Pengaruh Konsep Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMAN 102 Jakarta

Nur Alamsyah(1*)

(1) Teknik Informatika, Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konsep diri siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 102 Jakarta Timur. Sampel diambil dengan teknik sampel random sampling sebanyak 30 siswa. Data prestasi belajar matematika menggunakan tes formatif dan data konsep diri diperoleh menggunakan angket skala Likert. Metode penelitian menggunakan teknik korelasi regresi sederhana. Hasil uji hipotesis penelitian ditemukan nilai Fhitung > Ftabel (21,64 > 4,20). Terdapat pengaruh signifikan konsep diri terhadap prestasi belajar matematika siswa. Konsep diri yang dimiliki siswa baik maka prestasi belajar matematika akan baik.

Keywords


Konsep Diri; Prestasi Belajar; Matematika;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ainon & Abdullah. (2006). Guru sebagai Pendorong dalam Darjah. Edisi Kemas Kini. Kuala Lumpur: PTS Profesional.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

BSNP. (2005). Contoh Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk SMA/MA.

Djiwandono, S. E. W. (2007). Psikologi Pendidikan (rev-2). Jakarta: Grasindo.

Gunawan, A. W. dan Setyiono, A. (2007). Manage Your Mind for Success. Jakarta: Gramedia.

Hakim, Thursan. (2007). Belajar secara Efektif. Jakarta: Niaga Swadaya.

Jalaludin, Rakhmat. (2007). Persepsi dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Kamus Umum Bahasa Indonesia. (2003). Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Russefendi, E. T. (1988). Pengajaran Matematika Modern. Bandung: Tarsito.

Suriasumantri, J. S. (2009). Filsafat Ilmu sebuah Penghantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Winkel, W. S. (2000). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT. Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sap.v1i2.1022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 SAP (Susunan Artikel Pendidikan)

 

SAP (Susunan Artikel Pendidikan) indexed by:




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.


View My Statis


Flag Counter