Peran Kemampuan Awal Matematika dan Persepsi Mahasiswa pada Statistika terhadap Prestasi Belajar Statistika

Purni Munah Hartuti(1*), Halleyna Widyasari(2)

(1) Teknik Informatika, Universitas Indraprasta PGRI
(2) Teknik Informatika, Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Sering dijumpai mahasiswa yang mengambil jurusan Teknik Informatika tidak menduga akan mendapatkan mata kuliah matematika. Mahasiswa menganggap bahwa mengambil program studi Teknik Informatika hanya akan mendapatkan mata kuliah pemrograman saja. Namun pada kenyataannnya, mata kuliah matematika di program studi Teknik Informatika kira-kira sebesar 30%. Banyak mahasiswa yang menganggap remeh mata kuliah matematika dan kurang memahami bahwa belajar matematika sangat penting dalam mempelajari program. Permasalahan yang akan diteliti adalah peran kemampuan awal matematika dan persepsi mahasiswa terhadap prestasi belajar statistika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kemampuan awal matematika dan persepsi mahasiswa terhadap prestasi belajar statistika. Metode penelitian adalah metode survey dengan instrumennya berupa angket. Data dianalisis dengan analisis regresi menggunakan software SPSS Statistic 17.0. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat diambil kesimpulan di antaranya: 1) kemampuan awal memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar yang tidak signifikan, 2) persepsi pada mata kuliah statistika memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar yang signifikan, 3) kemampuan awal dan persepsi memberikan pengaruh secara bersama-sama terhadap prestasi belajar. Dengan melihat kemampuan awal yang tidak signifikan, dosen diharapkan memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk lebih giat belajar latihan soal agar prestasi belajar meningkat. Mahasiswa dengan persepsi tinggi terhadap mata kuliah statistika diharapkan memberikan motivasi kepada mahasiswa lain.

Keywords


Kemampuan Awal Matematika; Persepsi Mahasiswa; Prestasi Belajar Statistika;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adi, P. (2010). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Persepsi Siswa pada Kompetensi Sosial Guru terhadap Kompetensi Belajar Matematika Siswa. Pascasarjana, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta.

Astuti&Leonard. (2012). Peran Kemampuan Komunikasi Matematika terhadap Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal Formatif, Vol. 2 No. 2 Tahun 2012. 104-105.

Chaplin, CP. (1999). Kamus Lengkap Psikologi. Edisi Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Desmita. (2010). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Cetakan kedua. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Liberna. (2009). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Kreativitas Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika. Pascasarjana, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta: hal 19.

Nirmalawati. (2010). Pengaruh Stres Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Tesis. Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Supardi U.S. (2013). Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Edisi Revisi. Jakarta: Prima Ufuk Semesta.

Suharnan. (2005). Psikologi Kognitif. Cet. 1. Surabaya: Penerbit Srikandi.

Sutrisno. (1993). Metodologi Research. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Cet 1. Jakarta: Prestasi Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sap.v1i2.1020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 SAP (Susunan Artikel Pendidikan)

 

SAP (Susunan Artikel Pendidikan) indexed by:




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.


View My Statis


Flag Counter