Efektivitas Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Matematika

Witri Lestari(1*)

(1) Informatika, Universitass Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


This research is aimed at showing the effectiveness of the use of a guided discovery learning model on mathematical learning outcomes at a cognitive domain. The research method used is a quasi-experiment with research design of non-equivalent control grup. The research takes 46 samples, consisting of 23 samples for experimental class and 23 samples for control class. The sampling technique used is a nonrandom technique. The type of instrument distributed is a test in the form of 10 essay questions. The result of the research test shows that ????1 is accepted, meaning there is a difference between the average learning outcomes of mathematics postest of students taught employing guided discovery learning model and those of students taught applying a varied lecture learning method. In conclusion, the guided discovery learning model affects learning outcomes and is effective to be used as a learning model in geometry subject.



Keywords


Guided Discovery Learning Model; Mathematical Learning Outcomes;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Djamarah, Syaiful Bahri.(2006).Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Sinar Baru: Bandung

Eggen & Kauchak. (2012). Strategi Dan Model Pembelajaran, Edisi ke-6. Jakarta: Indeks.

Gusniwati. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar Terhadap Penguasaan Konsep Matematika Siswa Sman Di Kecamatan Kebon Jeruk. Jurnal Formatif, Vol. 5 No. 1, April 2015:29.

Handayani, Sri. Pengaruh Metode Inkuri Terhadap Kreatifitas Belajar Matematika. Skripsi. Jakarta. Unindra PGRI.

Heru Setyawan “Pengertian, Kelebihan, dan Kelemahan Metode Ceramah” dalam http://zonainfosemua.blogspot.com/2011/01/pengertian-kelebihan-dan-kekurangan.html.

Iswadji, Djoko. (2001). Geometri Ruang. Jakarta: Universitas terbuka.

Lynda D.H & Nurul H. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Matematika. Dalam Leonard (editor). Edusearch. Vol I. Jakarta: UnindraPress.

Marita K.V. & Suparlan. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Dalam Leonard (editor). Edusearch. Vol I. Jakarta: UnindraPress.

Marselinus S & Achiruddin. Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Pembelajaran. Dalam Leonard (editor). Edusearch. Vol I. Jakarta: Unindra Press.

Mutoharoh, Siti (2011). Pengaruh Model Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Kimia. Jakarta : UIN

Rodiah, Lies. Efektivitas Metode Inquiry Tebimbing Terhadap Hasil Belajar Matematika. Skripsi. Jakarta. Unindra PGRI.

Roida e.f.s & Maya N. Metode Pembelajaran Inquiry dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kreativitas Belajar. Jurnal Formatif, Vol. 5 No. 1, April 2015:37.

Slameto.(2010). Belajar dan Factor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Syifa, N.S.W. 2014. Efektivitas Model Pembelajarn NHT Terhadap Hasil Belajar Matematika. Skripsi. Jakarta. Unindra PGRI.

Uno,H. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif Dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

U.S, Supardi. (2016). Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Edisi revisi. Jakarta:Smart.

W. Gulo.2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta Timur: Grasindo.

Yulia, R. Efektivitas Model Discovery Leraning Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Kompetensi Dasar Analisis Rangkaian Kemagnetan. Yogyakarta: UNY diunduh pada 1 Desember 2015 pukul. 20.30.

Zaini, H. (2010). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta : Pustaka Insan Mandiri




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sap.v2i1.1724

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 SAP (Susunan Artikel Pendidikan)

 

SAP (Susunan Artikel Pendidikan) indexed by:




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.


View My Statis


Flag Counter