Pemberdayaan Komite Sekolah: Kajian Konsep dan Implementasinya

Yunita Endra Megiati(1*)

(1) Teknik Informatika, Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Dasar dibentuknya Komite Sekolah dan Dewan Pendidikan adalah adanya perubahan paradigma pemerintahan dari sentralisasi ke desentralisasi yang esensinya membuka peluang masyarakat untuk dapat meningkatkan peran serta dalam pengelolaan pendidikan. Pemerintah menyadari bahwa dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional melalui upaya peningkatan mutu, pemerataan, efisiensi penyelenggaraan pendidikan, dan demokratisasi pendidikan, perlu adanya dukungan dan peran serta masyarakat yang lebih optimal. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif berdasarkan studi kepustakaan. Simpulan dari penelitian ini adalah keberadaan Komite Sekolah dan Dewan Pendidikan sesungguhnya merupakan sebuah harapan besar dalam pengembangan sekolah dan pemberdayaan masyarakat. Komite Sekolah dan Dewan Pendidikan dibentuk dengan maksud agar yang diharapkan oleh masyarakat dapat dilaksanakan oleh sekolah, yakni kelak ketika peserta didik atau anak telah berada dalam lingkungan masyarakat dapat bersikap dan berperilaku sesuai dengan harapan anggota masyarakat lainnya.

Keywords


Pemberdayaan; Stakeholder; Komite Sekolah;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Hasbullah. (2007). Otonomi Pendidikan Kebijakan Otonomi Daerah dan Implikasinya terhadap Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. (2005). KBBI Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi ke-3. Jakarta: PT (Persero) Penerbitan dan Percetakan Balai Pustaka.

Saepudin, Asep. (2009). Manajemen Kemitraan Sekolah dengan Masyarakat (Telaah Konsep, Strategi, & Aplikasi). Bandung: PT Sarana Panca Karya Nusa.

Undang-undang SISDIKNAS. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005. (2010). Bandung: Citra Umbara.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sap.v1i2.1019

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 SAP (Susunan Artikel Pendidikan)

 

SAP (Susunan Artikel Pendidikan) indexed by:




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.


View My Statis


Flag Counter