Pelaksanaan Penilaian Sikap Spiritual dalam Pembelajaran Daring: Studi di MIN 46 Aceh Besar
(1) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(2) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(3) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
W. A. F. Dewi, “Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar,” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 2, no. 1, pp. 55–61, 2020.
I. Magdalena, W. Noviyanti, R. Fauziah, dan A. Wiliah, “Penggunaan Teknik Non Tes dalam Penilaian Sikap Siswa pada Pelajaran Budi Pekerti Kelas IV SDN Dukuh 3 di Masa Pandemi Covid-19,” NUSANTARA, vol. 3, no. 2, pp. 139–149, 2021.
S. K. Tiara dan E. Y. Sari, “Analisis Teknik Penilaian Sikap Sosial Siswa dalam Penerapan Kurikulum 2013 di SDN 1 Watulimo,” EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, vol. 11, no. 1, pp. 21, 2019.
D. Afrilia, “Strategi Guru dalam Melaksanakan Penilaian Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas Tinggi Sekolah Dasar,” dalam Prosiding Seminar Nasional, 2021, vol. 1, no. 1.
D. Indrawan dan Y. D. Lahabu, “Analisis Pembelajaran Online bagi Siswa Kelas Rendah di MI Cibangban,” EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, vol. 3, no. 5, pp. 3049–3054, 2021.
U. Rokhmatin, “Implementasi Penilaian Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dalam Mata Pelajaran PAI di SMA Negeri 5 Bekasi,” Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2018.
A. Sam, D. K. Mbuju, dan M. Nardi, “Penilaian Sikap Siswa di Sekolah Dasar Seturut Kurikulum 2013,” Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, vol. 1, no. 1, pp. 20–27, 2020.
R. Januarti, A. Asrori, dan Y. Jamiah, “Implementasi Penilaian Sikap Spiritual dalam Pembelajaran Tematik di Kelas IV Sekolah Dasar Islam Al-Azhar 21,” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, vol. 6, no. 12, 2017.
K. Saidah dan R. Damariswara, “Analisis Bentuk-bentuk Penilaian Sikap Siswa Sekolah Dasar di Kota Kediri,” Profesi Pendidikan Dasar, vol. 4, no. 1, pp. 84–96, 2017.
Z. Z, Penilaian Sikap Spiritual & Sikap Sosial Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2019.
D. Anindita, B. E. Salu, dan E. S. Felianti, “Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sosial PKN SD di Masa Pandemi dari Rumah Peserta Didik: Development, Instruments of Assessment, Social Attitudes, Pandemics,” Arus Jurnal Pendidikan, vol. 1, no. 3, pp. 60–64, 2021.
D. Fitriawan, N. Siregar, dan R. L. Pasaribu, “Problematika dalam Menilai Sikap Peserta Didik pada Pembelajaran Daring,” Prosiding Penelitian Pendidikan dan Pengabdian 2021, vol. 1, no. 1, pp. 67–70, 2021.
R. Ananda, F. Fadhilaturrahmi, dan I. Hanafi, “Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 5, no. 3, pp. 1689–1694, 2021.
A. C. Gilbert, “Pelaksanaan Penilaian Sikap Sosial Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring (Studi pada UPT SMAN 13 Bone),” Universitas Negeri Makassar, 2021.
A. Sutisna, Metode Penelitian Kualitatif Bidang Pendidikan. Jakarta: UNJ PRESS, 2021.
A. A. Setiawan Johan, Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak (Jejak Publisher), 2018.
Fadhallah, WAWANCARA. Jakarta: UNJ PRESS, 2021.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Melalui Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D,Cet. ke-27. Bandung: Alfabeta, 2018.
K. Kusaeri, “Penilaian Sikap dalam Pembelajaran Matematika,” Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), vol. 5, no. 2, pp. 61–70, 2019.
D. TG, Modul Belajar Mandiri Calon Guru. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2021.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sap.v7i2.13941
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Tria Marvida, Deni Indrawan, Yessika Destiana Lahabu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
SAP (Susunan Artikel Pendidikan) indexed by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Statis