Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Dedy Yusuf Aditya(1*)

(1) Teknik Informatika, Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan metode resitasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP AT-TAQWA. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP AT-TAQWA Jakarta Pusat tahun ajaran 2013-2014. Teknik sampling yang digunakan teknik simple random sampling, sebanyak 40 siswa. Data hasil penelitian diperoleh dari tes sumatif terhadap responden pada pokok bahasan garis dan sudut. Teknik pengujian hipotesis dengan menggunakan uji beda rata-rata (uji-t). Dari hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan ada pengaruh yang positif dari penerapan metode resitasi terhadap hasil belajar matematika.

Keywords


Penerapan; Pembelajaran; Resitasi; Hasil Belajar;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arif, M. S. (2011). Pengertian Strategi, Metode, Taktik. [online]. http://blog.elearning.unesa.ac.id/m-saikhul-arif?p=3/. Diunduh 25 Juli 2016.

Arikunto, Suharsimi. (1990). Evaluasi Hasil Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyanti dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Kurniawati. (2005). Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Exacta, Vol. 12 No. 7 Tahun 2005.

Munawaroh. (2010). Pengaruh Metode Resitasi terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Exacta, Vol 1 No. 17 Tahun 2010.

Nasution, Harun. (1995). Pendidikan Agama dalam Perspektif. Jakarta: Rineka Cipta.

Novianti. (2004). Pengaruh Pembelajaran CTL terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Exacta, Vol. 7 No. 28 Tahun 2004.

Poedjiadi, Anna. (2005). Sains dan Teknologi Masyarakat. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pribadi, Benny. (2011). Metode Pembelajaran ASSURE. Jakarta: Dian Rakyat.

Purwanti. (1997). Keberhasilan Industri Kecil di Kabupaten Bantul. Skripsi. Yogyakarta: PKK IKIP.

Purwanto. (2008). Administrasi & suvervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Russefendi, E. T. (1988). Pengajaran Matematika Modern. Bandung: Tarsito.

Setyadi. (2013). Peranan Matematika dalam Pendidikan Sekolah Dasar. Jurnal Exacta, Vol. 18, No. 4 Tahun 2013.

Slameto. (2003). Belajar & Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. (2005). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sutikno, M. S. (2009). Belajar dan Pembelajaran, Prospect. Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sap.v1i2.1023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 SAP (Susunan Artikel Pendidikan)

 

SAP (Susunan Artikel Pendidikan) indexed by:




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.


View My Statis


Flag Counter