Kemandirian dan Kreativitas Belajar serta Pengaruhnya dalam Pemahaman Konsep Matematika
(1) SINTA ID: 6643394, Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
M. Nurfitriyanti, “Pengaruh Model Pembelajaran SAVI terhadap Pemahaman Konsep Matematika Melalui Berpikir Kreatif,” J. MathEducatoin Nusant., vol. 1, no. 2, pp. 1–11, 2018.
N. R. Siregar, “Persepsi Siswa pada Pelajaran Matematika : Studi Pendahuluan pada Siswa yang Menyenangi Game,” in Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, pp. 224–232, 2017.
M. Ulfa, “Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) pada Pemahaman Konsep,” MATHEMA J., vol. 1, no. 1, pp. 48–55, 2019.
Farhani, H. Syarifuddin, Yerizon, and N. M. Tajudin, “The Effect of Think Pair Check Model on Students Understanding of Mathematical Concepts in Terms of Cognitive Style,” J. Didakt. Mat., vol. 7, no. 1, pp. 1–12, 2020, doi: 10.24815/jdm.v7i1.14932.
T. Kusmayanti, “Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kemandirian Belajar terhadap Pemahaman Konsep Matematika (Survei pada SMP Negeri di Kota Cilegon),” Alfarisi J. Pendidik. MIPA, vol. 1, no. 3, pp. 313–320, 2018.
J. Karam, S. A. Ibrahim, L. Mahmoud, N. Zeidan, P. Salameh, and N. H. Alami, “Factors Contributing to the Improvement of University Students’ Academic Performance and Knowledge Retention in an Online Learning Environment,” Int. J. Educ. Res., vol. 10, no. 9, pp. 93–106, 2022.
J. A. T. Haryati, “Tantangan Guru dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pendemi di SD Negeri 01 Kebandungan Kecamatan Bantarkawung,” SHEs Conf. Ser., vol. 3, no. 4, pp. 669–677, 2020.
R. Winata, R. N. Friantini, dan S. Sukirno, “E-Learning : Kemandirian Belajar terhadap Pemahaman Konsep Matematika pada Pembelajaran dengan Google Classroom,” Fakt. J. Ilm. Kependidikan, vol. 8, no. 2, pp. 148–157, 2021.
S. Belanisa, “Pengaruh Kemandirian Belajar dan Berfikir Kritis terhadap Pemahaman Konsep Matematika (Survei pada MTS Swasta di Kota Tangerang Selatan),” Alfarisi J. Pendidik. MIPA, vol. 2, no. 1, pp. 73–79, 2019.
I. P. Dianti, A. Handoko, dan Netriwati, “Penerapan Model Conceptual Understanding Procedures Disertai Mind Mapping terhadap Pemahaman Konsep Ditinjau dari Kreativitas Belajar,” Quagga J. Pendidik. dan Biol., vol. 12, no. 1, pp. 85–93, 2020, doi: 10.25134/quagga.v12i1.2102.Received.
S. Sihombing, H. R. Silalahi, J. R. Sitinjak, H. Tambunaan, dan A. Hutauruk, “Analisis Minat dan motivasi Belajar, Pemahaman Konsep dan Kreativitas Siswa terhadap hasil Belajar Siswa dalam Materi Geometri Selama Pembelajaran dalam Jaringan Kelas X SMA Kota Medan,” SERPENJournal Math. Educ. Appl., vol. 02, no. 02, pp. 50–66, 2021.
S. Jewarut dan D. Nidriawati, “Pengaruh Motivasi dan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa di Masa Pandemi Covid-19,” Khazanah Pendidik., vol. 16, no. 1, pp. 124–131, 2022.
I. Solahudin, “Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemandirian Belajar terhadap Pemahaman Konsep Matematika,” METATIKA J. Pendidik. Mat., vol. 1, no. 2, pp. 12–24, 2019.
A. Jayanti, U. Hernaeny, dan H. Rasyid, “Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal dan Kreativitas Siswa terhadap Pemahaman Konsep Matematika,” in Seminar Nasional dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika, no. 58, pp. 273–280, 2020.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sap.v7i2.13995
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Maya Nurfitriyanti, Hawa Liberna, Sri Agustini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
SAP (Susunan Artikel Pendidikan) indexed by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Statis