi Teknik Informatika, Universitas Asahan
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
D. A. Kurniawan, Astalini, and D. K. Sari. “An Evaluation Analysis Of Students’ Attitude Towards Physics Learning At Senior High School”. J. Chem. Inf. Model., vol. 23, no. 1, pp. 26–35, 2013.
A. Astalini, D. A. Kurniawan, dan L. Z. Nurfarida. “Deskripsi Sikap Siswa SMA di Batanghari Berdasarkan Indikator Normalitas Ilmuwan, Adopsi dari Sikap Ilmiah, Ketertarikan Memperbanyak Waktu, dan Ketertarikan Berkarir di Bidang Fisika”. J. Ris. dan Kaji. Pendidik. Fis., vol. 5, no. 2, pp. 73, 2018.
Maison, Astalini, D. A. Kurniawan, dan L. R. Solihah. “Deskripsi Sikap Siswa SMA Negeri Pada Mata Pelajaran Fisika”. Edusains, vol. 10, no. 1, pp. 160–167, 2018.
A. Susilo, W. Sunarno, dan S. Sukarmin. “Pembelajaran Fisika Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing dan Inkuiri Bebas Termodifikasi Berdasarkan
Kompendium Al-Qur’an Ditinjau dari Kedisiplinan Belajar dan Sikap Ilmiah”. Inkuiri J. Pendidik. IPA, vol. 7, no. 2, pp. 160, 2018.
Astalini, D. A. Kurniawan, R. Perdana, and H. Pathoni. “Identifikasi Sikap Peserta Didik terhadap Mata Pelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kota Jambi”. Unnes Phys. Educ. J., vol. 8, no. 1, pp. 35, 2019.
A. Astalini, D. A. Kurniawan, dan S. Sumaryanti. “Sikap Siswa terhadap Pelajaran Fisika di SMAN Kabupaten Batanghari.” JIPF (Jurnal Ilmu Pendidik. Fis.), vol. 3, no. 2, pp. 59, 2018.
J. P. Herron and M. N. Hennessey. “Evaluation of Student’s Attitude Toward Science in Indonesia”. Open J. Educ. Res., vol. 3, no. 2, pp. 39– 52, 2019.
A. Astalini dan D. A. Kurniawan. “Pengembangan Instrumen Sikap Siswa Sekolah Menengah Pertama terhadap Mata Pelajaran IPA”. J. Pendidik. Sains, vol. 7, no. 1, pp. 17, 2019.
D. Darmaji, D. A. Kurniawan, dan A. Suryani. “Effectiveness of Basic Physics II Practicum Guidelines Based On Science Process Skills.” JIPF (Jurnal Ilmu Pendidik. Fis.), vol. 4, no. 1, pp. 693, 2019.
D. Darmaji, D. A. Kurniawan, H. Parasdila, dan I. Irdianti. “Deskripsi Keterampilan Proses Sains Mahasiswa pada Materi Termodinamika”. Berk. Ilm. Pendidik. Fis., vol. 6, no. 3, pp. 345– 353, 2018.
D. Darmaji, D. A. Kurniawan, A. Suryani, dan A. Lestari. “An Identification of Physics Pre-Service Teachers’ Science Process Skills Through Science Process SkillsBased Practicum Guidebook”. J. Ilm. Pendidik. Fis. Al-Biruni, vol. 7, no. 2, pp. 239, 2018.
I. Darmaji, Kurniwan. “Physics Education Students’ Science Process Skills in Universitas Jambi”. Int. J. Eval. Res. Educ., vol. 8, no. 2, pp. 293–298, 2019.
A. Asrial, S. Syahrial, D. A. Kurniawan, dan N. Amalina. “Analisis Hubungan Kompetensi Bahasa Indonesia terhadap Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar”. Prem. Educ. J. Pendidik. Dasar dan Pembelajaran, vol. 9, no. 1, pp. 1–8, 2019.
D. Darmaji, D. A. Kurniawan, dan A. Lestari. “Deskripsi Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Pendidikan Fisika pada Praktikum Suhu dan Kalor”. J. Ris. dan Kaji. Pendidik. Fis., vol. 5, no. 2, pp. 68, 2018.
S. Wang, J. Wan, D. Li, and C. Zhang. “Implementing Smart Factory of Industrie 4.0: An Outlook”. Int. J. Distrib. Sens. Networks, vol. 3, no. 2, pp. 1-10, 2016.
A. Astalini, D. A. Kurniawan, R. Melsayanti, dan A. Destianti. “Sikap Terhadap Mata Pelajaran Ipa Di SMP Se-Kabupaten Muaro Jambi”. Lentera Pendidik. J. Ilmu Tarb. dan Kegur., vol. 21, no. 2, pp. 214, 2018.
A. Astalini, D. Darmaji, W. Kurniawan, K. Anwar, and D. A. Kurniawan. “Effectivenes of Using E-Module and E-Assessment”. Int. J. Interact. Mob. Technol., vol. 13, no. 09, pp. 21, 2019.
A. Yulliani dan A. Suryadi. “Persepsi Siswa tentang Tokoh Dewi Sartika dalam Pembelajaran Sejarah di SMAN 1 Dukun Tahun Ajaran 2017/2018”. Hist. Pedagog., vol. 7, no. 2, pp. 159–166, 2018.
Creswell, JW. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitaif dan Mixed Cetakan ke-2. Yogyakarta: Pusaka Belajar, 2012.
S. Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Sugiyono. Metode Penelitian Kombinasi. Yogyakarta: Alfabeta, 2018.
J. Heridiansyah. “Pengaruh Advertising terhadap Pembentukan Brand Awareness serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian Produk Kecap Pedas ABC”. J. STIE Semarang, vol. 4, no. 2, pp. 53–73, 2012.
Sugiyono. Metode Penelitian Kombinasi. Yogyakarta: Alfabeta, 2013.
D. Darmaji, D. A. Kurniawan, A. Astalini, A. Lumbantoruan, and S. C. Samosir. “Mobile Learning in Higher Education for The Industrial Revolution 4.0: Perception and Response of Physics Practicum”. Int. J. Interact. Mob. Technol., vol. 13, no. 09, pp. 4, 2019.
Astalini, D. A. Kurniawan, U. Sulistiyo, R. Perdana, and Susbiyanto. “E-assessment Motivation in Physics Subjects for Senior High School”. Int. J. online Biomed. Eng., vol. 15, no. 11, pp. 4– 15, 2019.
D. A. Kurniawan, Astalini, dan L. Anggraini, “Evaluasi Sikap Siswa SMP terhadap IPA di Kabupaten Muaro Jambi”. Ilm. Didakt., vol. 19, no. 1, pp. 124–139, 2018.
Astalini, Darmaji, D. A. Darmaji, Kurniawan, and Destianti. “Description of the Dimensions Attitudes Towards Science in Junior High School at Muaro Jambi”. IJSBAR, vol. 47, no. 1, pp. 1–11, 2019.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sap.v4i2.4886
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Neng Ria Nasih, Syahriadi Sinaga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
SAP (Susunan Artikel Pendidikan) indexed by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Statis