Hubungan Antara Literasi TIK dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Siswa SMK

Agung Winarno(1*), Vianita Diani Ashari(2)

(1) Universitas Negeri Malang
(2) Universitas Negeri Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Learning outcomes are influenced by many aspects, both internal and external to the students. This reasearch is to find out the relationship between ICT literacy and motivation on student learning outcomes. The approach used explanatory quantitative, the sample used was 38 students. Data collection was conducted using questionnaires and interviews, as well as documentation related to learning outcomes. Data analysis used descriptive statistics and inferential multiple linear regression and hypothesis testing. The results showed that the ICT literacy and student motivation levels were in a good category. ICT literacy had a positive effect on student learning outcomes, motivation had no significant effect on learning outcomes, and simultaneously both variable influences student learning outcomes.


Keywords


ICT Literacy, Learning Motivation, Learning Outcomes

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


A. H. Wibowo, Sunardi, and Mulyadi, “Hubungan antara Motivasi dan Disiplin dengan Prestasi Belajar Siswa SMK Negeri 1 Pracimantoro Semester 1 Tahun Pelajaran 2012/2013,” J. Teknol. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 2, no. 3, pp. 323–332, 2014.

P. D. Wahyuni, E. T. Djatmika, and A. R. As’sari, “Pengaruh Full Day School dan Gerakan Literasi Sekolah terhadap Hasil Belajar dengan Mediasi Motivasi Belajar,” J. Pendidik. Teor. Penelitian, dan Pengemb., vol. 3, no. 5, pp. 679–684, 2018.

A. S. P. Surya and F. Rizal, “Hubungan Kemampuan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) terhadap Hasil Belajar Menggambar dengan Perangkat Lunak,” J. Civ. Eng. Vocat. Educ., vol. 6, no. 1, pp. 1–5, 2018.

Menrisal and E. Utari, “Hubungan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) Siswa (Studi Kasus X Jurusan Akutansi SMK Nusatama Padang),” J. Pendidik. dan Teknol. Inf., vol. 4, no. 1, pp. 136–151, 2017.

Samto, “Literasi untuk Menghadapi Persaingan Global Abad 21,” Inov. Pendidik., vol. 8, no. 5, p. 55, 2019.

D. P. M. Pratesa and A. Winarno, “Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Meningkatkan Daya Tarik dan Keaktifan Belajar Siswa SMK di Masa Pandemi Covid-19,” in Prosiding Seminar Nasional Kelompok Bidang Keahlian TTN 2021 Universitas, 2021, no. April, pp. 30–39.

M. Dimyati A, D. Suwardiyanto, H. Yuliandoko, and V. Arief W, “Pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran daring (on line) bagi guru dan siswa di Smk Nu Rogojampi,” J-Dinamika J. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 2, pp. 96–100, 2017, doi: 10.25047/j-dinamika.v2i2.565.

M. A. P. Wardani and R. Harwanto, “Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis ICT terhadap Pencapaian Hasil Belajar Sistem Komputer Siswa,” Fakt. J. Ilm. Kependidikan, vol. 7, no. 2, pp. 99–106, 2020.

K. D. Yuangga, Jasmani, and D. Sunarsi, “The Influence of Technology Determinism and Technology Literacy on Student Learning Outcomes (On MA Daarul Hikmah Pamulang),” Pinisi Dir. Rev., vol. 1, no. 2, pp. 23–30, 2018.

S. Kajin, “Pengaruh pembelajaran berbasis literasi digital terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif di MTs N Mojosari dan MTs N Sooko Mojokerto,” Progressa J. Islam. Relig. …, vol. 2, no. 1, pp. 133–142, 2018, [Online]. Available: http://jurnal.stitradenwijaya.ac.id/index.php/pgr/article/view/119

B. Susanto, Purwanti, and A. Suroto, “Bimbingan Klasikal Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa di Tengah Pandemi Covid-19 di SMK Bina Patria 1 Sukoharjo,” J. Pendidik., vol. 30, no. 1, pp. 47–52, 2021.

L. R. Hima, “Pengaruh Pembelajaran Bauran (Blended Learning) Terhadap Motivasi Siswa Pada Materi Relasi Dan Fungsi,” JIPMat, vol. 2, no. 1, 2017, doi: 10.26877/jipmat.v2i1.1479.

H. D. Saputra, F. Ismet, and Andrizal, “Pengaruh Motivasi terhadap Hasil Belajar Siswa SMK,” INVOTEK J. Inov. Vokasional dan Teknol., vol. 18, no. 1, pp. 25–30, 2018, doi: 10.24036/invotek.v18i1.168.

F. D. Mayasari, Herkulana, and S. Purwaningsih, “Pengaruh Konsentrasi Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Ngabang (Studi Kasus Siswa yang Tinggal dengan Orang Tua Asuh),” Pontianak: FKIP Universitas Tanjungpura, 2017.

M. T. D. Hasibuan, H. K. Mendrofa, H. Silaen, and Y. Tarihoran, “Hubungan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Akademik pada Mahasiswa yang Menjalani Pembelajaran Daring selama Pandemi Covid-19,” Indones. Trust Heal. J., vol. 3, no. 2, pp. 387–393, 2020, doi: 10.37104/ithj.v3i2.65.

E. Novalinda, S. Kantun, and J. Widodo, “Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi Semester Ganjil Smk Pgri 5 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017,” J. Pendidik. Ekon. J. Ilm. Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekon. dan Ilmu Sos., vol. 11, no. 2, p. 115, 2018, doi: 10.19184/jpe.v11i2.6456.

Hariadi, “Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA,” Artik. Penelit., pp. 1–12, 2012.

T. Shopova, “Digital literacy of students and its improvement at the university,” J. Effic. Responsib. Educ. Sci., vol. 7, no. 2, pp. 26–32, 2014, doi: 10.7160/eriesj.2014.070201.

N. Yuliany, “Hubungan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI MAN model Makassar,” Edumatika J. Ris. Pendidik. Mat., vol. 2, no. 1, p. 23, 2019, doi: 10.32939/ejrpm.v2i1.227.

W. Hapnita, R. Abdullah, Y. Gusmareta, and F. Rizal, “Faktor Internal dan Eksternal Yang Dominan Mempengaruhi Hasil Belajar Menggambar Dengan Perangkat Lunak Siswa Kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK N 1 Padang Tahun 2016/2017,” CIVED (Journal Civ. Eng. Vocat. Educ., vol. 5, no. 1, 2018, doi: 10.24036/cived.v5i1.9941.

N. Khoiroh, Munoto, and L. Anifah, “Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa,” J. Penelit. Ilmu Pendidik., vol. 10, no. 2, 2017.

K. Pardede and E. Napitupulu, “Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Siswa SMA Negeri 1 Sunggal,” J. Teknol. Inf. Komun. Dalam Pendidik., vol. 3, no. 1, pp. 54–67, 2016, doi: 10.24114/jtikp.v3i1.5005.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sap.v7i1.12826

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Agung Winarno

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

SAP (Susunan Artikel Pendidikan) indexed by:




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.


View My Statis


Flag Counter