Pengembangan Bahan Ajar Refraksionis Optisien Model Dick & Carey di Akademi Refraksi Optisi Leprindo

Muhammad Abdul Ghoni Rohimin(1*), Iskandar Wiryokusumo(2), Ibut Priono Leksono(3)

(1) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(2) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(3) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


The development of teaching materials for professional ethics of optical refractionists/optometrists for fifth semester students at the LEPRINDO Optician Refraction Academy is expected to produce efficient and effective teaching materials for students and lecturers, thus it makes easier for lecturer in carrying out the lecture process. The development practices programmed model, which is arranged in a systematic order based on a theoretical foundation, by describing the problems that arise in learning, namely Dick and Carey Model. The products can be used as learning resources, as evidenced by expert validation and feasibility tests results. Some students show that the teaching materials for the Refractionist Optimist professional ethics are very feasible with a percentage of 75% and are in accordance with the existing theory.


Keywords


Dick & Carey Models, Professional Ethics, Optometrist Refractionist

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


I. Hurbania, “Pengaruh Media Sosial Instagram, Teman Sebaya, Status Sosial Ekonomi Orang Tua, dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Konsumtif Siswa Kelas X SMAN 1 Tanjung Bumi,” Perpustakaan STKIP PGRI Bangkalan, pp. 1–11, 2021, Accessed: Jun. 14, 2023. [Online]. Available: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/1181

R. Jannah, “Pengaruh Literasi Ekonomi dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi UNESA,” JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan, vol. 3, no. 2, pp. 117–124, Oct. 2019, doi: 10.26740/jpeka.v3n2.p117-124.

C. Kurniawan, “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif Ekonomi Ppada Mahasiswa,” Jurnal Media Wahana Ekonomika, vol. 13, no. 4, pp. 1–12, 2017, doi: https://doi.org/10.31851/jmwe.v13i4.2709.

S. Nurjanah, “Pengaruh Literasi Ekonomi dan Self Control terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta,” PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, vol. 31, no. 2, pp. 124–133, Nov. 2019, doi: 10.21009/parameter.312.05.

R. Mardikaningsih, E. A. Sinambela, D. Darmawan, D. Nurmalasari, P. S. Manajemen, dan U. M. Sungkono, “Hubungan Perilaku Konsumtif dan Minat Mahasiswa Menggunakan Jasa Pinjaman Online,” 2020. [Online]. Available: https://jiped.org/index.php/JSP

G. T. Gunawan dan T. Sitinjak, “Pengaruh Keterlibatan Fashion dan Gaya Hidup Berbelanja terhadap Pembelian Impulsif (Studi terhadap Remaja dan Pemuda DKI Jakarta),” Manajemen Pemasaran, vol. 7, no. 2, pp. 109–123, 2018.

R. F. Astuti, V. P. Rahayu, Mustangin, R. R. C. Dewi, dan R. Rahmaniah, “Analisis Perilaku Konsumsi Melalui Gaya Hidup pada Usia Remaja,” vol. 6, pp. 232–241, 2022, doi: 10.22219/satwika.vi2.22313.

B. J. Anogara dan S. S. Iriani, “Pengaruh Gaya Hidup dan Kelompok Acuan terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung Galaxy,” Bisnis dan Manajemen (BISMA), vol. 6, no. 12, pp. 139–147, 2014, doi: https://doi.org/10.26740/bisma.v6n2.p139-147.

F. A. Badjamal, “Pengaruh Gaya Hidup dan Ekuitas Merek terhadap Keputusan Pembelian Hanphone Merek Samsung di Kota Palu,” Ekonomi Trend, vol. 7, no. 2, 2019.

M. P. Ajiwibawani dan M. Edwar, “Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen D’Goda Coffee Pazkul Sidoarjo),” Jurnal Pendidikan Tata Niaga, vol. 3, no. 2, pp. 1–13, 2015, doi: https://doi.org/10.26740/jptn.v3n2.p%25p.

E. Mahanani, “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Produk Mataharimall.Com,” Jurnal Sosial dan Humaniora, vol. 2, no. 1, pp. 53–61, 2018, Accessed: Jun. 12, 2023. [Online]. Available: https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/view/227

A. Melina dan S. Wulandari, “Pengaruh Literasi Ekonomi dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswi Pendidikan Ekonomi STKIP YPM Bangko,” SJEE (Scientific Journals of Economic Education), vol. 2, no. 1, pp. 141–152, 2018.

Afrianti, “Pengaruh Pendidikan Ekonomi Keluarga, Teman Pergaulan terhadap Literasi Ekonomi Mahasiswa Universitas Jambi,” Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, vol. 1, no. 2, pp. 388–400, 2020.

K. Khairinal, S. Syuhada, dan R. S. Sitinjak, “Pengaruh Media Sosial, Konformitas, dan Pendidikan Ekonomi Keluarga, terhadap Perilaku Konsumtif Siswa Kelas XI SMK 1 Kota Jambi Tahun Pelajaran 2021/2022,” vol. 3, no. 2, 2022, doi: 10.38035/jmpis.v3i2.

B. Shandy, “Pengaruh Pendidikan Ekonomi Keluarga terhadap Perilaku Konsumsi Dimediasi Literasi Ekonomi dan Gaya Hidup pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2011,” Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2013.

A. T. Novitasari dan A. Septiana, “Pengaruh Pendidikan Ekonomi dalam Lingkungan Keluarga terhadap Perilaku Konsumtif Siswa,” JEKPEND: Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, vol. 4, no. 1, p. 64, Jan. 2021, doi: 10.26858/jekpend.v4i1.15119.

R. Risnawati dan C. Wardoyo, “Pengaruh Pendidikan Ekonomi Keluarga, Gaya Hidup, Modernitas Individu, dan Literasi Ekonomi terhadap Perilaku Konsumtif Siswa,” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, vol. 3, no. 4, pp. 430–436, 2018.

R. Rahman, “Pendidikan Ekonomi Informal: Persepsi Orang Tua tentang Penerapan Pendidikan Ekonomi pada Anak di Desa Pattiroang Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba,” Repository Universitas Negeri Makasar, pp. 1–10, 2019, Accessed: Jun. 12, 2023. [Online]. Available: http://eprints.unm.ac.id/14910/

M. Yani, M. Hasan, dan T. Supatminingsih, “Nilai-Nilai dan Kearifan Lokal Suku Makassar Sebagai Sumber Pendidikan Ekonomi Informal dalam Keluarga,” Economic Education and Entrepreneurship Journal, vol. 4, no. 1, pp. 19–27, Apr. 2021, doi: 10.23960/E3J/v4i1.19-27.

M. Habybillah, H. Wahyono, dan A. Haryono, Pengaruh Pendidikan Ekonomi di Lingkungan Keluarga, Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Financial Literacy Diintermediasi Melalui Gaya Hidup terhadap Sikap Hidup Hemat Siswa MA Negeri II Kota Batu Malang. 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sap.v8i2.17245

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhammad Abdul Ghoni Rohimin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

SAP (Susunan Artikel Pendidikan) indexed by:




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.


View My Statis


Flag Counter