Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar IPS
(1) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
P. Sulistianingsih, “Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika,” JKPM (Jurnal Kaji. Pendidik. Mat., vol. 2, no. 1, p. 129, 2017.
A. Nugrahadi, E. W., & Rizki, “Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IIS SMA Negeri 1 Raya Tahun Pelajaran 2017/2018,” J. Ekon. Pendidik., vol. 8, no. 6, pp. 1–18, 2018.
Z. Chaerunisa dan J. Latief, “Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar IPS di Sekolah Dasar,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 5, pp. 2952–2960, 2021.
E. N. Thaib, “Hubungan Antara Prestasi Belajar dengan Kecerdasan Emosional,” vol. 13, no. 2, pp. 384– 399, 2013.
D. E. Sulistyowati, dan S. Sumaryoto, “Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Dipengaruhi Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar (Studi di SMP Negeri Jakarta Barat),” J. Pendidik. IPS, vol. 4, pp. 116–129, 2021.
Iriana, A dan A. Armin. Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTsN 1 Wakatobi. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika (JAPM), vol. 7, no. 1, pp. 1-8, 2021.
Vadia, P., Riandini, A., Sudatha, I. G. W., & Parmiti, D. P. Korelasi antara Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar PPKn. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, vol. 8, no. 3, pp. 468–478, 2020.
F. Daud, “Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo,” pp. 243–255.
H. Khairat, Y. Anisma, dan R. Rofika. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Auditor. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Riau, vol. 4, no. 1, pp. 323-337, 2017
A. Waritsman. Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Tolis Ilmiah Jurnal Penelitian, vol. 2, no. 1, pp. 28-32, 2020.
Rini, E. S. Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Kedisiplinan Siswa terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS. Jurnal Penelitian & Pendidikan IPS, vol. 9, no. 2, pp. 1131–1149, 2016.
L. Lomu dan S. A. Widodo, Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa, Pros. Semin. Nas. Pendidik. Mat. Etnomatnesia, vol. 0, no. 0, pp. 745– 751, 2018.
Novianti, C., Sadipun, B., & Balan, J. M. Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Science, and Physics Education Journal (SPEJ), vol. 3, no.
, pp. 57–75, 2020.
Z. L. Kusuma dan Subkhan. Pengaruh Motivasi Belajar dan Kedisiplinan Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA N 3 Pati Tahun Pelajaran 2013/2014. Economic Education Analysis Journal, vol. 4, no. 1, pp. 164-171, 2015.
Jannah, D. M., Hidayat, M. T., Ibrahim, M., dan Kasiyun, S. (2021). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, vol. 5, no. 5, pp. 3378–3384, 2021.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sap.v8i2.21596
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Erlis Thertina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
SAP (Susunan Artikel Pendidikan) indexed by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Statis