PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DENGAN E-MODUL LOGIKA MATEMATIKA BERBASIS PHET SIMULATION

Iwit Prihatin(1), Muhamad Firdaus(2*), Dwi Oktaviana(3), Utin Desy Susiaty(4)

(1) IKIP PGRI Pontianak
(2) IKIP PGRI Pontianak
(3) IKIP PGRI Pontianak
(4) IKIP PGRI Pontianak
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa melalui pembelajaran sesudah mendapatkan pembelajaran dengan e-modul logika matematika berbasis phet simulation. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan one group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah 35 siswa kelas XI SMK Koperasi Pontianak dengan teknik cluster random sampling dimana sebelum diambil sampel dilakukan terlebih dahulu uji homogenitas dan dimana variansi dari populasi homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan e-modul logika matematika berbasis phet simulation pada kelas XI SMK Koperasi Pontianak dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa dimana diperoleh persentase ketuntasan belajar sebelum dan sesudah diberikan pembelajaran tersebut sebesar 41% dan 59%.

Keywords


penalaran matematis, e-modul, logika matematika, phet simulation

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


M. A. Kotto, U. Babys, dan N. J. M. Gella, “Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Melalui Model PBL (Problem Based Learning),” J. Sains dan Edukasi Sains, vol. 5, no. 1, pp. 24–27, 2022, doi: 10.24246/juses.v5i1p24-27.

NCTM, Principles and Standards for School Mathematics. United States of America: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc, 2000.

Ikhwanuddin, M. Ikhsan, dan R. Johar, “Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis melalui Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada Materi Logika Siswa SMAN 7 Aceh Barat Daya,” J. Peluang, vol. 7, no. 1, pp. 177–184, 2019.

D. Oktaviana dan I. Prihatin, “Pengaruh Penggunaan Modul Praktikum Logika Matematika Berbasis Phet Simulation terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa,” in Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2020, pp. 12–16. [Online]. Available: http://www.tjyybjb.ac.cn/CN/article/downloadArticleFile.do?attachType=PDF&id=9987

T. S. Sumartini, “Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah,” Mosharafa J. Pendidik. Mat., vol. 5, no. 1, pp. 1–10, 2015.

M. Konita, M. Asikin, dan T. S. Noor Asih, “Kemampuan Penalaran Matematis dalam Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE),” Prism. Semin. Nas. Mat., vol. 2, pp. 611–615, 2019.

I. Saputri, E. Susanti, dan N. Aisyah, “Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Metaphorical Thinking pada Materi Perbandingan Kelas VIII di SMPN 1 Indralaya Utara,” J. Elem., vol. 3, no. 1, p. 15, 2017, doi: 10.29408/jel.v3i1.302.

S. Raharjo, H. Saleh, dan D. Sawitri, “Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dengan Pendekatan Open–Ended dalam Pembelajaran Matematika,” Paedagoria J. Kajian, Penelit. dan Pengemb. Kependidikan, vol. 11, no. 1, pp. 36–43, 2020, doi: 10.31764/paedagoria.v11i1.1881.

I. A. D. Astuti dan S. Handayani, “Penggunaan Virtual Laboratory Berbasis PhET Simulation untuk Menentukan Konstanta Wien,” J. Penelit. Pembelajaran Fis., vol. 9, no. 2, pp. 66–72, 2018, doi: 10.26877/jp2f.v9i2.2487.

M. Muslimin dan S. Sunardi, “Analisis Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMA pada Materi Geometri Ruang,” Kreano, J. Mat. Kreat., vol. 10, no. 2, pp. 171–178, 2019, doi: 10.15294/kreano.v10i2.18323.

D. K. Putri, J. Sulianto, and M. Azizah, “Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah,” Int. J. Elem. Educ., vol. 3, no. 3, pp. 351–357, 2019, doi: 10.23887/ijee.v3i3.19497.

F. Rahmawati, M. D. Pamungkas, and B. Ardiyanto, “Pengembangan E-Modul Logika Matematika berbasis HOTS untuk Meningkatkan Divergent Thinking Skill,” J. Didact. Math., vol. 3, no. 2, pp. 68–74, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.unma.ac.id/index.php/dm/article/view/1629

N. Hikmah and A. K. Haqiqi, “Pengembangan E-Modul Matematika Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Bentuk Aljabar,” J. Focus Action Res. Math. (Factor M), vol. 4, no. 1, pp. 125–140, 2021, doi: 10.30762/factor_m.v4i1.3438.

S. Andriani dan N. Izzati, “Pengembangan E-modul Berbasis Kontekstual pada Materi Logika Matematika Kelas XI SMK,” J. Pendidik. Mat. dan Sains, vol. 8, no. 1, pp. 32–35, 2020, [Online]. Available: http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms

L. Pombo, M. Smith, M. Abelha, H. Caixinha, and N. Costa, “Evaluating an Online E-module for Portuguese Primary Teachers: Trainees’ Perceptions,” Technol. Pedagog. Educ., vol. 21, no. 1, pp. 21–36, 2012.

S. Fithriani, A. Halim, and I. Khaldun, “Penggunaan Media Simulasi Phet dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pokok Bahasan Kalor di SMA Negeri 12 Banda Aceh,” J. Pendidik. Sains Indones., vol. 4, no. 2, pp. 45–52, 2016.

Y. Alam, F. N. Putra, dan R. Sholichin, “Pengaruh Simulasi PhET (Physic Education and Tecnology) terhadap Kualitas dan Hasil Belajar,” Briliant J. Ris. dan Konseptual, vol. 6, no. 1, pp. 225–231, 2021, doi: 10.28926/briliant.v6i1.599.

D. R. Rizaldi, A. W. Jufri, dan J. Jamaluddin, “PhET: Simulasi Interaktif dalam Proses Pembelajaran Fisika,” J. Ilm. Profesi Pendidik., vol. 5, no. 1, pp. 10–14, 2020, doi: 10.29303/jipp.v5i1.103.

S. I. Masita, P. B. Donuata, A. A. Ete, dan M. E. Rusdin, “Penggunaan Phet Simulation dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik,” J. Penelit. Pendidik. Fis., vol. 5, no. 2, p. 136, 2020, doi: 10.36709/jipfi.v5i2.12900.

S. R. Muzana, S. P. W. Lubis, dan Wirda, “Penggunaan Simulasi PhET terhadap Efektivitas Belajar IPA,” J. Dedik. Pendidik., vol. 5, no. 1, pp. 227–236, 2021, [Online]. Available: http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi

I. Prihatin dan D. Oktaviana, “Pengembangan Modul Praktikum Logika Matematika Berbasis Simulasi PhET untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Siswa,” Kreano, J. Mat. Kreat. -Inovatif, vol. 12, no. 2, pp. 189–199, 2021, [Online]. Available: http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano

Muliani, D. Siska, dan A. Hasri, “Pengembangan LKS (Lembar Kerja Siswa) Berbasis Virtual Lab Berbantuan Simulasi Phet untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Getaran Harmonik,” Relativ. J. Ris. Inov. Pembelajaran Fis., vol. 5, no. 1, pp. 59–68, 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sap.v7i2.14071

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 utin desy susiaty

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

SAP (Susunan Artikel Pendidikan) indexed by:




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.


View My Statis


Flag Counter